10 Manfaat Utama Madu dalam Kehidupan

Berbicara mengenai manfaat utama madu dalam kehidupan kita, saya jadi teringat saat 3 hari ini menemani anak pertama saya tiba-tiba suhunya naik. Disusul saya yang juga ikutan drop. Dan hal yang biasa kami lakukan selain mengukur suhu tubuh adalah memanfaatkan madu guna menurunkan suhu tubuh si kecil. Sempat khawatir saat anak kedua kami tidak terlalu suka madu dan sekaligus tak bersedia meminum paracetamol. Dibandingkan kakaknya yang meski sama-sama tidak dibiasakan minum obat, Azam lebih pemilih.
Syukurnya karena sering melihat sang kakak rutin minum madu, akhirnya dia bersedia mencicipi dan jatuh cinta. Jika dulu ia enggan menyentuh madu, setelah sekali cicip itu malah ketagihan. Sehari bisa berkali-kali minta minum madu. Jadi stok madu di rumah semakin cepat habis.

Seiring kebiasaan selalu menyiapkan stok madu di rumah, akhirnya malah bertemu dengan berbagai jenis madu yang ada di pasaran. Jika selama ini ada istilah “semanis madu” sepertinya untuk saat ini tak berlaku lagi mengingat ada juga madu pahit. Kan tidak mungkin mengubah istilah “hidup sepahit madu”😀

Selain madu “manis”, juga sekarang sedang booming madu “pahit”. Rupanya tidak serta merta “asal” berbeda rasa, melainkan karena memang perbedaan rasa pada setiap madu yang dihasilkan tergantung dari sumber yang dijadikan asupan oleh si lebah. Itu kenapa meski produk dan merk sama, rasa terkadang berbeda.

Beberapa jenis madu yang beredar di pasaran kita dikenal dengan nama yang seringkali berasal dari asal tanaman yang diambil oleh lebah sebagai produsen makanan manis ini. Ada madu kelengkeng, madu karet, madu kapuk, madu hutan, madu ternak, madu mete, madu rambutan, madu kaliandra, madu durian, madu rambutan, dan sebagainya.

Manfaat Madu

Setiap jenis madu dapat memiliki khasiat tambahan yang berbeda karena kandungan di dalamnya menyesuaikan pula dengan sumber makanan yang didapat lebah dalam proses pembuatan cairan kental nan manis lezat ini. Namun secara umum, madu memiliki kandungan gula yang dominan dan dilengkapi dengan vitamin serta mineral. Ditambah antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Berdasarkan kandungan umum yang terdapat pada madu tersebut, manfaat yang dapat kita rasakan diantaranya:

  1. membantu mengatasi asma dan mencegah gejala alergi
    madu memiliki kandungan yang menjadikannya sebagai anti-imflamasi yang secara natural dapat membantu menangani secara efektif bersin yang diakibatkan alergi dan sesak nafas karena asma.
  2. Menyehatkan
    Kandungan vitamin dan mineral dalam madu membantu menjaga kesehatan seseorang. Pun karena madu merupakan anti-bakteri yang baik dalam melindungi tubuh agar tidak mengalami infeksi. Pada luka luar, madu dapat dimanfaatkan untuk menangani luka bakar maupun luka bekas gigitan seranggga dan luka serupa lainnya.
  3. Membantu menurunkan berat badan
    Perpaduan asam amino yang merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino sendiri bertugas menjadi pengontrol berat badan. Para ibu pasti senang membaca poin ini😛
  4. Untuk Saluran Cerna yang sehat
    Minum madu hutan sebelum tidur, secara alami menjaga sistem perncernaan dapat berfuungsi dengan baik.
  5. Sebagai sumber tambahan energi
    Kandungan karbohidrat dalam madu membantu anda mengembalikan seketika tenaga saat lelah melanda. Campurkan saja madu pada segelas teh hangat, tak perlu tambahan gula. Glukosa pada madu juga dapat memberikan peningkatan kinerja tubuh karena dorongan energinya.
  6. obat batuk dan obat untuk radang terutama tenggorokan
    Batuk kering tentu mengganggu. Rasa gatal yang diakibatkannya membuat hari-hari tak nyaman. Campuran teh hangat, madu dan lemon adalah obat mujarab.
  7. sistem kekebalan tubuh meningkat
    Asupan gizi yang baik pada tubuh membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Dan madu menjadi salah satu asupan tambahan yang harus masuk ke daftar.
  8. mencegah insomnia
    Campuran madu, jahe, kayu manis dan teh hangat mampu menjadi minuman yang menenangkan sehingga anda akan terbantu saat susah tidur melanda.
  9. kecantikan wajah
    Bagi anda yang memiliki kulit wajah sensitif, madu dapat dijadikan masker andalan. Bagi anda yang memiliki kulit normal pun, madu dapat menjadi salah satu “alat tempur” kecantikan yang murah berkhasiat.
  10. menurunkan resiko kanker
    antioksidan yang sempat disinggung di awal merupakan salah satu alasan kenapa madu memiliki manfaat menurunkan resiko kanker.

Selain manfaat madu yang telah disebutkan di atas, madu juga berkhasiat dalam meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, baik bagi kesehatan reproduksi (baik pada lelaki maupun perempuan), mencegah dan membantu mengatasi selulit, pereda nyeri saat perut kosong, menurunkan resiko serangan jantung, baik bagi lambung dan pereda stress.

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau rendah, madu membantu menyeimbangkan tekanan darah anda, mengobati rheumatik, meningkatkan kualitas hormon, dan memperkuat fungsi ginjal.

Hati-hati dengan madu yang beredar saat ini. Pastikan anda membeli dari penjual madu terpercaya untuk memastikan madu yang dibeli adalah asli dan kualitas oke. Sebab karena banyaknya manfaat madu, tidak sedikit oknum nakal yang mencari keuntungan tinggi dengan cara menipu. 

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s