Aplikasi Pendukung Online Shop

Bagi pemilik online shop, ponsel yang dapat mendukung kegiatan jual beli tentu menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Meski tidak semua owner harus memilih ponsel pintar, tapi setidaknya sebagian besar olshop sepakat bahwa smartphone begitu membantu memudahkan tugas kita apalagi bagi saya yang juga harus menjaga 2 balita.

Dengan kehadiran ponsel pintar bersistem operasi Android, kemudahan berniaga semakin terasa. Setelah sebelumnya saya pun sempat dan masih menikmati ponsel Blackberry yang selama 3 tahun sudah menemani saya dalam berjualan di dunia maya hingga bisa sampai di titik sekarang ini.

Nah, adapun kali ini saya akan menuliskan aplikasi android yang saya gunakan dan sangat saya rasakan manfaatnya. Mungkin bisa berbeda bagi setiap orang karena kebutuhan dan tingkat kenyamanan yang memang tidak sama. Berhubung semenjak laptop rusak maka semua kegiatan online saya beralih ke Blackberry dan kemudian beralih ke Android, maka berusaha ikhtiar memaksimalkan fungsi keduanya.

image

Dari screenshot yang saya buat, sudah dapat dilihat ya, kurang lebih itulah aplikasi utama yang sering saya gunakan. Aslinya susunan layar utama ponsel saya tidak begitu. Tapi saya susun ulang agar tersimpan dalam 1 halaman sehingga cukup 1 screenshot saja dan memudahkan penjelasannya.

Saya tuliskan mulai dari kiri atas dan berurutan hingga ke bawah ya.

1. Evernote
Aplikasi catatan yang bisa disinkronisasi bahkan dapat anda akses melalui PC. Ulasan tentang Evernote sudah saya tulis disini. Berguna untuk menyimpan catatan keterangan barang sehingga memudahkan saat menjawab detil maupun stok barang.

2. WordPress
Aplikasi blogging keluaran WordPress untuk memudahkan update blog. Tulisan ini pun saya buat melalui aplikasi ini karena kegiatan online saya didominasi via ponsel. Di ponsel Blackberry saya pun aplikasi serupa diinstall sehingga saya tetap bisa update blog entah via Android atau Blackberry. Love it!
Ada juga aplikasi blogger tapi tidak saya install karena saya sudah lama tidak blogging melalui Blogspot. Entahlah, saya lebih nyaman dengan ini.

3. WPS Office
Aplikasi pembaca dan pembuat dokumen Office yang di PC kita mengenal dengan sebutan “Microsoft Office”. Dengan aplikasi ini semakin memudahkan kita mengakses berbagai dokumen Office termasuk PDF. Bagi saya inilah aplikasi office yang paling nyaman dan gratis. Hehe.
Aplikasi lain yang pernah dicoba rasanya tidak semudah dan selengkap fitur WPS. Sssttt.. WPS sendiri singkatan dari Word, Powerpoint, Spreadsheet 😀

4. Fanspage Manager
Aplikasi ini membantu kita mengelola halaman. Dengan Fanspage Manager, semakin mudah mengelola Fanspage dari Facebook yang kita punya. Bisa digunakan mengelola semua Fanspage yang kita miliki/kelola. Seperti misalnya, saya memiliki 2 Fanspage dan turut mengelola 2 fanspage milik orang lain (saya dijadikan admin page). Semuanya otomatis tersedia di daftar. Untuk menggunakan aplikasi ini anda cukup login dengan akun facebook yang digunakan untuk mengelola page-page tersebut (risih sebenernya bilang page-page karena tidak sesuai kaidah bahasa, tapi supaya lebih mudah dimengerti).

5. Facebook
Aplikasi jejaring sosial ini hampir semua orang punya. Dan saya yang masih berjualan via Facebook tentu membutuhkan ini untuk mengakses dengan lebih mudah. Fitur aplikasi bisa dikatakan cukup lengkap dan mendekati facebook versi PC.

6. Messenger
Aplikasi ini sebenarnya masih bundling dengan facebook. Memang jadi lebih mudah mengakses pesan masuk facebook dan mudah pula mengirimkan pesan dan lampiran melalui messenger. Ditambah emoticon dan beberapa fitur lainnya.

7. LINE
Bagi yang sudah merambah ke instagram, biasanya LINE menjadi paket tak terpisahkan karena beberapa pengguna instagram menggunakan LINE sebagai jalur komunikasi.
LINE juga memiliki fitur yang bisa dibilang lengkap untuk kita memanfaatkannya sebagai ajang kumpul grup. Fitur chat personalnya sih mungkin standar ya, hanya saja ditambah kemudahan berbagi file dan seru-seruan dengan stiker.
Fitur grupnya belum tergantikan oleh yg lain. Ada notes, album dan chatroom.
Yang pasti LINE group juga jadi ajang SFS untuk nambah follower IG 😀

8. WhatsApp
Aplikasi chat cross-platform. Dapat menjadi ruang berkumpul dan berkomunikasi bagi pengguna dengan berbagai platform: Nokia, Blackberry, Android dan iPhone sekalipun. Inilah yang membuat WhatsApp menjadi aplikasi yang penting dimiliki karena ia dapat menjadi jalur komunikasi mudah dan murah karena menggunakan data internet.

