Aisha Azkiya

Beranda Pikiran dan Rasa ^-^

Mesjid Pusdai Bandung

Ahad, seperti biasa kami sekeluarga selalu menyempatkan waktu untuk keluar rumah. Dan ahad lalu kami memutuskan mengunjungi masjid Pusdai. Kenapa Pusdai? Pertimbangannya hanya sekadar tempatnya kondusif bagi kami karena ..membawa anak (1 thn dan 3,5 thn). Azam masih merangkak jadi memang saat itu kepikirnya Azam ga harus digendong terus. Kami ga akan ganggu masjid karena bagian luar dan halamannya luas dan bersih.

Disana ternyata tidak ada pengajian tapi anak-anak tetap menikmati waktu disana. Melihat capung, kupu-kupu, serangga dan pepohonan. Sayangnya “museum”nya tutup.

Saat azan zhuhur berkumandang Danisy dan abinya bisa langsung ikut shalat berjamaah. Enak deh.

Tempatnya bersih dan nyaman. ^_^

Ahad depan ke masjid mana lagi ya..

Kontak kami:
Belanja Keluarga
CP: Ibu Esa
Twitter/LINE/Instagram/KakaoTalk @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-4595
Pin BB: 75B9C43A
Email: bekel.belanjakeluarga@gmail.com

Aim Desain
CP: Bapak Chalim
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

Mi Goreng Belacan

Salah satu makanan favorit suami, mie goreng belacan. Sebenernya masakan sederhana sih tapi ini salah satu masakan yg suami blg “enak banget”
Ketauan istrinya ga pinter masak nih. Hehe..
Bahan-bahannya:
Mie telor
Sayuran (biasanya kol)
Duo bawang
Terasi belacan
Gula merah
Garam
Merica
Ketumbar
Tomat
Minyak goreng/margarin

Cara masaknya:
Rebus mie telor, tiriskan
Haluskan (ulek) duo bawang, terasi, gulmer, ketumbar, tomat dan garam
Panaskan minyak/margarin di wajan
Masukkan bumbu halus hingga wangi
Masukkan mie yang sudah ditiriskan, aduk rata
Tambahkan merica sesuai selera
Jika sudah merata, angkat dan sajikan di piring.
Sayang ga ada fotonya ya. Hehe.. yang pasti wanginya enak, rasanya juga maknyus. Selamat mencoba ^_^

Warnanya coklat dr gulmer jadi saya ga menambahkan kecap ke dalam mie goreng belacan ini. Ttp manis, coklat dan lezat :D

Kontak kami:
Belanja Keluarga
CP: Ibu Esa
Twitter/LINE/Instagram/KakaoTalk @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-4595
Pin BB: 75B9C43A
Email: bekel.belanjakeluarga@gmail.com

Aim Desain
CP: Bapak Chalim
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

