Hurt, Sebuah Penyesalan

Seems like it was yesterday when I saw your face
You told me how proud you were, but I walked away
If only I knew what I know today, ooh, ooh

I would hold you in my arms, I would take the pain away
Thank you for all you’ve done, forgive all your mistakes
There’s nothing I wouldn’t do to hear your voice again
Sometimes I wanna call you but I know you won’t be there

Oh, I’m sorry for blaming you
For everything I just couldn’t do
And I’ve hurt myself by hurting you

Some days I feel broke inside but I won’t admit
Sometimes I just wanna hide ’cause it’s you I miss
And it’s so hard to say goodbye when it comes to this, ooh

Would you tell me I was wrong? Would you help me understand?
Are you looking down upon me? Are you proud of who I am?
There’s nothing I wouldn’t do to have just one more chance
To look into your eyes and see you looking back

Oh, I’m sorry for blaming you
For everything I just couldn’t do
And I’ve hurt myself, oh

If I had just one more day
I would tell you how much that I’ve missed you
Since you’ve been away

Oh, it’s dangerous
It’s so out of line
To try and turn back time

I’m sorry for blaming you
For everything I just couldn’t do
And I’ve hurt myself
By hurting you

-lirik Hurt, Christina Aguilera

Lagu ini tak sengaja saya dengarkan. Semula saya pikir ini semacam lagu patah hati karena putus cinta. Rupanya setelah lihat liriknya, bisa jadi lagu ini ditujukan pada orang tua sang penyanyi. Atau orang terdekatnya.

Mendengar lagunya saja terasa sedih, begitu baca liriknya semakin terasa. Saya lalu teringat mamah dan bapak. Kemudian melirik suami dan anak-anak. Bisa jadi kita pernah melakukan seperti yang diceritakan di lagu ini tanpa disadari.

Penyesalan selalu datang di akhir. Memori saya lalu mengeluarkan sebuah kenangan masa lalu. Belum lama. Ketika Uwa sakit sekitar 2 tahun lalu. Secara mendadak beliau ambruk dan tak lama kemudian masuk rumah sakit. Keadaannya sempat membaik tapi kemudian parah sehingga langsung masuk UGD kala itu.

Ketika itu, saya terkendala untuk dapat menjenguk Uwa di Rumah sakit karena memiliki bayi. Ya, Azam anak kedua saya baru berusia sekitar 2-3 bulan saat uwa dirawat. Sementara untuk ke rumah sakit sendiri, tidak memungkinkan karena toh pada akhirnya saya tidak dapat masuk ke ruangan karena membawa anak dan repot harus membawa 2 anak, 1 bayi dan 1 balita.

Mamah kemudian mengajukan usulan hari untuk menjenguk. Tapi kemudian saya membatalkan karena kecapekan sehingga memutuskan untuk pulang setelah belanja kerudung pesanan reseller. Sementara mamah saat itu sudah di rumah sakit sehingga tidak bisa bantu menuntun si sulung yang masih usia 3 tahun.

Hari demi hari Uwa dirawat, saya hanya menanyakan kabarnya dan mengetahui update keadaan beliau dari saudara lain yang menjenguk. Titipan salam saja yang dapat saya berikan sebagai jembatan ucapan sayang saya pada beliau. Sementara herbal yang saya beli untuk beliau belum sempat semuanya beliau makan. Doa dan doa saja yang dapat dipanjatkan. Berharap Allah menyembuhkan dan mengangkat penyakitnya.

Saya dan mamah kemudian menyepakati lagi hari dimana saya menyengajakan menginap di rumah mamah agar keesokan harinya bisa menjenguk uwa pagi-pagi. Rasanya senang sekali saat itu akhirnya bisa menjenguk uwa.

Hari itu, pertengahan Ramadhan, saat sahur, kakak sepupu (anak Uwa) menitipkan putranya pada saya karena ditelpon suami Uwa untuk segera ke rumah sakit. Sedari dini hari uwa katanya terus-terusan meminta maaf dan meminta anak-anak datang. Usia Azam dan keponakan saya hanya selisih 1 bulan sehingga dititip untuk diasuh dan disusui untuk kemudian siangnya tukeran saya yang jenguk.

Tak lama berselang setelah mereka keluar dari rumah mamah hendak berangkat ke rumah sakit, tangisan tiba-tiba pecah. Memecah heningnya malam sahur ketika itu.

Kaget mendengar tangisan para sepupu, kami pun sontak keluar. Tetangga pun tak ketinggalan turut keluar menanyakan apa yang terjadi.

Rupanya Uwa dinyatakan telah wafat. Padahal hari itu sudah saya tunggu-tunggu, hari dimana saya bertekad akan menjenguk Uwa. Sosok pengganti ibu ketika dulu saya kecil, sosok yang sering kali entah disengaja atau tidak menjadi orang pertama yang memeluk saya ketika mamah masuk rumah sakit karena hampir saja kehilangan nyawanya, bahkan uwa lah yang pertama kali hadir di hadapan saya ketika keluarga kami tengah kesulitan.