9. BBM
Aplikasi chat yg semula hanya ada di Blackberry sekarang tersedia di android.

10. Aplikasi Mobile Banking: BCA, BSM, Mandiri (dan sebenarnya ada aplikasi SMS Banking BNI juga tapi jarang saya gunakan karena lebih nyaman menggunakan menu provider via *141*2#)

11. Aplikasi Photo Editor Sederhana
Saya menginstall Photo Grid, No Crop dan Instamag. Ketiganya aplikasi yang nyaman bagi saya dibandingkan aplikasi photo editor lainnya yang pernah dicoba. Saya menilik dari kemudahan, fleksibilitas, ukuran dan hasil. Setiap aplikasi ada plus minus. Tapi bagi saya ketiga aplikasi itu saling melengkapi. Dan untuk photo editor no crop, pilih yang keluaran RC Platform ya.
*update: tambahan aplikasi yg direkomendasikan: PicsArt, keunggulannya ada pada kelengkapan fitur termasuk font, teks dan teks yg dapat “dibentuk” sesuai pola, dapat digunakan juga untuk menambahkan watermark berupa logo (untuk bekgron transparan, disarankan menggunakan logo dengan format .png).
FontStudio untuk menulis teks pada gambar. Foto akan secara otomatis diminta untuk di-crop berbentuk kotak 1:1.

12. Aplikasi Ekspedisi: JNE dan POS. Ada aplikasi Pandu Logistik juga tapi tidak saya install karena saya tidak menggunakan jasa pengiriman melalui ekspedisi tersebut.
Oiya, sedikit tambahan. Untuk aplikasi ekspedisi, cari yang developer-nya pihak resmi IT Developer dari pihak ekspedisi karena cenderung lebih stabil dan akurat. Dan bagi pengguna android dengan sistem operasi Kitkat, aplikasi POS error tidak dapat digunakan. Sudah dicoba di ASUS Zenfone 4s dan Zenfone 5. Sudah kirim email ke pihak developer dan sudah dijawab masukannya, hanya saja mungkin update-nya belum bisa tersedia.

13. Instagram
Penting karena jualan saya mulai merambah ke instagram sejak awal tahun lalu. Alhamdulillah tempat baru, dapat tambahan kenalan dan customer juga. Kuncinya memang foto harus bagus karena instagram sendiri sebenarnya adalah jejaring sosial berbasis foto.

14. Email
Aplikasi gmail ini sekarang dapat “menarik” email dari provider lain seperti yahoo atau email dengan domain sendiri. Dengan begitu cukup 1 aplikasi ini saja kita bisa melakukan pengecekan dan pengiriman email banyak akun baik itu gmail, yahoo, hotmail, dll. Seru!

15. Browser
Saya menggunakan 3 browser: browser bawaan, Firefox dan Chrome (di ASUS, Chrome termasuk browser bawaan juga). Tapi saya lebih sering menggunakan browser bawaan dan Firefox. Satu untuk akses facebook akun jualan, satu lagi untuk akun pribadi. Ditambah mengelola 3 akun tokopedia sehingga dapat digunakan untuk mengelola kedua akun tersebut tanpa harus login-logout.

16. Aplikasi Toko Online/Jasa Iklan
Saya lebih sering menggunakan aplikasi Tokopedia karena memang mengelola toko disana yang hasilnya alhamdulillah luar biasa. 1 aplikasi hanya bisa login 1 akun ya.
Sementara aplikasi jasa iklan lainnya macam olx, berniaga dll, jarang saya gunakan dengan berbagai alasan.

*update
17. Repost
Aplikasi repost untuk instagram dari Red Cactus yang dilengkapi fitur “caption-nya ikut terbawa” jadi ga usah nulis ulang. Bener-bener repost, pic dan caption, dengan tambahan tulisan -@repost @namaig

18. Follower+ dari Tappple (beberapa menggunakan InstaFollow, beda developer)
Bagi saya, data yg disediakan Followers+ lebih lengkap dibanding InstaFollow krn ada data kenaikan follower, like foto, total likes, upload foto mingguan pun dihitung (naik atau turun) berupa data angka dan simbol panah up-down. Lainnya, sama seperti InstaFollow: followers gained, followers lost, follower yg ga kita follow, akun yg kita follow tapi ga follow kita balik dan blokiran.
image

Demikian catatan saya mengenai aplikasi yang saya rekomendasikan secara pribadi berdasar pengalaman sendiri. Semoga membantu ^_^

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Berikan Komentar