Taman Satwa Cikembulan

Dikenal luas sebagai kebun binatang Garut, tapi di plang tertulis “Taman Satwa Cikembulan”. Terletak di Cikembulan Garut. Jalan kesana sludah enak sih cuma bagi saya nampak bukan seperti jalan ke tempat wisata krn jalannya kecil dan jika berpapasan dengan mobil lain, harus ada yg ke pinggir salah satu. Jalan masuknya agak lumayan jauh dari jalan raya.
Pertama kali datang, pengunjung sudah disuguhi pemandangan kandang Orang Utan. Mm.. ya karena tempat tinggal binatang biasa disebut kandang kan. Hanya saja bentuknya kaca transparan beaar yang di dalamnya terdapat alam dimana Orang Utan tinggal.
Weekend dan tanggal merah biaya tiketnya 15.000 dewasa dan anak 8.000. Suami sempat protes krn meski pemilu, tgl 9 bkn tanggal merah jadi harusnya di charge 13.000 dewasa dan 7.000 anak. Ah tapi biarlah.
Entah mungkin karena pemilu, pengunjung nampak sepi dan ga ada petugas pengecekan tiket (seperti di kebun binatang Bandung) jadi orang ga bayar juga keknya bisa masuk bebas. Hhe..
Tempat masuk awal kami berisi aneka burung. Awalnya saya pikir tempatnya kecil. Karena sudah jam makan siang, kami masuk dan mendapati gazebo untuk bisa digunakan sebagai tempat makan. Perut kenyang, lanjut menjelajah taman satwa cikembulan ini. Ternyata cukup luas dan banyak jenis satwa bahkan bisa dilihat dari dekat. Agak ngeri sih sebenernya tapi seru.
Suami menemukan tempat main anak-anak dan mengajak kami semua kesana.
Waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang dan kami belum shalat jadi nyari dulu mushalla deh dan ketemu. Melewati jembatan di atas sungai yg cukup lebar. Eh di deket mushalla ternyata ada harimau, restoran, gazebo dan danau. Di danau ada angsa berkeliaran dan space tempat monyet bergelantungan. Tipikal monyet takut air sepertinya. Wah, unik nih rancangannya.
Selesai shalat, kami memutuskan untuk pulang tapi melewati jalur ke barat yang ternyata ada saung model rumah khas mana gitu (lupa). Ga lama, hujan turun jadi lah kami berteduh di saung tsb. Untungnya cukup untuk sekeluarga: 7 dewasa, 1 balita dan 1 bayi. Masih cukup luas untuk dipake nonton dan makan.
Ah pokoknya oke deh untum dijadikan wisata sekeluarga ^_^
Rancangan tempatnya beda banget sama kebun binatang Bandung. Sama-sama unik dengan gayanya sendiri. Kebun binatang Garut bagi saya menjadi unik dengan “terjaganya alam liar” nampak alami tapi cenderung aman bagi pengunjung.
Jalan-jalan kemana lagi ya kita..

Kontak kami:
Belanja Keluarga
CP: Ibu Esa
Twitter/LINE/Instagram/KakaoTalk @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-4595
Pin BB: 75B9C43A
Email: bekel.belanjakeluarga@gmail.com

Aim Desain
CP: Bapak Chalim
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

#BekelPagi

Semenjak mengenal instagram, makin suka sama berbagai gambar. Dan tercetuslah ide hashtag #BekelPagi yang merupakan singkatan Belanja Keluarga Pagi dan memiliki makna “bekal”. Setiap postingan #BekelPagi semula gambar inspiratif atau motivasi yang saya temukan di dunia maya. Bermula dari “Resep Cinta” yang pertama kali sy upload di Instagram tanggal 6 Februari lalu dengan men-tag
akun instagram suami sy. Saya sendiri saat itu tidak memperhatikan tanggal yang ternyata bertepatan dengan 4 tahun 2 bulan pernikahan kami. Alhamdulillaah.

Respon di instagram terhadap foto itu tidak terlalu tinggi memang. Mungkin krn follower sy juga belum terlalu banyak. Tp respon suami saat itu di FB -krn postingan instagram sy share ke Facebook dan Twitter- (yg kemudian direspon teman-teman) membuat perasaan sy campur aduk. Tapi satu yang pasti, ada semangat seharian itu. Sy yang nerasakan semangat itu kemudian bertekad, harus ada #BekelPagi lainnya setelah ini. Maka saya pun mencari-cari kalimat inspirasi atau motivasi apa yang cocok untuk konten gambar #BekelPagi. Terpikirlah mampir di web mas Amri. Didapatlah Gaungologi yang sy buat sendiri gambarnya dengan menggunakan aplikasi Jussgram. Hasilnya cukup bagus.

Untuk bekal hari berikutnya, sy coba memasukkan kata nasihat dr Aa Gym yang bersumber dari SMS Tauhid. Sempat bingung karena foto yang saya simpan tidak muncul sehingga tidak sempat sy upload di Instagram (yang di kemudian hari sy baru sadar kalau hasil gambar baru muncul di daftar galeri setelah sekitar 1 hari).

Setelah itu, #BekelPagi selalu sy sertakan sebagai identitas gambar dan tentu saja info akun instagram sy: @belanjakeluarga sehingga gambarnya mudah dikenali. Tak lupa hashtag @BekelPagi di setiap postingan fotonya dan tentu aaja share ke FB dan Twitter.

Nah di postingan foto keempat, itu hasil googling. Hehe. Saat itu bingung mau isi apa, sapet gambar itu, download deh buat bekal besok.

