Sepasang Buku

Hai hai.. InSyaAllah blog ini akan update tulisan seminggu sekali ya. Tulisan hariannya dipindah ke web baru saya dapet hadiah dari Mas Anto via Kampoeng Kata-kata. Tentang hadiah dari tantangan #15HariMenulis ini rupanya belum saya tulis ya 😀 Nanti sy tulis inSyaAllah tapi ga sekarang. Maaf ya semua..

Tentang sepasang buku, izinkan saya bercerita mengenai sepasang buku yang dihadiahkan teman suami -mas Aji dan mba Maya- ketika kami menikah 5,5 tahun lalu. Kenapa saya mengatakan sepasang? Karena bukunya memang sepasang. Suami dan Istri. Di dalamnya disertai tulisan doa oleh mas Aji di buku suami dan oleh mba Maya di buku istri. Semoga Allah memberkahi keduanya ^_^

Judul sepasang buku ini adalah Be a Great Wife -agar dicintai suami- dan Be a Great Husband -agar dicintai istri- ditulis oleh ‘Isham bin Muhammad asy-Syarif dan diterbitkan oleh Embun Publishin. Menarik karena ketika banyak bahasan suami istri masa kini menumpu pada pembahasan di sisi istri, maka sepasang buku ini memberikan gambaran sebaliknya. Diantara kedua buku, buku tentang suami-lah yang lebih tebal.

sepasang buku

Hal menarik lainnya dari sepasang buku ini adalah, bahasan tentang dasar mendidik anak justru ada di buku suami. Sementara di buku istri lebih pada silabus program untuk anak. Sinergis sekali. Ciri khas keislamannya begitu nampak.

Buku ini memang pantas dihadiahkan sepasang. Agar suami dan istri memiliki keilmuan yang setara dan pemahaman yang saling mendukung. Karena suami dan istri sudah menjadi sebuah kesatuan untuk berbagai aktifitas terutama dalam membangun peradaban yang dimulai dari keluarga kecil di rumah: suami istri dan anak-anak.

Ada setidaknya 17 karakteristik suami yang dibagi ke dalam 17 bab dengan pembahasan mendetil di setiap sub-babnya. Sementara di buku istri, pembahasan mengenai karakter istri dibuat dalam 1 bab yang dibagi ke dalam 20 sub-bab, sementara 2 bab lainnya diberi judul “Inilah suami saya!” di bab 2 sebagai pengingat 17 karakteristik suami dan “Para istri pengadu” di bab 3 yang dibuat seperti tanya jawab.

Saya sendiri belum selesai membacanya sehingga tidak dapat mengatakan buku ini saya rekomendasikan secara pribadi karena belum tuntas membacanya (setelah sekian lama, hanya tersimpan di rak dan sempat tertimbun di dalam tumpukan dus). Tapi sejauh yang saya baca, inSyaAllah ilmunya bermanfaat terutama bagi pemahaman ke-istri-an dalam kacamata Islam. Sementara suami, saya belum menanyakan apakah beliau sudah membaca buku tersebut atau belum.

Ingin menuntaskan buku ini dan menuliskan review singkatnya. Setidaknya buku bagian istri dulu untuk dipahami kemudian diamalkan. Bismillah..

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s