Uwa begitu saya rasakan kasih sayangnya. Berharap sempat menemui beliau, menanyakan kabarnya secara langsung. Ternyata qadarullah Allah benar-benar mengabulkan untuk mengangkat segala penyakitnya.

Pagi hari saat jasad uwa sudah sampai di rumah, semua sudah siap tinggal pemakaman. Rasanya ingin sekali memelukmu erat, lama. Tapi mereka melarang sa dengan alasan khawatir air mata jatuh. Padahal tak ada raungan, hanya ingin melepaskan rindu sebelum jasad uwa dikebumikan. Setidaknya mengurangi rasa penyesalan karena terlalu egois tidak segera menjenguk uwa ketika masih ada kesempatan.

Uwa, meski tak pernah terucap sayang secara langsung, tapi Uwa menyampaikan sayang itu ke sa. Sa sayang uwa. Terima kasih untuk semua hal baik yang uwa lakukan untuk sa dan keluarga. Semoga Allah mengampuni dosa uwa, memberikan pahala yang baik atas kebaikan uwa, dilapangkan kubur dan dijauhkan dari siksa kubur.

Setiap kali lewat bandara Husein, setiap itu pula sa ingat ketika dulu mengantarkan uwa hendak menjenguk uwa gede di rumah sakit. Rumah sakit yang sama tempat uwa terakhir dirawat. Kala itu uwa begitu takjub melihat pesawat yang akan lepas landas. Ekspresi kebahagiaan yang tak akan pernah sa lupa..

Satu lagi yang tak akan sa lupa, uwa masih selalu manggil sa dengan panggilan “Dede” atau “Dede Esa” bahkan ketika sa sudah punya anak-anak sekalipun. Panggilan sayang sedari dulu yang bagi sa begitu spesial dan bermakna.

Teman-teman, berkenan kiranya mendoakan uwa, dengan fatihah dan allaahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa krim nuzuulahaa wa wasi’ madkhaalahaa..

Semoga penyesalan semacam ini tak lagi terulang. Semoga dapat membuat bangga dan membalas senyum tanda terima kasih kepada mamah, bapak, suami dan anak-anak. Juga kepada ayah dan ibu mertua. Karena mungkin saya pernah menyalahkan atas apa yang saya tak bisa.

penyesalanSemoga kita dimampukan untuk selalu memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya dan tidak menundanya.

 

Iklan

Menulis Kembali

Sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak menulis kecuali dibuat-buat saja. Toh menulis sebenarnya adalah kegiatan sehari-hari dan ga pernah lepas dari kehidupan sa, meskipun memang beberapa berbeda konteks tapi tetap saja satu kegiatan: menulis.

Banyak komunitas menulis. Tapi komunitas yang paling sa suka adalah komunitas yang bukan mengajarkan teori melainkan praktek. Tidak menggurui tapi membebaskan anggotanya dengan tetap bertanggung jawab.

Menulis adalah hal menyenangkan yang tak perlu diajarkan.

Menulis adalah hal mengasyikkan yang ga perlu aturan.

Jangan mempersulit menulis. Jika ingin menulis, tulis saja. Tak usah berkeluh kesah tak bisa. Pernah menulis surat cinta? Atau sekadar curhat di buku diary? Itu juga menulis. Lebih enak menulis itu bebas.

Jika harus formal sedikit, ya edit saja. Nanti, setelah tulisannya selesai. Jangan kira saya tidak mengalami dan cuma omong kosong. Saya mengalami. Belajar dari dua komunitas menulis aktif, Komunitas Pa EWA dan kemudian.com. Komunitas yang langsung praktek dan tidak mengajarkan melainkan langsung ke inti persoalan, menulis.

So, buat temen-temen yang pengen jadi penulis ga usah ribet-ribet mikirin peraturan. Latih aja dulu, soal peraturan bisa nanti lagi. Kalau sudah mahir, peraturan bisa ngikutin. Betul tidak?

Beroperasinya TMB

Hmm..denger berita hari ini soal TMB (Trans Metro Bandung) rame juga. Maklum, tulisannya udah ada sejak lama sampe-sampe sa bertanya “TMB teh apa sih? Mana?”

Akhirnya, seperti dilansir oleh detikbandung hari ini TMB mulai beroperasi alias perdana gituh. Katanya sih warga Bandung mendukung beroperasinya TMB ini seperti yang dikutip dari Galamedia online.

Hmm..ga tau sih. Pas tadi liat beritanya di TV, TMB ga bisa disamain dengan trans Jakarta karena Bandung ga semacet itu. Tapi sebagai solusi kemacetan, bisa aja jadi solusi. Hanya saja, bis di Bandung udah bagus banget. Damri tuh dah keren bagi sa pemakai Damri. Angkot sebenarnya agak dilematis juga sih, terkait dengan solusi pengangguran dan kemacetan. Tapi jika seandainya TMB jadi solusi kemacetan, maka apa solusi pengangguran? TMB beroperasi sampe malem ga?

