Situs Penyingkat URL

Situs penyingkat URL (link alamat web) merupakan sebuah situs yang menyediakan jasa menyingkat URL dari alamat web yang ingin kita bagikan. Bagi saya, URL yang disingkat tersebut bisa sekalian menyembunyikan alamat asli webnya yang kadang saya merasa tertipu kalau pas alamat aslinya ternyata begitulah. Wajar ya karena dulunya URL Shortening ini sering digunakan oleh para affiliate marketer di dunia internet marketing 😀

Tapi URL shortening ini benar-benar berguna jika kita butuh URL yang singkat saja. Sayangnya tidak semua web penyedia jasa link shorten menyediakan fitur Custom dimana kita bisa menuliskan sendiri mau seperti apa URL singkat yang akan kita buat nanti.

Ada banyak penyedia jasa URL Shortening, tapi yang saya rasa paling enak adalah bit.ly. Saya lebih senang menggunakan bit.ly karena webnya atraktif. Meski ketika pertama kali menggunakan jasa web ini agak sedikit bingung karena tampilan halaman awalnya tidak langsung ke form penyingkat URL, tidak seperti goo.gl, tinyurl.com ataupun ow.ly

bitlySebagai orang yang pernah bekerja di dunia web (duluuuu banget) jadi terlintas pertanyaan, itu alamat domainnya kok bisa gitu ya? Hehe.. lupakan..

Kembali ke bahasan web URL Shortening, masih tentang bit.ly yang ternyata tersedia aplikasinya di ponsel pintar. Saya sendiri belum mencobanya karena saat tulisan ini dibuat, ponsel saya sudah terlalu penuh untuk diinstall aplikasi lagi. Hehe..

Bit.ly menyediakan antarmuka web yang cerah, formal dan elegan. Bagian untuk menyingkat URL sendiri terletak di bagian bawah halaman awal webnya. Di field itulah anda cukup menempel (alias dop paste) link yang akan disingkat, tanpa anda menekan tombol “Shorten” pun, halaman web akan secara otomatis beralih ke hasil penyingkatan URL. Dengan begitu, mengurangi aktivitas memainkan mouse apalagi jika anda biasa beralih antar-program di komputer atau antar-tab di browser dengan menggunakan tombol singkat semacam Alt+Tab untuk berpindah antar-program. Enak banget.

bitly2Untuk menyalin (copy) URL, klik di tombol Copy atau cukup langsung CTRL+C karena URL hasil penyingkatan secara otomatis sudah terblok seluruhnya. Di bagian bawah kolom shorten URL juga terdapat keterangan URL asli yang kita singkat. Hal ini bagi saya memudahkan untuk memastikan bahwa URL tersebut adalah benar. Berguna sekali jika kita membuat lebih dari 1 shorten URL jadi tidak lantas bingung dan tak khawatir tertukar.

bitly3Masih ada link yang mau disingkat? Cukup copy link tersebut lalu langsung pastel saja tanpa perlu menghapus isi kolom. Dan Shorten URL pun segera muncul secara otomatis. Mudah bukan?

Iya, adapun situs lain siapa tau mau coba, bisa cek link-link berikut.

  1. goo.gl
  2. tinyurl.com
  3. ow.ly
  4. is.gd
  5. nxy.in
  6. cli.gs
  7. tr.im
  8. kl.am
  9. snurl.com
  10. twurl.cc
  11. ff.im
  12. plurl.me
  13. budurl.com
  14. adjix.com
  15. short.ie
  16. poprl.com
  17. tinyarro.ws
  18. yourls
  19. durl.us

Selamat mencoba ^_^

4 thoughts on “Situs Penyingkat URL

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s