Web Content Writer

Web content writer. Entah ini profesi atau hobi, tapi ketika menjadi web content writer rasanya ada banyak kebahagiaan. Pekerjaan lain bukan tidak membahagiakan, tapi menikmati proses menulis untuk update web itu rasanya seru aja.

Beberapa tahun lalu sempat menjadi freelance di sebuah web. Dan justru kemampuan mengembangkan tulisan saya dapat saat bekerja disana. Yang semula hanya 300an kata, lanjut jadi 500an kata, berkembang menjadi minimal 700 kata lalu terakhir minimal 1.000 kata. Karena sifatnya tuntutan pekerjaan ya jadi dijabanin. Kalau ga memenuhi syarat kan berarti tulisan kita ga kepake dan berujung dengan ga dapet penghasilan. Hwehehe..

Meski kemudian sejak saat itu saya sudah jarang sekali update blog karena kesibukan mengejar target tulisan setiap harinya di web. Mungkin karena ketidakmampuan saya mengelola waktu juga kali ya jadi rada terbengkalai.

Pekerjaan sebagai content web writer ini membuat saya menikmati sebuah perjalanan sebagai “atasan” karena dari pekerjaan seperti inilah saya punya tim menulis guna mengejar target penjualan. Tim yang saya temukan Online karena saat itu nyari pekerja via Online. Serunya digaji dan menggaji terjadi dalam waktu yang bersamaan. Bahagia sekali ya rasanya dapet gaji sekaligus menggaji orang. Lalu saat itu saya berpikir, begini ya enaknya jadi atasan 😀

Dan justru dari pekerjaan content web writer inilah saya merasakan bagaimana asyiknya dapet THR, bagaimana enaknya dapet tunjangan lahiran dan pengalaman lain yang lumayan. Karena namanya web content writer jadi sedikit demi sedikit belajar tentang optimasi artikel web.

Kok sedikit demi sedikit? Ya karena pemilik dan pengembang web sendiri kan ga mungkin bocorin rahasia perusahaan. Tapi dari target dan syarat artikel yang mereka tentukan, menjadi bocoran kecil tentang bagaimana menarik traffic ke web.

Dan ketika kemarin diminta sebagai editor web sebuah lembaga Public Speaking di Bandung, rasanya seru aja. Serasa mengulang kebahagiaan jaman dulu. Update web, sesekali isi konten di instagram-nya lalu kemudian menjadi editor tulisan yang dikirim oleh tim, menulis ulang tulisan mereka agar memenuhi syarat minimum kata jika tulisan yang dikirim tidak terlalu panjang, sekaligus belajar tentang tips dan trik dalam Public Speaking.

Bagi saya enaknya pekerjaan semacam ini adalah soal enjoy, pekerjaan yang ringan karena tanpa jam kerja yang panjang dan bisa mendapat ilmu lebih dari tulisan-tulisan yang diterima. Semoga menjadi jalan untuk terus belajar. Semangat!

Iklan

Notebook Tercinta

Hari ini setiap tulisan mentok. Eh engga juga ding, satu tulisan sudah terbit. Hutang Sabtu dibayar ahad, hutang ahad dibayar tadi siang. Nah berarti tulisan malam ini adalah setoran hari ini untuk tantangan #15HariMenulis

Bagi saya, tantangan ini semacam pembiasaan untuk menuliskan sesuatu setiap harinya. Meski tulisan saya seluruhnya adalah curcol alias curhat tapi ga colong menyolong. Sekadar menuliskan isi hati dan pikiran sebagaimana tagline blog saya ini, Beranda Pikiran dan Rasa 😀

Karena mentok dan begitu banyak kerjaan yang harus diselesaikan hari ini, Alhamdulillah refreshing di Web yang menyediakan vector gratis. Sempat nyasar ke web-web berbayar meski keyword yang saya gunakan adalah “Free vector download”. Baca lebih lanjut

Database Pelanggan Sederhana

Aplikasi database sederhana untuk data alamat pengiriman customer kita dapat kita buat sendiri sesuai kebutuhan loh. Database ini cukup membantu memudahkan penyimpanan data.

Berbekal Microsoft Access yang kemungkinan besar sudah dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Tidak membutuhkan keahlian programming sama sekali karena kita memanfaatkan fitur di Microsoft Access.

Kenapa ga di Excel aja? Pengen aja. Dan karena Access punya form jadi input data lebih mudah. Anda dapat membuatnya sendiri, jadi lebih sesuai kebutuhan.

Nantinya bisa di-export ke Excel juga datanya. Tinggal klik tombol Export to Excel 😉

Anda dapat mengunduh contohnya di tutorial yang saya siapkan di link ini (klik).

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Hootsuite Bikin Tetep Eksis

Sebelumnya hanya bisa update status (FB, FP, Twitter) kalau sempet aja. Tapi sejak kenal Hootsuite saya bisa lebih leluasa. Pasalnya, aplikasi ini membantu saya menyiapkan saat saya sedang ada waktu luang.

Baca lebih lanjut

Aplikasi WordPress for Blackberry

Sebelumnya sudah menginstall aplikasi WordPress for Android, di hp andro tentunya. Nah pas BB baikan, sempet kepikir “ada ga ya WP for BB” dan akhirna googling deh. Ternyata ada dan cukup ringan.

Sy pake Keppler 9300 tanpa aplikasi apapun krn semenjak pindahan k andro, WA yang biasanya bikin berat (krn ikut banyak grup WA jg) sy hapus dr BB. Ringan banget jadinya. Serasa BB baru 😀

Tulisan tentang Switch Device adalah tulisan pertama menggunakan aplikasi WP4BB ini. Ada beberapa perbedaan tentu dengan WP4Andro tp ttp sama kok, sama sama mudah dipelajari seperti halnya WP jg mudah bgt dipelajari.

Alhamdulillaah, dengan terpasangnya aplikasi ini, sepertinya akan lebih mudah untuk nulis nulis lg meski mungkin tulisan ga penting 😀

Tulisan dibuat menggunakan WordPress for BlackBerry.

Salam Hangat
Esa