Galau Data

Terbiasa dengan yang serba otomatis kadang bisa membuat kita terlena. Judulnya sih keenakan sejak dapet pulsa gratis 100rb dr XL jd mikir masih banyak. Hehe..

Ditambah lagi, rasanya jarang nelpon dan sms karena untuk urusan olshop semua sudah serba ditangani oleh chat app berbasis data alias internet. Apalagi WhatsApp sudah bisa nelpon sesama pengguna WhatsApp 😀

Duluuu.. Biasanya rajin cek saldo. Ketika pulsa tinggal dikit, isi ulang.


Kejadian ini sebenarnya untuk yang kedua kalinya. Untungnya waktu itu paket unlimited murah XL hanya beralih, tidak lagi di *123# tapi harus langsung akses *123*949# jadi cukup terselamatkan.

Kenapa sih kok kayaknya rempong bgt cuma gegara data habis doang rame. Heuheu.. bukan apa-apa. Unlimited itu paket termurah dan ternyaman sepanjang pake data internet XL.

Murah karena cuma 49rb/30 hari dapet kuota 2gb sebagai batas. Jika lebih dari 2gb, kecepatan akan diturunkan tanpa nyedot pulsa sedikitpun. Tapi selama pake kecepatannya masih tetep wuz wuz meski sudah melewati batas normal kuota.

Dan yang paling penting dari paket unlimited ini, ga dibatasi waktu, ga dibatasi area dan sinyal. Bisa dipake di jam berapapun, mau 3G atau ga 3G, mau di Caringin atau di Kopo. Bebaaasss..

Karena sempat lupa isi ulang pulsa juga, kejadian paket terhenti otomatis terjadi pertama kalinya sepanjang berlangganan data internet unlimited XL. Sayangnya ketika itu data ga dimatikan jadi pulsa 50rb yang tadinya mau digunakan untuk beli paket internet unlimited bulanan, raib tersedot karena ternyata paket inetnya belum aktif.

Pulsa ga cukup kalau mau pake yang bulanan, jadi langganan mingguan, 12.500/7 hari 500mb. Lumayan banget loh.

Kemarin judulnya karena keasyikan sama hal lain, lupa cek saldo dan batas akhir berlangganan sampai kapan. Ternyata terhenti. Padahal dini hari masih chat. Rupanya chat itu pake pulsa, bukan data >_<

Begitu sadar paket internet unlimited terhenti, beli pulsa deh, isi ulang saldonya. Coba cek *123*949# ternyata sudah tidak bisa, sodara-sodaraaa.. hahaha *ketawa sedih*

Katanya paket internet harian dan mingguan ada di *123#. Dicek lah USSD code tersebut, ada sih menu internet seperti yang dikatakan. Ngecek satu per satu paket yang ditawarkan, oh tidaaaakkk… mihilun. Haha..

Padahal dulu pake Flash Halo Telkomsel bisa lebih mihil dari yang disediakan XL sih. Tapi sekarang rasanya jadi mihil sekali itu paket. Meski benefit yang didapat memang beragam sesuai provider.

Akhirnya mencoba peruntungan di *363# deh. Lho ada ya? Ada. Di Simpati 😀
Hp saya kan dual sim. SIM 1 XL, SIM 2 Simpati. Simpati cuma buat temen dan keluarga kerabat aja makanya yang paling sering "makan" ya SIM 1 karena beda kebutuhan.

Alhamdulillah masih diberi kesempatan menulis sm Allah dengan bisa diaktifkannya paket TAU. 30.000/30 hari dapet kuota 500MB+1GB lokal jawa+1 GB Lokal kota +2GB(00-09) Gratis Akses BBM, LINE , WA. Penting nih gratis LINE karena mobilitas chat bisa ngabisin kuota 😛

Alhamdulillah ‘alaa kulli haal.. di balik kesulitan ada kemudahan. Hehe..

Dalam memilih provider sendiri, ada beberapa cara yang saya terapkan. Saya sarankan ketika hendak mencoba-coba paket inet, mending pastikan dulu provider mana yang kecepatannya oke selama ini. Dari segi sinyal atau kelancaran komunikasi. Cek selama ini di daerah tempat anda tinggal, provider yang kinerjanya oke yang mana.

Kenapa itu penting? Karena percuma beli paket internet murah tapi ujung-ujungnya ga bisa dipake. Mending kalo ada yg mau beli kartu perdana bekas kita, bisa balik modal lah *pengalaman jual perdana tri 10gb yang setelah dicoba aduhai sekali, masih nyisa 9gb. Xixixi (herannya tri di BB sy mah lancar jaya. Kenapa ya bisa beda?)

Yang paling populer dulu sih (sampe sekarang) karena pake modem jadi cari kartu yang lagi promo. Modem kan gampang ya cabut pasang kartu.

Hal berbeda saya alami ketika kerjaan saya beralih dari laptop ke ponsel. Ga bisa pake modem dong, kecuali yang sudah pake router atau yang support hotspot.

Awalnya masih menganut aliran gonta-ganti kartu perdana. Tapi akibatnya agak longgar case ponselnya. Dan simpati harus nonaktif karena hp berisi kartu internet plus nomor XL yang merupakan nomor dagang.

Semenjak itu mulai memberanikan diri ambil paket internet XL. Karena repot ketika saya berurusan dengan aplikasi mbanking. Semua mbanking saya menggunakan nomor XL.

Lha kan bisa pake mbanking biasa atau internet banking? Yup, untuk BCA Mandiri BNI sih bisa ya di *141# atau menu bawaan atau SMS banking. Tapi dengan menggunakan aplikasi semua jadi serba mudah. Dan untuk MBG BSM, tidak ada opsi lain sama sekali. Makanya jadi harus gonta-ganti pengaturan data SIM. Ribet.

Bagi temen-temen yang masih mengandalkan mobilitas penuh via ponsel, opsi paket internet mungkin bisa dipertimbangkan. Biar ga galau soal biaya dan ga galau soal data.

image

Saat akan memilih paket, cek kekuatan sinyal, cek kuota dan pembagian kuotanya, cek pengaturan waktu yang diberikan, cek harga, cek syarat dan ketentuan (jangan males baca yang beginian ya, biar ga menyesal di kemudian hari). Dengan begitu kita bisa mempertimbangkan dengan baik, ga merasa tertipu 😉

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s