Memperluas Khazanah – Hari 6 Level 5

Hari keenam. Kali ini jam baca Danisy dan Azam berbeda telak. Azam sepulang sekolah menyodorkan buku yang ingin ia baca, sementara Danisy masih di sekolah. Beda jam pulang.

Azam antusias menunjuk dan menyebutkan nama binatang yang ada di halaman buku WWP tersebut. Heboh mencari tahu kenapa kalajengking bikin lubang yang berkelok-kelok, lalu asyik membahas binatang yang tertera di halaman tersebut sebetulnya saling memakan (yang pendapatnya ummi luruskan sebab rantai makanan bukan di halaman itu).

Ini bukunya sedang menceritakan bagaimana para binatang di halaman ini bertahan di tengah salju. Kan dingin banget. Tapi kok mereka tahan ya?” Azam nyengir lalu lanjut cerita bahas beruang dengan cerita yang ada di kepalanya.

Barulah pas bagian kumbang koksi di judul “Mengapa Petani Harus Berhati-hati Sewaktu Menggunakan Pestisida?” beneran bahas rantai makanan.

Jam baca Danisy kapan? Ia minta dibacakan buku menjelang tidur. Lho emang Azam ga ikut dengerin? Ngga karena dia sudah tidur. Hehehe..

Sepulang jemput Danisy dan menyiapkan keperluan sekolah Azam karena diminta bawa beberapa bahan, anak-anak main dulu di lapangan. Biar fisiknya bergerak. Sampai rumah memang sudah sore.

Jam 6 kurang seperempat mereka pulang. Di luar memang masih terlihat terang. Azam meminta jatah nonton. Dibatasi sampai adzan maghrib. Alhamdulillah aman. Usai shalat mulai agenda baca buku seharusnya. Tapi karena ummi ada yang mesti diselesaikan akhirnya agenda molor. Azam keburu tidur (untung udah baca dulu sepulang sekolah) sementara Danisy mulai mengantuk setelah sebelumnya membaca 1 halaman WWP sendiri, menceritakannya ke ummi dengan antusias bahwa ada bakteri pemakan minyak.

Ummi kemudian penasaran jadi kami lalu googling bareng terkait bakteri pemakan minyak ini. Sehingga selain membacakan buku WWP juga membacakan isi ebook tentang penelitian (dan pembudidayaan) bakteri pemakan minyak ini alias bakteri pemakan hidrokarbon.

Selesai 2 judul, Danisy sudah sangat mengantuk. Akhirnya ia terlelap. Ummi pun mengantuk tapi masih ada amanah untuk besok. Semoga terpenuhi.

Ummi? Serius baca soal bakteri pemakan minyak. Subhanallah ya, luar biasa Allah menciptakan makhluk tak kasat mata telanjang itu tapi kinerjanya luar biasa. MaSyaAllah. Sampe para ilmuwan pun tertarik meneliti si bakteri agar dapat meningkatkan “rasa lapar”nya. Tapi trus malah inget: apa jangan-jangan ada juga penelitian bagaimana meningkatkan rasa lapar pada manusia? wkwkwkwk. abaikan pemikiran absurd ini 😀

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s