Sekarang? Sy sudah punya stok cukup untuk #BekelPagi beberapa hari ke depan. Namanya #BekelPagi jadi upload gambar juga pagi hari. Semoga menjadi bekal semangat, ilmu dan inspirasi dalam menjalani hari baik bagi sy pribadi maupun yang membaca tulisan itu. Silalan follow instagram sy. Atau anda cukup cek hashtag #BekelPagi alias Belanja Keluarga di Pagi hari ^_^

Kontak kami:
Belanja Keluarga
CP: Ibu Esa
Twitter/LINE/Instagram @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-4595
Pin BB: 75B9C43A
Email: bekel.belanjakeluarga@gmail.com

Aim Desain
CP: Bapak Chalim
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

Kategori Kontak di BBM Android

Agak sedikit gagap saat memulai dengan BBM Android. Selain tampilan dan cara akses berbeda dengan BBM di BB, juga karena saat menggunakannya sy lupa dasar-dasar penting di BBM seperti salah satunya kategori kontak BBM.
Sebelumnya ga menganggap ini sebuah masalah sampai akhirnya sy dapat teguran ttg Boradcast Message (meaki saat itu teguran datang di BM kedua). Mulai deh ngeh, oiya belum bikin kategori kontak.

Sy mulai cek fitur-fitur BBM Andro. Akhirnya setelah perjuangan panjang ketemu juga. Ish deket banget itu.

Gimana sih cara bikin Kategori Kontak di BBM Android?
Gampang banget, sistah..
Tap ikon Kontak
Tap ikon “titik tiga” yg sebelah kanan ntuh, yg artinya “opsi/pilihan”
Pilih deh Tambah Kategori
Ketik nama kategorinya, selesai deh..
Ingat utk sll add/konfirmasi kontak sesuaikan dengan kategorinya yaaa

Akhirnya nemu cara pindahin kontak BBM ke kelompok Kontak di hp Android.
Kronologis:
Pake BBM Andro
add ataupun approve pertemanan tanpa nyiapin kategori kontak (lupa)
Broadcast message 1: nyangkut dan deal bbrp cust. Jd semangat.
Broadcast message 2: nyangkut dan deal lg. Tp br ngeh ada kontak selain cust di BBM, minta jangan di BC, minta masukin kategori non BC. Msh ga kebayang gimana mindahin ke Kategori
Otak atik terus akhirnya ketemu.
1. Yang pasti buat dl kategori kontaknya.
2. Klik ikon “Kontak” akan muncul daftar kontak
3. Tap agak lama di kontak yg akan dipindah, nanti muncul opsi
4. Pilih “Pindahkan kontak”

Nah pe er selanjutnya adalah, gimana BC bisa per kategori ya? Kita cb cara bebe.

Itu tadi cara kalau mindahin satu kontak aja di BBM Andro. Gimana kalau mau pindahin banyak kontak?
Gini caranya:
Tap ikon “Kontak”
Tap agak lama di Nama Kategori
Akan muncul opsi sebelah kanan
Pilih “Pindahkan Kontak”
Begitu selesai tap, akan muncul daftar kobtak BBM kita, ketik deh di kolom pencarian.
Kalau semua kontak yg akan dipindah sudah di tap, tap tombol “Selesai”
Udah deh

Nah, segitu dl tentang kontak BBM Android yaw. Broadcast Mesaage belum ketemu uy gimana biar bisa satu kategori aja. Opsinya cm ngetik satu satu, atau pilih semua >_

Kalau pada yg mau share, boleh banget..

Kontak kami:
Belanja Keluarga
CP: Ibu Esa
Twitter/LINE/Instagram @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-4595
Pin BB: 75B9C43A
Email: bekel.belanjakeluarga@gmail.com

Aim Desain
CP: Bapak Chalim
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

