SFS?

Dalam dunia instagram, terutama yang menggunakannya sebagai sarana berjualan, ada sebuah cara saling mengiklankan yang unik. Cara ini disebut SFS.

image

Entah istilah ini ada sejak kapan, tapi SFS adalah sebuah cara alternatif menambah follower dan memperkenalkan “toko” kita secara lebih luas. Dan di Path sendiri istilah Shoutout for Shoutout ini cukup banyak postingannya, dengan pendekatan yang sedikit berbeda.

⏩ Bagi yang belum tau, apa sih sfs itu?
SFS adalah singkatan dari Shoutout For Shoutout.
Gampangnya SFS adalah saling mengiklankan satu sama lain.

⏩ Bagaimana bentuk sfs?
Pada dasarnya sama saja seperti kita upload produk kita di IG lalu kasih keterangan foto.

Hanya saja, untuk sfs, produk dan keterangan foto kita di upload di IG orang lain.

⏩ Berbayar?
Free. Krn saling menguntungkan.
Tapi kemudian untuk beberapa syarat ketentuan, akhirnya ada juga yang berbayar

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Ada  beberapa jenis sfs
➡ 1. SFS Slot
Dilakukan oleh sejumlah ols dengan atau tanpa menyertakan foto satuan.
Caption-nya adalah perpaduan semua peserta slot dengan diberi urutan nomor.
▶ a. Dengan foto satuan: biasanya sfs slot dengan foto dibatasi 4 atau 9 ols. Kenapa? Agar foto masing2 peserta sfs slot mendapatkan tempat yang sama rata dan bentuknya square sehingga foto tidak terpotong.

▶ b. SFS Slot tanpa foto satuan: biasanya setelah slot terpenuhi, yang buka slot akan menyediakan 1 gambar untuk di upload oleh semua peserta slot.

➡ 2. SFS Personal
2 ols bersepakat saling mengiklankan.
Masing2 menyiapkan sendiri materi iklan (foto dan caption/kalimat promosinya dengan menyebutkan IG masing2 di caption).

A mengiklankan materi SFS yang diberikan B di IGnya, B mengiklankan materi SFS yang diberikan A di IGnya.

Karena materinya sudah ada, tinggal copy paste dan save gambar.

Biasanya untuk SFS Personal, caption bisa panjang. Disertakan hashtag dan kontak.

▶ Apakah ini berbayar?
Sebelumnya free kecuali sama yang followernya udah pada tinggi2, disebutnya paid promote.

➡ Lalu apa sih SFS Arisan? SFS Keroyokan?

SFS Arisan layaknya arisan uang, kita mendapatkan “uang” sesuai jatah giliran.

Dalam SFS Arisan, focap boleh panjang sama seperti sfs personal, tp belakangan dibatasi.

Cara kerjanya, misal ada 20 peserta arisan, ketentuan 1 hari upload 4 ols. Kita ada di nomor 15. Maka..
Hari 1: upload 1-4
Hari 2: upload 5-8
Hari 3: upload 9-12
Hari 4: upload 13, 14, 16. 15 ga di upload kan punya kita.
Hari 5: upload 17-20

▶ Apa keuntungannya?
Saat jatah menang arisan, materi iklan kita di upload oleh 19 peserta lain dalam periode yang ditetapkan.

Dulu sistem ini terkenal sebelum adanya SFS Keroyokan dan bisa panen follower seperti keroyokan tp ga terlalu cape dan ga terlalu spamming.

➡ Sementara SFS Keroyokan, sudah bisa ditebak dari namanya ya.

Sistemnya seperti SFS personal. Awal2 ada SFS inSyaAllah, captionnya panjang2. Kesini2 jd makin dibatasi krn berbagai pertimbangan.

Cara kerjanya hampir sama seperti SFS Personal dan SFS Arisan, hanya saja materi iklan dibuat singkat dan padat (jika mengacu pada sebagian besar rule yang sekarang ada).
Dalam 1 periode keroyokan, materi SFS kita akan di upload oleh seluruh peserta.
Misal ada 25 ols, berarti materi kita di upload dan diiklankan oleh sekitar 24 ols.

Dan di saat yang sama, kita juga mengiklankan materi ke-24 ols tsb di IG kita.

Jadi bisa dibilang SFS Personal borongan.
✔ Terkait keroyokan ini, ada cara ikut SFS tanpa mengiklankan materi peserta keroyokan lain di IG kita, ini yang disebut Paid Keroyokan (PK). Jadi bersih IG kitanya.
Selain IG yang bersih, materi iklan kita juga diiklankan di kelompok keroyokan yang followernya lebih tinggi dari kita.

✖ Minusnya adalah, kita ga bisa pilih kategori produk yang sesuai. Hanya saja penyedia PK akan ikut kelompok yang diusahakan mendekati. Tapi biasanya ikutan yang mix (tak bertema).

Maka saat ikut SFS Arisan maupun SFS Keroyokan, ada baiknya cek tema atau barang yang dijual peserta lain. Ibaratnya kita memperhatikan prospek pangsa pasar tempat kita akan mengiklankan produk kita.

SFS sendiri biasanya ada karena adanya member yang ditampung dalam sebuah grup di LINE. Setiap orang bisa gabung di 1 atau lebih grup SFS Permanen di LINE. Sementara untuk SFS Arisan dan SFS Keroyokan, ada yang grupnya permanen, ada juga yang grupnya tidak permanen.

Kenapa di LINE? Pengalaman saya, untuk SFS memang lebih enak di LINE baik grup maupun personal. Dan karena pengguna instagram sebagian besar menggunakan LINE sebagai alat komunikasi, sehingga instagram seperti sepaket dengan LINE.

Demikian bahasan tentang SFS sesuai pengalaman yang saya dapatkan. Semoga dapat membantu.

✌ Yang punya instagram, bisa follow saya di @epugi (sebelumnya @esapg). Akun ols saya ada di @belanjakeluarga dan @aimdesain.
👍 Yang ingin join grup SFS Pemula bisa klik link ini.

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Iklan

2 thoughts on “SFS?

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s