10 Manfaat Utama Madu dalam Kehidupan

Berbicara mengenai manfaat utama madu dalam kehidupan kita, saya jadi teringat saat 3 hari ini menemani anak pertama saya tiba-tiba suhunya naik. Disusul saya yang juga ikutan drop. Dan hal yang biasa kami lakukan selain mengukur suhu tubuh adalah memanfaatkan madu guna menurunkan suhu tubuh si kecil. Sempat khawatir saat anak kedua kami tidak terlalu suka madu dan sekaligus tak bersedia meminum paracetamol. Dibandingkan kakaknya yang meski sama-sama tidak dibiasakan minum obat, Azam lebih pemilih.
Syukurnya karena sering melihat sang kakak rutin minum madu, akhirnya dia bersedia mencicipi dan jatuh cinta. Jika dulu ia enggan menyentuh madu, setelah sekali cicip itu malah ketagihan. Sehari bisa berkali-kali minta minum madu. Jadi stok madu di rumah semakin cepat habis.

Seiring kebiasaan selalu menyiapkan stok madu di rumah, akhirnya malah bertemu dengan berbagai jenis madu yang ada di pasaran. Jika selama ini ada istilah “semanis madu” sepertinya untuk saat ini tak berlaku lagi mengingat ada juga madu pahit. Kan tidak mungkin mengubah istilah “hidup sepahit madu” 😀

Selain madu “manis”, juga sekarang sedang booming madu “pahit”. Rupanya tidak serta merta “asal” berbeda rasa, melainkan karena memang perbedaan rasa pada setiap madu yang dihasilkan tergantung dari sumber yang dijadikan asupan oleh si lebah. Itu kenapa meski produk dan merk sama, rasa terkadang berbeda.

Beberapa jenis madu yang beredar di pasaran kita dikenal dengan nama yang seringkali berasal dari asal tanaman yang diambil oleh lebah sebagai produsen makanan manis ini. Ada madu kelengkeng, madu karet, madu kapuk, madu hutan, madu ternak, madu mete, madu rambutan, madu kaliandra, madu durian, madu rambutan, dan sebagainya.

Manfaat Madu

Setiap jenis madu dapat memiliki khasiat tambahan yang berbeda karena kandungan di dalamnya menyesuaikan pula dengan sumber makanan yang didapat lebah dalam proses pembuatan cairan kental nan manis lezat ini. Namun secara umum, madu memiliki kandungan gula yang dominan dan dilengkapi dengan vitamin serta mineral. Ditambah antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Berdasarkan kandungan umum yang terdapat pada madu tersebut, manfaat yang dapat kita rasakan diantaranya:

  1. membantu mengatasi asma dan mencegah gejala alergi
    madu memiliki kandungan yang menjadikannya sebagai anti-imflamasi yang secara natural dapat membantu menangani secara efektif bersin yang diakibatkan alergi dan sesak nafas karena asma.
  2. Menyehatkan
    Kandungan vitamin dan mineral dalam madu membantu menjaga kesehatan seseorang. Pun karena madu merupakan anti-bakteri yang baik dalam melindungi tubuh agar tidak mengalami infeksi. Pada luka luar, madu dapat dimanfaatkan untuk menangani luka bakar maupun luka bekas gigitan seranggga dan luka serupa lainnya.
  3. Membantu menurunkan berat badan
    Perpaduan asam amino yang merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino sendiri bertugas menjadi pengontrol berat badan. Para ibu pasti senang membaca poin ini 😛
  4. Untuk Saluran Cerna yang sehat
    Minum madu hutan sebelum tidur, secara alami menjaga sistem perncernaan dapat berfuungsi dengan baik.
  5. Sebagai sumber tambahan energi
    Kandungan karbohidrat dalam madu membantu anda mengembalikan seketika tenaga saat lelah melanda. Campurkan saja madu pada segelas teh hangat, tak perlu tambahan gula. Glukosa pada madu juga dapat memberikan peningkatan kinerja tubuh karena dorongan energinya.
  6. obat batuk dan obat untuk radang terutama tenggorokan
    Batuk kering tentu mengganggu. Rasa gatal yang diakibatkannya membuat hari-hari tak nyaman. Campuran teh hangat, madu dan lemon adalah obat mujarab.
  7. sistem kekebalan tubuh meningkat
    Asupan gizi yang baik pada tubuh membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Dan madu menjadi salah satu asupan tambahan yang harus masuk ke daftar.
  8. mencegah insomnia
    Campuran madu, jahe, kayu manis dan teh hangat mampu menjadi minuman yang menenangkan sehingga anda akan terbantu saat susah tidur melanda.
  9. kecantikan wajah
    Bagi anda yang memiliki kulit wajah sensitif, madu dapat dijadikan masker andalan. Bagi anda yang memiliki kulit normal pun, madu dapat menjadi salah satu “alat tempur” kecantikan yang murah berkhasiat.
  10. menurunkan resiko kanker
    antioksidan yang sempat disinggung di awal merupakan salah satu alasan kenapa madu memiliki manfaat menurunkan resiko kanker.

