Setiap Angkatan Istimewa

_Fawailullil mushallin._
Saat Allah menggerakkan utk membaca ayat itu, terlintas: ini makiyah atau madaniyah ya? (Fyi, setelah sy cek barusan, ternyata makiyah)

Tapi.. setelah itu kepikiran..

Apapun itu, ada reminder ttg shalat. Toh kan sebelum turun perintah shalat 5 waktu, sudah ada kewajiban shalat jg: shalat malam.

Bedanya..
Setelah shalat 5 waktu diwajibkan, maka shalat malam disunnahkan.

Namun, hal ini menjadi pengingat..
Bahwa mereka2 yg bergabung dlm barisan perintis, terkadang mendapatkan “beban tugas wajib” yg di kondisi “angkatan baru” menjadi sesuatu yg sunnah.
Namun bukan berarti kemudian barisan “angkatan baru” ini tidak memiliki beban jg sehingga pantas mendapat komentar “jaman kalian mah enak bla bla bla”.
Sebab “angkatan baru” pun memiliki tugas lain yg tak kalah berat.

Jika kita melirik pd siroh, angkatan “makiyah” mungkin berat dlm mempertahankan keimanan, memperkenalkan “hal yg sedang dirintis” kepada khalayak, bahkan mendapat pengalaman penolakan dan “tersiksa” dlm menyebarkannya.
Namun..
Bukan berarti angkatan “madaniyah” itu “lebih enak”.

Di angkatan ini, walau rintisan kita sudah semakin dikenal, semakin mudah “dapetin anggota” (yg bergabung), namun ada jg orang2 munafik bergabung yg menjadi ujian tersendiri. Belum lagi sudah mulai hadir kewajiban baru: perang.

Tidak selamanya “angkatan makiyah” lebih kuat dan tangguh, ada pula diantara mereka yg tergelincir.

Maka jangan berbangga dan hati2 terhadap fitnah yg berkaitan dgn “kelemahan” kita..

Tidak pula “angkatan madaniyah” ini “lemah” hanya krn hal yg dulunya wajib, sekarang menjadi hal Sunnah yg kadang dianggap sepele dan ditinggalkan sehingga “ruhnya berkurang”.
Belum tentu.

Maka penting utk setiap “angkatan” sadar bahwa mereka memiliki tanggung jawab dan perjuangan yg tak sama.
Tidak harus persis dgn angkatan “lama”, sebab medan juang kita dinamis dan sudah “berbeda era”

Sehingga fokusnya adl: bagaimana agama ini ttp tegak di bumi, dan kita fokus pd persatuan semua pihak yg telah bergabung.
Semua mendapat kesempatan yg sama untuk berpendapat, memperoleh hak yg sama utk bersuara dan memberikan masukan akan seperti apa perjuangan kita di lapangan menyesuaikan dgn kaidah2 dan tuntutan syariat.

_*Setiap angkatan memiliki keistimewaan masing-masing*_

Wallahu a’lam.

Bandung Barat, 22 Februari 2024
Esa Puspita
_Family Development Enthusiast_

Berikan Komentar