13 Jenderal Islam Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Lagi baca bukunya. Tepatnya, membacakannya pada anak-anak. Baru 5 Jenderal. Pengen nulis kisah mereka di blog ini. Ke 13 Jenderal tersebut adalah:
1. Khalid bin Walid, Pedang Alkah yang Terhunus alias Saifullah al Maslul
2. Abu Ubaidah bin Jarrah, Pemegang Amanat Umat
3. Hamzah bin Abduk Muththalib, Singa Allah dan Rasul-Nya
4. Amru bin Ash, si Cerdik dari Arab
5. Zubair bin Awwam, Pembela Rasulullah
6. Usamah bin Zaid, Panglima Termuda
7. Uqbah bin Nafi’ al Fihri, Pembebas Tanah Afrika
8. Qutaibah bin Muslim, Pembebas Ma Wara`an Nahr (Transoxania)
9. Sa’ad bin Abi Waqqash, Penakluk Persia
10. Abdullah bin Rawahah
11. Miqdad bin Aswad (Miqdad bin Amru), Prajurit Berkuda Pertama
12. Thariq bin Ziyad -> ini kayaknya udah pada kenal ya. Hehe..
13. Abdurrahman Ad-Dakhil, Si Rajawali Quraisy.

Baru sampai Zubair bin Awwam. Thariq Bin Ziyad udah juga. Jadi baru total membacakan 6 Jenderal. Masih ada 7 jenderal lagi. Bismillah..
Recommended book. Pesanlah disini :D

Kontak kami:
Belanja Keluarga:
Twitter/LINE/Instagram @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-495
Pin BB: 75B9C43A or 27FD6E4C

Aim Desain
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

Tidak Semua Orang Bersedia

Membagi-bagikan ilmu itu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi sy pribadi. Tapi memang tidak bisa semua ilmu dibagi-bagikan. Beberapa ilmu perlu dibagikan hanya oleh ahlinya, beberapa ilmu dapat dibagikan oleh siapapun.

Tidak semua orang pula bersedia membagi-bagikan ilmu. Entah karena secara keilmuan tidak memungkinkan, entah karena secara praktek tidak memungkinkan atau memang enggan berbagi ilmunya karena berbagai alasan, bisa karena takut tersaingi, bisa karena merasa ilmunya eksklusif sehingga jika ingin tahu ya keluarkanlah dana yang cukup untuk itu.

Tidak salah. Semua jenis itu tidak salah. Karena ilmu patut dihargai dan wajar saja jika kita harus mengeluarkan dana yang sesuai dengan ilmu itu dan sesuai manfaat ilmunya.

Karena kita sendiri mau tidak mau harus mengakui, beberapa orang tidak terlalu menghargai sesuatu yg gratis entah karena antipati atau jarena menganggap “ah, gratis ini. Ga jadi dateng jg ga rugi. Ga ada duit yg hangus” (yg menurut sy pribadi, justru rugi. Udah dikasih gratis, rugi ga dapet ilmu).

Ilmu seringkali hadir dari hal sederhana yg diperdalam sehingga yang tadinya hal sederhana tsb nampak biasa saja, ternyata mampu memberikan efek luar biasa pada perubahan, entah itu perubahan pribadi, perubahan organisasi atau perubahan ekonomi sekalipun.

Saat ini banyaj sekali ilmu menguak cara memanfaatkan gadget dengan maksimal untuk mendapat penghasilan yang lebih dari biasanya. Ada berbagai cara mulai dari yg nampak biasa hingga tips trik jalan pintas. Luar biasa bukan, manusia? Ah, begitu hebatnya Allah menciptakan makhluk bernama manusia.

Jadi, jangan nyinyir kalau ada pelatihan senilai sekian, semata pelatihan itu memang ada segmennya. Dan hanya yg bersungguh-sungguhlah yang dianggap sesuai dengan segmen itu sehingga mau meluangkan dana dan waktu utk pelatihan itu. Jangan nyengir kalau ada pelatihan gratis, bisa jadi itu adalah versi luar biasa dengan segmen orang-orang yg mau bersungguh-sungguh meluangkan waktu bagi ilmu baru. Semua ada segmen dan konsekuensinya. Dan pasti ada pro kontra. Sudah biasa. Tinggal kita yang pasikan, utk urusan berbagi ilmu, kita masuk kriteria yang mana? Dan menanggapi ilmu, kita masuk kriteria yg mana?
^_^

Kontak kami:
Belanja Keluarga:
Twitter/LINE/Instagram @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-495
Pin BB: 75B9C43A or 27FD6E4C

Aim Desain
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 6.078 pengikut lainnya.