Evernote, untuk Kemudahan Sinkronisasi Catatan

Ketika pakai hp K-touch dulu, saya sudah dimanjakan dengan note bawaan yang cukup sederhana dan nyaman digunakan. Jika sudah begitu saya biasanya tidak mencari-cari yang lain lagi.

Nah, ketika tiba-tiba hp rusak karena entah kejatuhan apa sampai layarnya retak sebagian, akhirnya mau tidak mau saya harus mengganti dengan ponsel baru karena untuk memperbaiki layar LCD saja harganya hampir setara ponsel baru. Suami menyarankan saya membeli ponsel baru.

image

Ketika itu suami menganjurkan ponsel ASUS Zenfone 4s sesuai dengan budget yang saya ajukan pada suami. Fyuh, tabungan untuk beli laptop akhirnya harus dialihkan ke hp. Tapi tak apa. Toh kan bermanfaat juga.

Perbedaan terletak pada kemanjaan yang didapat sebelumnya. Jika saat membeli K-touch di Dukomsel ada jasa install aplikasi, maka untuk pembelian Zenfone tidak begitu. Murni hp kosongan. Serba install sendiri, beli dan pasang anti gores sendiri dan eksplorasi lagi.

Belajar dari kejadian hp rusak, maka saya mulai peduli dengan aplikasi cloud, backup dan synchronized. Ditambah harus install sendiri jadi belajar lebih banyak.

Karena tidak terlalu nyaman dengan aplikasi catatan bawaan ASUS, maka ketika itu saya mencoba mencari aplikasi serupa yang dirasa lebih nyaman. Dengan keyword “note” saja, muncul banyak pilihan. Ketika itu saya memiliki install 3 jenis note: color note (seperti note di k-touch dl), evernote dan sticky note.

Setelah mencoba menggunakan ketiganya, saya jatuh cinta pada Evernote. Ketika itu yang saya lihat adalah kelengkapan fiturnya yang bisa mengelompokkan catatan berdasarkan “kategori buku” dimana kategori itu kita sendiri yang membuatnya. Really customized. Sebelum menggunakan Evernote kita diambil mendaftarkan akun terlebih dahulu. Saat itu saya hanya mendaftar tanpa peduli untuk apa dan kenapa. Sampai akhirnya saya harus kehilangan zenfone 4s saya dan digantikan dengan zenfone 5 milik suami. Sama saja, saya harus urus ulang semua dari awal. Login facebook, Instagram, LINE, email dan lain-lain.

Sampai pada install kembali Evernote untuk membantu kemudahan saya menuliskan catatan. Setelah berhasil login dengan akun yang pernah didaftarkan, saya terkejut ternyata isi note yang pernah saya simpan ada disana sehingga saya tak perlu repot mencatat ulang. MaSyaAllah. Alhamdulillah sebuah kemudahan bagi owner olshop seperti saya.

Sebagai aplikasi catatan, saya suka dengan hampir semua fiturnya. Interface yang atraktif, kemudahan akses widgey, kemudahan operasi, pengelompokan catatan (sehingga bisa membuat “buku data ols” dan “buku data pribadi” tanpa harus kebingungan mencari dan mengaksesnya kembali karena sudah dikelompokkan sesuai kategori buku. Bahkan ada fitur pengingat juga. Untuk lengkapnya silahkan download saja Evernote. InSyaAllah bermanfaat 🙂

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Berikan Komentar