Selain manfaat madu yang telah disebutkan di atas, madu juga berkhasiat dalam meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, baik bagi kesehatan reproduksi (baik pada lelaki maupun perempuan), mencegah dan membantu mengatasi selulit, pereda nyeri saat perut kosong, menurunkan resiko serangan jantung, baik bagi lambung dan pereda stress.

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau rendah, madu membantu menyeimbangkan tekanan darah anda, mengobati rheumatik, meningkatkan kualitas hormon, dan memperkuat fungsi ginjal.

Hati-hati dengan madu yang beredar saat ini. Pastikan anda membeli dari penjual madu terpercaya untuk memastikan madu yang dibeli adalah asli dan kualitas oke. Sebab karena banyaknya manfaat madu, tidak sedikit oknum nakal yang mencari keuntungan tinggi dengan cara menipu. 

Menulis Bagi Saya Itu..

Sudah beberapa hari disodori rekaman video taushiyah dari pak Farid Poniman. “Ayo tulis, de. Kan lumayan kalo dapet tes gratis. Bisa buat mamah, bapak ataau adik ade” kata suami menyemangati. “Ade kan seneng nulis” tambahnya.

Sayangnya lagi ga bisa fokus pegang laptop dan dikejar deadline lain. Fyuuhh.. resensi buku pun belum bisa dibuat karena bukunya sendiri belum selesai dibaca.

Gara-gara kalimat penyemangat dari suami itu pula saya malah jadi kepikiran, benarkah saya senang menulis? Ya, saya memang senang menulis tapi sepertinya belum pandai menulis. Apa yang saya tuliskan masih sekadar bercerita kisah harian yang entah dibaca orang atau ngga karena terkadang bagi saya “yang penting tuliskan saja”.

Bagi saya menulis hanya sekadar membiasakan menulis dan sekadar untuk menuangkan pikiran dan rasa dalam sebuah tulisan tanpa kemasan yang dipoles kembali menjadi lebih menarik. Maka dari itu tagline blog maupun web adalah “Beranda Pikiran dan Rasa” dan “Catatan Pikiran dan Rasa”.

Tulisan saya masih seadanya, seadanya cerita dan seadanya yang di pikiran. Kurang baca sih belakangan ini memang. Heuheu..

Jika kemudian dikaitkan dengan STIFIn, mungkin teman-teman yang sudah kenal STIFIn akan dengan mudah bilang “ya kamu kan orang feeling, Moody sangat”. Iya sih. Tapi untuk Mood menulis sendiri sudah sering dilabrak. Hanya saja memang ketika mood lagi ga bagus biasanya ide tulisan juga mentok.

Belajar di kelas Mind Technology Mastery membuat saya seharusnya bisa lebih mengatur mood. Tapi ya itu, belum maksimal memanfaatkan ilmu di kelas MTM ini. Hipnosisnya aja masih belum mahir. Disney Strategy belum dilaksanakan dengan maksimal. Haha..

Masalahnya kalau banyak yang ingin dicapai justru malah semua ga tercapai. Kemarin coba fokus ke persiapan kegiatan Ramadhan si sulung karena tahun ini targetnya bisa belajar shaum dengan baik. Ternyata kendala yang ada mampu menghancurkan mood sedemikian rupa. Huwaaa..

Ditawari untuk kembali menulis di web teman, itu pun belum dicek sama sekali. Padahal tawaran ini yang sempat saya tunggu-tunggu. Kan lumayan dapet tambahan penghasilan. Hehe.

Terbitnya 2 buku rembugan seharusnya menjadi penyemangat bahwa “kamu tuh sebenarnya bisa loh menulis, Sa. Buktinya 2 tulisan kamu lolos seleksi.” Iya sih tapi.. what? Limiting belief negatif itu sa 😀

winner

Baiklah, meski beberapa kesempatan untuk “kompetisi menulis” terabaikan, semoga mulai saat ini lebih baik lagi dalam memanfaatkan tulisan untuk berbagi ^^

Jauh-jauh deh rasa minder. Semangat, Sa!

