Menulis dengan WordPress

Menulis adalah sebuah kegiatan mengisi waktu luang yang menyenangkan. Menuliskan tentang apapun. Termasuk sekadar update status di media sosial. Yap, karena menulis sudah kita kenal semenjak masih sekolah dulu.

Jadi untuk sekadar menulis tak perlu berbicara tentang bakat karena pada dasarnya kita semua sudah bisa menulis bukan? Jika soal kemampuan mengolah kata, maka bolehlah kita berbicara tentang bakat dan pembiasaan –meski tak sepenuhnya benar juga sih kalau untuk membuat sebuah tulisan yang kece itu memerlukan bakat. Jika memerlukan pembiasaan, itu sudah pasti benar.

Berbicara tentang menulis juga berbicara tentang membaca. Karena menulis dan membaca ibarat dua sisi mata uang, selalu berdampingan. Membaca tak hanya soal buku, tapi juga alam sekitar beserta semua kejadian di dalamnya.

Lalu jika kita ingin menuliskan pikiran kita terhadap sekitar, enaknya lewat media apa ya? Jawaban dari anda mungkin akan beragam. Ada yang menikmati menulis di diary, menulis lewat catatan media sosial semisal Facebook, menulis di forum-forum, menulis di media citizen journal, atau menuliskannya di blog. Banyak media yang dapat digunakan secara gratis sebagai wadah penuangan pikiran.

Saya sendiri memutuskan menuangkan rasa dan catatan melalui sebuah media blogging bernama WordPress setelah sebelumnya mencoba-coba beberapa penyedia blog gratisan seperti blogspot dan multiply. Saya jatuh cinta sejak pertama kali mengenalnya 7 tahun lalu.


Masing-masing media memiliki kelebihan dan kekurangan. Kenapa pilih WordPress? Kelengkapan fitur, kemudahan konfigurasi, penyesuaian menu dengan drag and drop, ditambah tersedianya source WordPress secara free membuat WordPress begitu menarik bagi saya. Meski memang untuk sisi penambahan widget dari luar WordPress rada susah 😀

Saat ini kemudahan memperbarui tulisan di berbagai blog sudah didukung oleh hadirnya aplikasi berbasis smartphone. Pun dengan WordPress. Hadirnya aplikasi WordPress for Android dan WordPress for BlackBerry seperti angin segar bagi saya yang sudah lama ga update blog karena laptop yang rusak. Sekarang semuanya serba mudah ya. Update blog aja bisa via ponsel.

Bagi temen-temen yang tertarik untuk memiliki akun di WordPress, saya coba catatkan cara mendaftar akun WordPress melalui ponsel. Silakan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Ketikkan pada address bar browser (bagian untuk mengetikkan alamat web):  “https://signup.wordpress.com/start/id/?step=step-home“=> alamat ini nantinya akan memunculkan laman web berbahasa Indonesia sehingga dapat lebih mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

2. Ketikkan nama blog yang anda inginkan pada field “Alamat Situs”.

image

Nama yang diketikkan tersebut nantinya akan jadi alamat blog kita. WordPress akan mengecek secara otomatis apakah nama yang kita ketikkan masih tersedia atau tidak.

image

Jika tersedia, akan muncul tanda centang hijau di bagian kanan. Anda tinggal lanjutkan dengan mengklik tombol “Buat Situs Anda dan Lanjutkan”. Sementara jika ternyata nama yang anda pilih sudah digunakan orang lain, akan muncul tulisan “Maaf, situs tersebut sudah ada!” dan tombol tidak dapat diklik.

3. Berikutnya muncul laman untuk anda isi dengan data akun anda meliputi surel (alamat email), Nama pengguna (untuk informasi login nanti. Minimal 4 karakter. Nama pengguna dapat berbeda dengan alamat blog. Perhatikan contoh gambar) dan terakhir Kata Sandi alias password untuk login nanti minimal 6 karakter.

image

4. Laman Halaman Custom untuk membuat alamat blog anda dengan TLD (Top Level Domain) semisal ujungnya .com atau lainnya.

image

Pilih yang gratis aja dulu dengan memilih opsi paling bawah: Tidak, Terima Kasih.

5. Pilih Tema merupakan laman yang menawarkan tema template untuk blog anda nantinya. Klik pada tema yang anda pilih.

image

Tak usah khawatir jika ternyata nanti tak terlalu suka, anda dapat menggantinya nanti sewaktu-waktu.

6. Laman berikutnya adalah Pilih paket. Ada paket WordPress.com (Gratis seumur hidup), WordPress.com Premium ($99 per tahun, gratis trial selama 14 hari, nama domain sendiri TLD, opsi kostumisasi lebih banyak dan space lega untuk file-file anda termasuk audio dan video) dan WordPress.com Bisnis ($299 per tahun, gratis trial selama 14 hari, semua fitur premium ditambah dukungan chat secara langsung dan akses tak terbatas ke koleksi berbagai themes tampilan  premium WordPress).

image

Pilih yang gratis saja dulu 😀

7. Selesai. Ditandai dengan laman Dasbor alias “bengkel” dalam blog kita.

image

Semudah itu kan mendaftar blog? Untuk langkah membuat tulisan inSyaAllah akan dibahas lain kali. Masih ada hutang bercerita tentang step-by-step SHAREit nih :mrgreen:

Oiya, pastikan konfirmasi alamat email-nya ya untuk aktivasi akun. Setelah aktivasi, anda bisa memulai aktifitas blogging. Hal ini juga berguna supaya ketika lupa password atau ada apa-apa terkait blog kita, bisa diurus via email. Termasuk notifikasi aktivitas blog bisa dikirim melalui email.

Selamat mencoba dan semoga membantu 🙂

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Iklan

2 thoughts on “Menulis dengan WordPress

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s