Hari 4 FBE Challenge – Menjaga Keingintahuan

Saat menjalankan level 5 Bunsay, ada beberapa hal yang menjadi sorotan diantaranya tentang menceritakan kembali.

Hari ini, hal menarik dilakukan anak-anak di kejadian terpisah. Saat membaca buku menjelang tidur, Danisy si sulung menceritakan jenis ikan yang ia lihat di buku. “Ummi Aa pernah lihat ikan ini di Otan. Namanya (ah ummi lupa dia nyebut apa ya). Dia itu transparan. Mata ini cuma bohongan. Mata aslinya ada di dalem warna biru.”

Wah anak bisa menyimpan memori sedemikian ya. Itupun kan gatau Otan yang jaman kapan.

Sedangkan Azam, sedang mulai menyukai binatang sehingga ia senang memutar video tentang binatang dan dibacakan buku mengenai tema tersebut. Hari ini Azam minta dibacakan buku di saat mepet akan berangkat. Rasanya ingin menegur, kenapa ga dari tadi? Ga jadi. Sambil menunggu jemputan, saya menyempatkan membacakan buku yang ia minta. Ternyata pertolongan Allah turun, penjemputan telat. Jadi ada waktu untuk ia membaca buku. Duh, jadi malu. Alhamdulillah sempat membacakan buku. Gimana kalo misal saat anak minta dibacakan buku trus kita marah eh ternyata dijemputnya telat? Ya nunggu, ya bete, ya fitrah anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi bisa tercederai. Astaghfirullah..

Hasna bagaimana? Dia berjalan keluar mengenakan kaos kaki. Jadi orang tua terutama ibu, memang mesti memiliki kontrol diri tinggi ya. Pengen gendong lagi Hasna. Kok penasaran banget jalan ke depan masjid lihat langsung yang main bola. Padahal tempat dia berdiri juga di balik tembok satunya. Lebih aman karena terhalang tembok. Tapi keukeuh keluar ke balik tembok satunya yang berarti riskan kena bola. Dibiarkan saja sambil memastikan aman. Eh pertolongan Allah dateng, anak-anak yang main bola inisiatif mengubah “posisi gawang” maSyaAllah.

Saya kemudian menyadari bahwa membiarkan anak mengeksplorasi seluas-luasnya atas rasa keingintahuannya selama itu tidak berbahaya baik bagi urusan dunia maupun akhirat, adalah kesempatan yang belum tentu kembali lagi. Jadi.. kenapa tidak?

#Fitrah-Home based Education
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s