Cerita Buku – Hari 2 Level 10

Kali ini, sepulang rapat Ummi disibukkan dengan persiapan masak. Food prep ala ala. Jam 5 ada tamu yang datang mau tes jadi wayahna, akan ada waktu terpakai untuk konsultasi.

Bada maghrib usai tamunya pulang Ummi masak. Anak-anak dan suami makan, bada Isya dan lanjut Hasna minta nen. Jadi.. Baru nemenin Aa Mas selesai Hasna tidur. Itupun Aa ternyata sudah tidur duluan.

Mas minta dibacakan buku HB. Berjudul Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri.

Ummi menjadi pengganti peraga ayah di buku. Seru juga ternyata ya ngajak anak berimajinasi. Lebih mirip level 9 sebetulnya tapi dengan penekanan lebih pada sisi bercerita.

Jadi inget sebelumnya sama Hasna juga bercerita tentang membereskan mainan. Semacam, berpura-pura. Sambil perlahan kami beberes mainan. Ummi bareng Hasna. Anak menjelang 2 tahun ini dah makin kece memahami perintah dan cerita 😍

Hari 7 FBE Challenge – Bersemangat

Hari ketujuh. Memperhatikan anak-anak, kalau sudah urusan berenang semangat banget. Meski jauh mereka hayu aja. Les renang bukan sesuatu yang mereka minta, tapi ketika ditawarkan dan dicoba ternyata mereka pembelajar yang bersemangat.

Kadang ummi yang nyari cara untuk ga kemana-mana, ah, setelah ini bener-bener deh ummi harus melatih diri untuk ga merusak fitrah belajar anak. heuheu.

Meski lelah, khawatir karena adeknya masih sakit, tapi ummi kudu semangat menemani duo jagoan les renang setelah sekian lama off karena pelatihnya baru bisa ngelatih lagi ^_^

#Fitrah-Home based Education
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani

Hari 6 FBE Challenge – Terjaga Fitrah

Anak-anak itu kalau diperhatikan memang sebetulnya masih dalam proses yang baik ya. Fitrah belajarnya selama diizinkan oleh orang tua, akan tetap ada. Meski ada masanya anak-anak lupa baca buku atau belajar ngaji karena main, tapi saat lowong mereka nagih baca buku, ngaji atau sekadar nanya gimana doa kalo masuk wc, dan semacamnya.

Ummi hari ini masih siaga karena suhu badan Hasna tinggi sekali dan sudah beberapa hari ke belakang tidur kurang nyenyak sebab bayi ini gelisah tiap malam. Alhasil bada maghrib menjelang isya sudah mengantuk sekali, padahal ini adalah waktu yang biasanya jadi jadwal baca buku Danisy dan Azam. Saat Hasna sudah terlelap.

Ketika menyusui Hasna, ummi tertidur. Dan sepertinya pulas. Yang terdengar hanya “ummi hayu katanya mau baca buku.” dan kaki seperti digoyang-goyangkan, upaya anak-anak membangunkan ummi. Saya ingat menjawab ucapan mereka dengan “ya” tapi ga tau lagi setelah itu apa. Sepertinya terlelap. Saat terbangun jam 8 malam, anak-anak sudah pulas. Mereka tidur di kamar ummi karena abi ga ada, baru pulang ahad ini.

Semoga umi bisa terus lebih baik membersamai kalian ya..

#Fitrah-Home based Education
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani

Hari 5 FBE Challenge – Fitrah yang Terjaga

Saat membaca buku Rumahku Madrasah Pertamaku, disana dikatakan bahwa fitrah setiap manusia adalah islam. Memperhatikan anak-anak, bersihnya jiwa mereka sebetulnya membawa pada kebaikan-kebaikan. Di saat ummi mesti memfokuskan perhatian pada adik yang tengah sakit, Aa dan Mas hideng memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Paling bagian nasi goreng saja yang minta bantuan ummi.

Fitrah islam untuk berserah, menerima takdir Allah, ridho Allah sebagai tuhan dan ridho bahwa ummi adalah ibu mereka sesungguhnya menjadi hal yang sering terlewat saya sadari.

Mereka tidak pernah mengeluhkan sikap ummi yang seringkali mungkin menyakiti mereka. Rasa kasih sayang mereka tetap penuh. Bahkan tak segan membantu mengurusi adek bayi ketika ummi butuh sejenak pergi ke kamar mandi atau masak.

Fitrah islam berarti ia memiliki fitrah kebaikan. Fitrah untuk senantiasa menebarkan kebaikan dan kasih sayang. Menjadi rahmatan lil ‘alamin. Hampir mereka tak pernah sengaja menyakiti orang sekitar dan lingkungan kecuali atas kepolosan dan rasa ingin tahu mereka yang belum terbalut ilmu.

Terima kasih Aa, Mas sudah menjadi anak-anak yang hebat dan sabar.

#Fitrah-Home based Education
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani

Hari 4 FBE Challenge – Menjaga Keingintahuan

Saat menjalankan level 5 Bunsay, ada beberapa hal yang menjadi sorotan diantaranya tentang menceritakan kembali.

Hari ini, hal menarik dilakukan anak-anak di kejadian terpisah. Saat membaca buku menjelang tidur, Danisy si sulung menceritakan jenis ikan yang ia lihat di buku. “Ummi Aa pernah lihat ikan ini di Otan. Namanya (ah ummi lupa dia nyebut apa ya). Dia itu transparan. Mata ini cuma bohongan. Mata aslinya ada di dalem warna biru.”

Wah anak bisa menyimpan memori sedemikian ya. Itupun kan gatau Otan yang jaman kapan.

Sedangkan Azam, sedang mulai menyukai binatang sehingga ia senang memutar video tentang binatang dan dibacakan buku mengenai tema tersebut. Hari ini Azam minta dibacakan buku di saat mepet akan berangkat. Rasanya ingin menegur, kenapa ga dari tadi? Ga jadi. Sambil menunggu jemputan, saya menyempatkan membacakan buku yang ia minta. Ternyata pertolongan Allah turun, penjemputan telat. Jadi ada waktu untuk ia membaca buku. Duh, jadi malu. Alhamdulillah sempat membacakan buku. Gimana kalo misal saat anak minta dibacakan buku trus kita marah eh ternyata dijemputnya telat? Ya nunggu, ya bete, ya fitrah anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi bisa tercederai. Astaghfirullah..

Hasna bagaimana? Dia berjalan keluar mengenakan kaos kaki. Jadi orang tua terutama ibu, memang mesti memiliki kontrol diri tinggi ya. Pengen gendong lagi Hasna. Kok penasaran banget jalan ke depan masjid lihat langsung yang main bola. Padahal tempat dia berdiri juga di balik tembok satunya. Lebih aman karena terhalang tembok. Tapi keukeuh keluar ke balik tembok satunya yang berarti riskan kena bola. Dibiarkan saja sambil memastikan aman. Eh pertolongan Allah dateng, anak-anak yang main bola inisiatif mengubah “posisi gawang” maSyaAllah.

Saya kemudian menyadari bahwa membiarkan anak mengeksplorasi seluas-luasnya atas rasa keingintahuannya selama itu tidak berbahaya baik bagi urusan dunia maupun akhirat, adalah kesempatan yang belum tentu kembali lagi. Jadi.. kenapa tidak?

#Fitrah-Home based Education
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani