Donat plus Bakpau

Perdana bikin donat dan alhamdulillah tidak mengecewakan. Sebagian adonan dijadikan bakpau isi coklat 😀

image

Beberapa bahan tidak ada di warung jadi memang harus ke toko bahan kue atau ke supermarket.


Bahannya:
Tepung cakra. Saya ga ngitung berapa gram krn ga punya timbangan. Tapi ada mungkin 1/2kg.
Fermipan (saya pake yang kemasan 11gr jd dipake kurang dari setengahnya) dicairkan dengan 2-3 sdm
Telur 2 Butir
Mentega (cairkan)
Gula sekitar 8sdt
Garam 1 sendok takar (kurleb 1 sdt)
Air sekitar 1 gelas belimbing atau sekira cukup untuk membuat adonan kalis.

Cara buat:
1. Kocok telur, gula dan garam. Setelah rata, tambahkan mentega yang sudah dicairkan.
2. Campurkan tepung, air dan fermipan cair.
3. Tambahkan kocokan telur di poin 1. Aduk sampai rata dan kalis.
5. Diamkan adonan 30 menit. Tutup dengan plastik atau serbet (saya kemarin menggunakan penutup wadah adonannya)
6. Bentuk bulatan lalu bolongi tengahnya. Simpan di wadah yang sudah dibalur tepung supaya ga lengket. Diamkan 30 menit.
7. Panaskan minyak, goreng hingga kuning kecoklatan.
8. Tambahkan topping.

Untuk topping saya mencairkan DCC dengan sistem steam sederhana. DCC diiris lalu masukkan ke wadah anti panas (saya masukkan ke wadah aluminium sih kemarin yang buat bikin pizza mini), masukkan ke dalam dandang (langseng kalau kata orang sunda mah). Ga pake tutup ya. Langseng saya kecil jadi ga terlalu repot.
Eh pencairan DCC awalnya di air panas di panci 😀
Setelah DCC jadi coklat cair, celupkan deh bagian atas donat hingga merata. FYI kalau didiamkan nanti coklatnya mengeras jadi kayak donat coklat di resto-resto donat 😛

Adonannya enak dan empuk. Anak-anak suka, suami juga.

Adonan ini bisa juga digunakan untuk jadi bakpau. Adonan yang sudah dibentuk tinggal dikukus. Setelah dikukus bisa langsung dimakan, bisa disimpan untuk besok dengan dimasukkan ke dalam freezer.

Untuk adonan yang akan disimpan, setelah dibentuk donat bisa langsung simpan di freezer ataupun dikukus dulu lalu simpan di freezer. Saat akan dimakan, keluarkan dari freezer dan goreng/kukus sesuai selera. Dengan begini, kita bisa menyiapkan donat goreng maupun donat kukus. Topping bebas aja ya.. tanpa topping juga enak. Cocol ke susu atau teh ^_^

Selamat mencoba..

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s