It’s Hard to be Logic

A note about logical decision and RAS.

Limiting belief. Istilah itu yang pertama kali muncul ketika saya sedang mencoba menuliskan tentang betapa sulitnya logical decision karena RAS yang seringkali hancur lebur dengan mudah.

image

Ya, entah kenapa limiting belief itu jadi istilah yang pertama kali muncul. Tentang keyakinan yang membatasi tindakan.

Baca lebih lanjut

Da Aku Mah Apa Atuh

Pertama kali baca tulisan “da aku mah apa atuh” saya langsung menciptakan imajinasi tentang makna dari tulisan itu. Sebuah kepasrahan atau lebih tepatnya sebuah tindakan menyerah terhadap pandangan orang lain. Malu. Tak ada nilainya.

Bagi orang sunda akan mudah mengenali arti tulisan tersebut. Arti yg negatif di satu sisi tp bisa juga positif di sisi lain (meski agak sulit untuk mengatakan pernyataan ini sebagai pernyataan positif).

Useless. Powerless.. pokoknya serba “less” aja. Serba tiada makna.

Padahal sejatinya manusia diciptakan dengan makna dan makanat yang indah. Karena Allah menciptakan manusia dengan sebuah tujuan mulia, bukan untuk disia-siakan.

Plaaakkk!!! Saya tertampar ketika menuliskan ini. Saya sendiri sering berada di titik hopeless macam itu berharap seseorang datang dan meyakinkan saya bahwa “kamu tuh hebat lho. Kamu sebenernya bisa sukses. Bla bla bla..”

Manusia yang baik adalah yang hari-harinya produktif. Lebih baik dari hari sebelumnya. Dan saya masih jauh dari posisi seperti itu.

Da aku mah apa atuh. Haha..

Tapi dari pernyataan itu kita bisa mulai belajar untuk mencari jawabannya. Bukannya pernyataan “da aku mah apa atuh” itu masih koma? Belum titik. Masih ada lanjutannyan. Dan belakangan saya baru tahu bahwa pernyataan itu diambil dari sebuah lagu dangdut yang isi liriknya ternyataaa *ngeri kalo kata saya mah, apalagi pas didengerin anak-anak.. hadeh..*

Surah Adz-Dzariyat, ayat 56:
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Pemaknaan ibadah bukan semata shalat, tapi seluruh aspek pengabdian kita pada Allah. Mengabdi sesuai yang diperintahkan. Termasuk menjadi sebaik-baik manusia.

Maka dalam perjalanan mencari jawaban atas pernyataan yang belum lengkap tersebut, mungkin kita perlu dengan lantang mengatakan “da aku mah manusia”.

Dan dalam pencarian makna sebaik-baik manusia, kita perlu mengenali diri kita, potensi kita. Bagaimana cara kita efektif belajar, bagaimana cara efektif kita bekerja, bagaimana masa depan yang akan kita rancang.

Kemudian mencatatkan kembali, seperti apa langkah yang akan diambil. Baru kemudian berusaha, berazam dan bertawakkal.

Pernah satu hari saya membaca sebuah meme, kurang lebih isinya “da aku mah apa atuh. Cuma butiran debu”. Oke kalo memang begitu. Pernah kelilipan? Debu bisa membuat penglihatan seseorang terganggu. Tapi debu juga bisa jadi mulanya bagian dari pasir, pasir yang ketika dicampur air bisa menjadi bagian dari menegakkan sebuah bangunan. See?

Jadi ketika minder sama orang lain, mungkin kita harus berpikir “kenapa harus minder? Toh kan sy menutup aurat dengan baik. Meski sy tak sebaik mereka, tapi saya ingin lebih baik lagi terutama di hadapan Allah. Aamiin”

image

*sebuah catatan tentang diri, semoga menjadi cambuk agar tak lagi sembarang menyebut diri tak berguna.

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Gerimis dan Hujan

Hujan gerimis.. Meski ia nampak kecil tapi ketika kita terus berada bersamanya, ia akan membasahi kita sedikit demi sedikit hingga akhirnya kita pun kuyup karenanya.

Hujan menghantarkan udara yang sejuk ketika ia datang. Panas yang menyengat seketika berubah menjadi hangat bahkan segar. Meski tak jarang pula kita menggigil karena dinginnya udara ketika gerimis hadir saat sebelumnya suhu tidaklah hangat.

hujan Baca lebih lanjut