Bajigur

Setelah sekian lama, rasanya baru kali ini ketemu lg sm penjual bajigur. Sepertinya makin langka ya penjual bajigur keliling. Padahal ini termasuk minuman khas tatar sunda.

Bajigur sendiri sekarang sudah jadi sesuatu yang mahal. Perhatikan saja banyak yang memproduksi bajigur instan untuk dijual secara luas. Dan banyak juga tempat makan atau tempat tertentu yang menyediakan bajigur dengan harga yang tentu saja sudah tidak murah. Padahal soal rasa, sama saja dengan para penjual keliling (di beberapa tempat, menurut sy pribadi).

Pernah berbincang dengan seorang penjual bajigur. Beliau sendiri sudah bertahun-tahun berjualan bajigur (beserta pelengkapnya dong ya kalau bajigur mah. Semua serba dikukus. Mulai dari kacang kedelai, kacang tanah, ubi, pisang dll). Beliau sudah nemu ritme jualan yang “rame”. Tapi jika sedang sepi, ya jualannya nyisa (kalau soal ini, semua penjual pasti pernah mengalaminya. Sayapun mengalaminya). Masalahnya untuk para pedagang makanan seperti tukang bajigur, jualannya kalau ga habis ya bisa basi. Apalagi bajigur kan ada santan dan sering dikocek-kocek ๐Ÿ˜€
Resiko seperti ini membuat makanan seringkali dijual lebih mahal supaya modal tetep ketutup. Tapi, harga bajigur yang barusan saya beli cuma 2.500 itu bisa segelas gede deh kayaknya soalnya banyak banget.. Ditambah plastik tebel, sedotan dan keresek. Jadi murah banget ya. Semoga si bapak jualannya laris. Sudah sepuh.

Ada sedikit yang berbeda dr bajigur yang saya beli hari ini. Bajigurnya ditambahkan “cangkaleng”. Bahasa Indo-nya apa ya.. Kolang-kaling. Gatau deh gimana rasanya. Saya belum nyobain soalnya tulisan ini sy buat di perjalanan pulang dari BSM k rumah mamah ๐Ÿ˜€

Update akan sy tulis setelah saya nyoba ya..

Dan hasilnya..

Enaaaakkkk.. Ga kalah sama bajigur yg ga pake cangkaleng. Ya Allah asli enak bgt ini bajigurnya..

Aisha Azkiya
-Tulisan Mencatatkan Kenangan-

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s