Sambutlah Hidayah Itu

Beberapa hari lalu, saat kumpul sm keluarga tiba-tiba saja mamah bilang:
“Iraha nya mamah ditiung di bumi” (kapan ya mamah berkerudung di rumah)-selama ini berkerudung hanya kalau keluar rumah saja itupun yg jauh2 misal, warung, pasar dll.
Alhamdulillaah di luar perkiraan.
“Nya kari atuh mah.” (Ya tinggal pake) Jwb sy saat itu sekenanya


“Mamah teh masih keneh asa rariweuh. Ai baju mah sih panjang samodel daster oge. Paling lenganna wungkul sakieu (nunjuk baju dan lengan atas). Jaba mun nyeuseuhan mah asa ridu. Komo mun moe beres nyeuseuhan sok asa hareudang deui. Jaba panto kan muka wae”
(Mamah masih merasa repot. Baju sih panjang2, misal daster jg panjang paling lengannya segini. Mana kalau nyuci jd serasa repot dan gerah pas jemur. Pintu rumah ngebuka terus jg -ini maksudnya kalo pintu buka mamah hrs pke kerudung, kalau gapake berarti pintu hrs nutup dan itu gelap)
Sy kemudian lagi2 jawab sekenanya “nya sugan weh atuh lamun mamah ditiung di bumi mah ku Allah teh ngadak2 dipasihan bumi nu aya AC-an, bapa jug lancar usahana. Ya who knows nu ngahambat teh nya tindakan urang2 keneh” (mudah2an aja kalau mamah berkerudung di rumah, sm Allah mendadak diberi rumah ber-AC, bapa jg lancar usahanya. Ya siapa tau yg menghambat tindakan kita jg -yg blm sepenuhnya taat-. Ini sy ngobrol asli konteksnya pake kata who knows. Wkwkwk)

Kemudian tawa renyah pun terdengar dr adik perempuan sy dan bapa. Sementara adik laki2 sy memang sedang tidak di rumah, maklum kuliah kelas karyawan.

Alhamdulillaah adek yg perempuan sudah berjilbab baik di rumah apalagi saat keluar rumah. Paling sesekali sy koreksi pakaian dan kecuekan dia thd penampilan. Biar aurat tertutup dgn baik dan sempurna.
Sementara mamah, kerudungnya sekarang memang sudah lebih panjang. Soalnya suka sy kasih bergo panjang. Awalnya protes kepanjangan sih, tp lama2 malah blg “mamah mah sekarang lebih nyaman pake kerudung panjang daripada kerudung pendek.” alhamdulillaah.. Malu katanya kalau kerudungnya pendek.

“Ditiung kan hukumna sajajar jeung sholat, wajib. Jd nya kuduna mah sih tong diengke-engke” jawab sy mulai serius (berkerudung kan hukumnya sejajar sm shalat, sama2 wajib. Jadi harusnya jgn ditunda).
“Kan urang shalat teu nungguan bener heula tp sabab apal shalat teh wajib jd shalat heula supaya bener. Ditiung oge pan kitu. Wajibna sama. Sajajar. Sama wajib berarti nya kuduna mah ditiung weh heula. Keun ai masalah benerna mah sugan kabawakeun” (kan kita shalat jg ga nunggu jd orang bener dl. Tp krn kita tau shalat itu wajib makanya kita shalat supaya jd orang bener. Berkerudung pun demikian, kewajibannya sama dgn shalat. Sama2 wajib jd harusnya berkerudung aja dl, soal jd orang bener mudah2an nanti ngikut -seiring waktu-)
Mamah tidak menjawab. Sementara adek perempuan sy nampak sumringah dgn percakapan ini dan ada rona bahagia dr raut muka bapa.

“Engke teh jd bidadari si Bapa nya” (Nanti teh jd bidadarinya Bapa ya) canda adek sy yg dijawab dengan tawa sipu malu dr Bapa.
Obrolan pun jd saling melempar canda ttg seputar keluarga.

Di akhir obrolan sy malah menutupnya dgn kalimat “tinggal si udi yeuh. Mudah2an mah geura meunang hidayah meh teu bobogohan deui. Sing bisa ngajaraga” (tinggal si udi nih. Mudah2an segera dpt hidayah utk ga pacaran. Smg pada pandai menjaga)
“Tp da ayeuna mah geus jarang antar jemput. Mun keur hoream mah nya di imah weh” (tp sekarang udah jarang antar jemput. Kalau lg males mah ya di rumah aja) jawab mamah masih sedikit membela. Tp agak lega jg sih, ya setidaknya ga terlalu tiap hari ketemu atau apa lah.

Hidayah itu seringkali datang tanpa diduga. Dan itu murni hak Allah. Kita mah cm tinggal berusaha, ttp mencoba memahamkan dan akan lbh bagus lg kalau kita menjalankan sehingga makin kerasa auranya. Mungkin kita ngobrolnya sekarang dan tidak diindahkan. Tp tiba2 suatu saat berubah mengikuti apa yg pernah didiskusikan.

Jangan berharap instan, sekarang ditegur, langsung berubah. Butuh cukup banyak waktu memahamkan orang lain, apalagi orang tua. Meminta mereka meninggalkan tradisi “tatanya/pananyaan” (biasanya bertanya minta masukan/nasihat dr orang pinter terkait hari baik atau tindakan tertentu. Orang pinter itu maksudnya biasanya ustadz2 gt -kalo ga bisa dibilang dukun-), meminta meninggalkan air doa (kertas berisi wirid2 atau tulisan tertentu dimasukkan ke dalam air utk diminum ataupun mandi), meminta meninggalkan sajen, meminta utk hanya yakin pada Allah bkn pd ritual2 tertentu dsb. Termasuk memahamkan ttg pernikahan yg tanpa diawali pacaran pun masih panjang sepertinya. Sedari SMA membicarakan ini tp hingga saat ini masih di batas menyetujui, belum sampe di titik paham.

Dan dr obrolan2 santai seperti itulah sy kemudian menarik kesimpulan, hidayah memang tak bisa dipaksakan dan dipastikan. Ketika hidayah itu hadir, dukunglah agar dilaksanakan. Tentang ketakutan dan kekhawatiran ini itu, jawablah dengan doa, bukan dgn ditakut-takuti lg (misal dgn mengatakan, panas mana disini sm di neraka?). Mungkin kalimat2 seperti itu bisa saja digunakan dengan nada guyon. Tp sy rasa lebih tepat jika kita sentuh mimpinya mjd sebuah doa. Atau sentuh hatinya dgn hal yg mungkin akan lebih disukai.

Semoga Allah menjaga Teteh dan kalian semua, Mamah, Bapa, Udi, Ade. Semoga kita semua dikumpulkan lg di surgaNya kelak.
Dan hidayah Allah smg diberikan utk kita semua shg bisa menerima ilmu, kebenaran dan bisa mengamalkannya dgn lbh baik. Teteh jg masih banyak yg harus diperbaiki. Soal ibadah, jujur tth kalah sm kalian semua. Makanya ingin terus belajar dan semoga lingkungan semakin kondusif utk kita tumbuh dan berkembang.

Aisha Azkiya
-Tulisan Mencatatkan Kenangan-

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s