Hmm..Mulai Lagi ah..

Hmm..administrasi Drupal..I begin to love it. I begin to love u*btw, kata-kata ini ngingetin sa sama seseorang, barakallah ya..nuhun atas keputusannya*.

Hari ini sa diminta nyelesein “Categorize” untuk site yang tengah sa garap di develop menggunakan Drupal *eits..sy cuma bantuin aja, tapi mempelajari Drupal sih*. Dan ternyata menarik. Beberapa mengenai administrasi konten dsb di Drupal mulai sa paham.

Sesuatu yang menantang buat sa mah da. Btw, dah lama juga ga blogging..maaf ya temen-temen blogger, komennya juga ga sempet sa bales dsb. Ya, agak terbengkalai klo bisa dibilang mah.

Pengen nulis beberapa hal yang berkaitan sama yang sa pelajari saat ini. Tapi lagi nyari momen yang tepat nih untuk itu..jujur, klo nulis sa jarang banget ngonsep dulu, langsung aja tulis. Makanya temen-temen blogger juga pasti agak kebingungan dan beberapa mungkin protes :mrgreen:

Shalat dan Hipnotis

Sore ini beajar hpnotis untuk meningkatkan “standar” hidup. Dari sana sa justru belajar, jika shalat kita seperti yang Rasulullah contohkan, hilangkan segala macam pikiran selain ALLAH. Hilangkan saja semua masalah, lempar jauh-jauh ketika anda menghadap ALLAH, malika seperti step awal hipnotis itu, anda akan menemukan ketenangan. Itulah mengapa Rasulullah seringkali meminta Bilal ketika waktu shalat tiba, mengumandangkan adzan “Hiburlah kami dengan shalat” demikian yang beliau katakan kepada Bilal. Ketika “BT” beliau akan mendirikan shalat, menghadap pada Sang Pemilik segala sesuatu, “Shalat adalah hiburan Rasulullah” demikianlah kata para sahabat mengenai apa yang dikatakan kekasih ALLAH mengenai shalat. Bagaimana tidak, pikiran kosong selain dari ALLAH dan fokus, kemudian mengadu kepada ALLAH Sang Pemilik Semesta, Sang Pemilik Kekuatan. Lalu apa yang akan dirisaukan lagi oleh orang yang telah sepenuhnya pasrah pada Sang Pemilik Kerajaan, tak ada yang perlu ia khawatirkan bukan berkaitan dengan kehidupannya. Kecuali risau bahwa ALLAH akan murka lah yang membuat mereka ahli ibadah menangis tersedu di hadapan Raja mereka dan membuat mereka gemetar ketakutan. AdzabNya lah yang mereka risaukan selama hidupnya dan teramat bahagia serta yakin akan janji ALLAH, serta amat mengharap bertemu dengan Tuhan mereka. Lalu apa yang mereka risaukan jika yang mereka harapkan hanyalah keridoan Rabb mereka yang akan mereka temui setelah selesai melaksanakan tugasnya di dunia sebagai khalifah ALLAH. Maha Benar ALLAH yang bersabda,

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.”” Fushilat: 30

“(yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat.” Al-Anbiya: 49

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” Al-A’raf: 56

Meebo

Hari ini, sa ke kampus..niatnya mo ngerjain TA, tapi masih lieur..lupa oret-oretannya ga dibawa (kacau yeuh). Eh, karena ada internet, malah browsing, tapi browsing yang ada hubungannya sama TA.

Sambil ngobrolin kesempatan kerja sama Pa Darso, dan sembelumnya “diberi wejangan” sama dosen tentang pengembangan diri. Ternyata komputer terdahulu yang penuh program udah diformat 😥 tapi gapapa, akhirnya sebelum “kerja” sa install in dulu VBnyam trus install Office nya (office 2000 aja yang ada). Hmm..asa jama-jaman ngampus dulu, pas pelajaran Pa Ucu.

Sa chat sama temen-temen ga pake YM, ya karena itu tadi…no other software installed, jadi aja pake meebo. Gpp.. Pengalaman. Ada sih installer YMnya, cuma ngga ah. Pidgin juga ada, tapi corrupt klo pidgin.

Pas ngobrol sama Pa Darso, gini kata beliau (sa copy-paste aja chat nya)