Ya sa masih belum tau sih. Cuma sa sendiri termasuk orang yang belum sepenuhnya setuju dengan TMB. Soal shelter, itu juga harus diperhatikan. Tapi namanya juga sudah diputuskan..ya seperti halnya Trans Jakarta, cuma didenger dan tetap beroperasi. Semoga benar-benar bisa jadi solusi, bukan hanya solusi sepihak. Kalopun harus “mengorbankan” jatah sopir angkot, maka pemerintah harus memikirkan alternatif lain yang menguntungkan sebagian besar pihak dan jika tidak ditemukan, maka solusi lapangan kerja tetap menjadi prioritas utama apapun keadaannya.

Wallahu a’lam.

Emplu

Dah dua hari kena flu berat. Akhirnya nyari tips trik tentang flu. Disuruh ke dokter sama mamah, tapi ga mau ah. Ntar tiap sakit selalu ke dokter, dan akhirnya tergantung ke obat. Sa paling ngehindarin itu. Bukan sekadar karena sa ga mau minum obat. Dapet salah satunya dari situs ini bersumber dari hudzaifah.org. Berikut tips pas kena flu [nulis sambil idung meler. Heuheu]

LANGKAH PERTAMA SAAT TERKENA FLU
1. Istirahat di tempat tidur jika merasa demam.
2.Untuk mengurangi sekresi yang terkumpul dijalan pernapasan dan menjaga tenggorokan tidak terasa kering, sering-sering minum air putih.
3. Hindari minum susu ataupun produk olahannya karena susu bisa mempertebal sekresi mukus (dahak) sehingga akan sulit dikeluarkan.
4. Jika gejala flu tidak tertahankan, konsumsi obat flu yang dijual bebas. Telitilah membaca label, kandungan obat, efek samping, serta aturan pakai yang tertera pada kemasannya.
5. Jika gejala semakin memburuk dalam waktu 72 jam atau lebih, juga disertai batuk yang tidak mau reda, segera hubungi dokter.
PENANGKIS FLU

  • Vitamin C.
    Membantu penderita flu mengurangi rasa tidak enak badan karena bekerja sebagai antioksidan (mencegah radikal bebas dalam tubuh dan menghancurkannya).
  • Sup ayam.
    Berperan meningkatkan imunitas tubuh, juga membantu membersihkan mukus (dahak) dari saluran pernapasan dan menghilangkan bulion yang mengandung substansi pembawa virus pilek. Jika disajikan dalam keadaan hangat, uap yang dihasilkan dapat berfungsi megatasi sesak napas.
  • Daging rebus.
    Makanan ini kaya akan seng dan mineral lain yang dapat merangsang beroperasinya sistem kekebalan tubuh.
  • Buah sitrun dan jus buah-buahan.
    Memiliki efek antihistamin (antialergi).
  • Bawang putih.
    Dapat membantu melawan virus sehingga mengurangi gejala flu, mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peluang terjangkitnya virus lain untuk datang.Juga bersifat antivirus sehingga dapat berperan sebagai pencegah infeksi alami. Manfaat bawang putih tidak berkurang meskipun dimasak.
  • L a d a .
    Mengandung capsaicin (sejenis zat yang memberikan rasa hangat) yang dapat membantu melapangkan jalan napas atas (hidung, pangkal hidung, dan laring).
  • K e t u m b a r .
    Cara praktisnya ketumbar direbus, tambahkan jahe, daun bawang putih dan madu. Air rebusan disaring lalu diminum. Untuk menghilangkan batuk, air rebusan ketumbar dibubuhi kayu manis, kumis kucing dan gula aren.

Untunglah, flu bisa sembuh dengan sendirinya bila gejalanya tidak parah dan tidak menimbulkan komplikasi. Syarat utamanya adalah, istirahat dan memngkonsumsi berbagai bahan makanan dan obat yang sesuai.

Segituh dulu ya..

Nama yang Ga Ada Link-nya

Hmm, pernah ga ngalamin kaya gini. Misal ketika kita login ke WP [khusus WP], trus kita ngasih komentar di blog temen yang pake WP juga. Nama dan link kita otomatis tercantum kan? Link-nya juga ada, tapi pas di-hover atau mouse diarahkan kesana, kok ga ada link kita malah http:/// ?

Sa ngalamin. Tapi bingung kenapa temen-temen yang lain ga gituh? Atau kalo ngisi manual tanpa login, link-nya ada tapi avatarnya ga ada. Ternyata kuncinya ada di pengguna atau user. Coba deh masuk ke http://user.wordpress.com/wp-admin/profile.php (klik menu pengguna atau user lalu pilih user profile Anda). Pada bagian “situs web” atau “website” masukkan alamat situs Anda, dalam hal ini http://user.wordpress.com/. Lalu simpan deh, dan berhasil alhamdulillaah :mrgreen:

Selamat mencoba!