Semoga Menjadi Pelajaran

Sore tadi ketika dapat kabar bahwa suami tidak memungkinkan pulang dari luar kota, yang pertama kali dipikirkan adalah manajemen emosi. Heuheu. Karena jadi bikin campur aduk.

Yang kemudian terpikir adalah bagaimana sahurnya anak-anak. Kalau bicara tentang ditinggal berdua, ini bukanlah pengalaman pertama. Tapi karena ada agenda sahur, justru hal ini yang dikhawatirkan. Bukan tentang makannya apa karena mereka sudah bisa menyiapkan makanan sendiri melainkan apakah mereka bisa bangun sendiri jauh sebelum shubuh untuk masak dll.

Baca lebih lanjut

Aliran Rasa Telur Esa

Alhamdulillah ternyata semalam adalah materi pertama level Ulat di kelas Bunda Cekatan. Sudah 4 pekan belajar, mencoba menemukan ritme yang paling pas untuk tetap bisa mengikuti kelas di sela aktivitas yang sejak semester lalu bertambah, di ranah publik.

Bagi amatiran di dunia persekolahan macam saya, berbagai agenda keguruan itu butuh perjuangan untuk menyelesaikannya. Ditambah perjuangan ngejar live session pembelajaran. Bisa sih dengerin nanti karena toh video maupun MP3 akan dibagikan. Tapi rasanya beda aja.

Baca lebih lanjut

Main Bola Nostalgia – Hari Ketigabelas Level 7

Alhamdulillah hampir 2 pekan main sama anak-anak dengan tema bintang. Kali ini kita bikin bintang. Eh lebih mirip matahari ding 😂

Sayang mataharinya tak ketemu untuk difoto. Padahal tadi sudah diwarnai juga sama Danisy.

Baca lebih lanjut

Hikmah Belajar

Level 3. Hal yang saya pelajari adalah, bahwa sesungguhnya 2 level sebelumnya pun kita sudah belajar tentang proyek. Jika diumpamakan dalam istilah sunda, 2 level tersebut membantu untuk kita “ngalanyahan” bagaimana dan seperti apa proyek di rumah.

Saat pertama kali mendapatkan tugas level 3, pikiran saya sedang kemana-mana. Lalu “mentok” kok ga bisa-bisa. Berarti saya bukan ibu yang pintar mendidik anak.

Tapi itu hanya bisikan sesaat. Ketika pada akhirnya memutuskan untuk fokus pada apa yang saya bisa, meski keteteran karena beberapa kali lupa setor, tapi melihat catatan belajar bareng anak-anak di rumah, menakjubkan banget. Hei, ternyata kami bisa!

Alhamdulillah..

#AliranRasa

#GameLevel3

#MeningkatkanKecerdasanAnak

#KuliahBundaSayang

#InstitutIbuProfesional

Belajar Menahan Respons

Ehem. Setelah insiden kemarin, jadi belajar banyak tentang komunikasi produktif. Ada istilah clear and clarify. Di hampir semua aspek kehidupan 2 hal ini penting. Istilah lainnya: tabayyun.

Lumayan bikin deg-degan tapi cukup jadi pelajaran ke depan. Termasuk komunikasi dengan pasangan dan anak. Saat anak tidak melakukan apa yang kita minta, maka pastikan lagi. Apakah dia mendengar permintaan kita atau tidak. Baca lebih lanjut