esa: assalamu’alaykum wr wb
esa: pa darso..tawaran bapak utk ikut d proyek bapak itu masih berlaku ga?
esa: oya kemaren nyoba drupal..sayang tampilannya kaku
esa: ga harus expert di programming kan Pak?
darso: masih dong..sebenarnya banyak kerjaan, tp sering nggak bisa langsung dikerjakan krn kita hrs belajar dulu…
esa: iya
darso: solusinya, kita planning baik-baik, kerjaan bidang apa yg Esa paling senang…trus kita rancang cara mencapainya
esa: programming..hmm tp utk saat ini sy baru bisa web *php masih blm menguasai bgt* sm VB
darso: misalnya 4 bulan dari sekarang kerjaan itu hrs ada…siap2 (belajar dsb) dari sekarang
darso: kalau vb pakai versi brp? pernah membuat apa?
esa: 6.0
esa: lg nyoba belajar vb.net
esa: klo yang seluruhnya..baru TA aja..
esa: SI persediaan barang di mini market kampus
esa: tp itupun masih banyak bug2nya
darso: databasenya pake apa
esa: masih access
darso: kalau php?
esa: PHP pake sql yg di phpmyadmin
darso: ok
darso: inginnya/senang kerjaan yg spt apa? di kantor atau diproyek (tempat orang), diluar kota atau dari rumah?
esa: maksud di proyek gmn tuh Pak
darso: ya misalnya pekerjaannya dilakukan di tempat (lokasi) kantor orang. saya saat ini jg ada kerjaan di perkebunan2, di garut,cianjur..
esa: trus..trus
darso: maksud saya, ingin selalu menyesuaikan pekerjaan dgn style kerja seseorang, soalnya pekerjaan IT lebih banyak pada karakter SDM.
esa: oh
esa: enaknya klo buat akhwat mah kerja di rumah (meski sy pengen nyobain kaya yg lain..kerjanya ke luar kota )
darso: kalau nggak pas, bisa nggak tahan lama, sayang waktu. paling tidak project pertama hrs yang membuat bersemangat…shg bisa membuat project lanjutannya…begitu seterusnya.
esa: yup..betul
darso: tinggal dirumah sendiri (dgn ortu) atau tempat lain, idealnya ada internet kalau ingin kerja di rumah
esa: iya..itu ga ada internet
darso: bgmn kalau Esa berdoa yg khusuk begini:”Mohon 4 bulan dari sekarang, Esa bisa kerja dirumah, punya komputer dan akses internet 24 jam.” jangan ketawa ya…saya yakin insya Allah terjadi…entah bgmn caranya…
esa: yup..insya allah
darso: saya punya adik, akhwat jg ingin membuat kerjaan jg, ingin kerja dr rumah jg, siapa tahu cocok dgn Esa. saya lagi usahakan…doa’in ya…
esa: iya..insya allah
darso: kalau sempat coba module user profile drpal, dan buat data entry member, kira2 saya perlu format data entry spt itu untuk aplikasi web
esa: modul user profile? pelajari scriptnya?
esa: insya allah
darso: coba pakai dulu…lain kali kita bicarakan, stl esa coba
esa: ok siip insya allah

Nah, itu..ada di postingan sa sebelumnya tentang apa yang sa pelajari selama di rumah dan ada laptop A Aim..heheh.

Btw, sa jujur baru ngerti soal Open ID..klo untuk wordpress mungkin ga terlalu gimana-gimana, tapi untuk pengguna blogspot dkk yang ga nerima komen kecuali dari blogger yang domainnya sama (sesama blogspot dsb), fasilitas ini bermanfaat banget, karena dengan demikian, blogger dari domain lain bisa ngasih komen dan tetap menvantumkan URL sebagai link nya..keren ya 😛

Aku Ingin Menangis

Aku pengen nangis, tapi air mata ini susah banget keluar. Ada apa denganku? Kenapa terjadi lagi keadaan seperti ini. Hati ini berkeinginan sekali air mata ini jatuh ke bumi, namun tertahan tertahan di hati. Dan itu lebih buruk daripada aku menangis di depan orang-orang.

Belakangan ini, entah kenapa perasaan seperti itu sering kali terjadi, menimpa diriku. Ustadzku sampai kebingungan menghadapi sa. Jangankan cerita ke orang lain, sa sendiri aja ga tau penyebabnya. Mencoba merunut pun tetap belum kutemukan jawaban atas perasaanku ini.

Allah, apa yang terjadi sebenarnya? Lagi-lagi hal ini terulang dengan keadaan yang kini kian parah saja rasanya. Bantu hamba untuk keluar dari semua ini..

Ketika Malu, Menulislah

Kadang kita temui beberapa orang sangat pemalu, bahkan terlalu pemalu sehingga untuk mengatakan sesuatu yang sesungguhnya ia butuhkan. Jika dipikir-pikir coba deh bener-bener dipikirin *kok diulang-ulang :mrgreen: * Jika yang kita butuhkan itu ternyata menyangkut banyak hal yang lagi-lagi ternyata menyangkut hajat khalayak umum, bukankah hal itu akan sangat merugikan?!

Pun ketika kita lihat seorang yang tengah dimabuk cinta, karena malu atau apapun alasannya ia tak mampu mengatakan perasaannya pada sang kekasih, sehingga karena tidak tahu *ternyata sang kekasih sesungguhnya mencintainya pula* sang kekasih akhirnya bersanding dengan orang lain. Bisa dibayangkan betapa hancur hatinya, pun dengan hati sang kekasih apabila akhirnya dia mengetahui hatinya yang sebenarnya.

Bayangkan pula jika seorang murid tak bertanya karena ia malu, di depan umum dan takut ditertawakan, maka ia memilih bungkam seribu bahasa. Akhirnya nilai-nilainya jeblok, dan dimarahi orang tua dan guru. Ruginya berulang kali tuh.

Nah, salah satu solusi *seperti klo di pengajian juga kan kadang kayak gituh klo nanya* ya tulis perasaan kita. Kadang orang yang jatuh cinta bisa jadi demikian romantis..menuliskan kalimat-kalimat indah di atas kertas, tapi ketika bertemu dengan sang kekasih, seolah mulut terkunci dan mata tak dapat berkedip..

Di saat itulah menulis menjadi jawaban, sebagai perantara kita dengan sang kekasih, perantara guru dan murid yang pemalu. Maka ketika Anda malu mengatakan sesuatu maka tuliskanlah. Karena menulis akan menjadi kekuatan ketika anda tak mampu berucap, atau tak tega untuk berkata..

*belajar dari pengalaman, soalnya sa sedikit pemalu 😳 jadi klo ada apa-apa kloo ga berani ngomong ya lewat email aja*