Udang Renyah

Ahaha.. cuma ganti judul doang ya sebenernya. Intinya sih sama aja bikin crispy crispy an. Maklum masih belajar masak.

Setelah eksekusi pisang kapan hari, trus lanjut coba ayam goreng kriuk, sekarang nyoba udang renyah ala kriuk (Biar judulnya bisa dibedain dikit :D)

image

Resepnya sama aja sih. Tapi dari masak udang ini saya nambah tau.
-kunci rasa tetep di bumbu pertama yang dibalurkan ke udang/ayam
-tepung biasa juga bisa tetep enak
-ga harus terendam banyak minyak yang penting pas mau goreng, minyak dah bener-bener panas.

Kok saya menyimpulkan begitu?

Karena:
-pas pertama nyoba pisang emang kerendam, pisang udah saya rendam dengan air gula, ada juga yang nggak direndam. Tapi sayangnya sy ga sempat nyoba semuanya
-pas pertama nyoba ayam krispi, krn ga pede jd saya beli tepung bumbu yang sudah jadi. Padahal bumbu tepung mah cukup garem ama merica bubuk juga mantep.
-tiap kali masak ayam krispi, selalu diusahakan terendam minyak alhasil jd boros banget. Dan waktu itu ga terlalu merhatiin perbedaan saat menggoreng dengan minyak yang panasnya pol sama yg nggak
-sore setelah eksekusi udang, sy eksekusi ayam krn si sulung request. Minyak dikit banget tp panas oke, ttp ngembang kok. Padahal tepung cuma dikit banget krn sisa tepung pagi belum beli lg 😀

Nah pas eksekusi udang kriuk kemarin pagi, pertama masak lupa udang ga dikasih apa-apa. Langsung aja cemplungin tepung cair lanjut tepung kering. Beda banget gurihnya. Tambah lg ada yg kriuknya oke, ada yg biasa aja padahal semua terendam minyak, ternyata yg pertama kurang panas, yang kedua ga terlalu panas krn sy tambahkan minyak, yang menjelang akhir sudah panas bgt hasilnya oke.

Eh sy tulis berurutan aja ya. Kemarin pas lg kere alias ga pegang uang cash jd pake bahan seadanya.

Bahan:
-Udang yang sudah dibersihkan dan dibuang kepalanya
-Tepung terigu
-Gula
-Merica bubuk
-Air
-Minyak
-Saori yg Saos Tiram

Persiapan:
-baluri udang dengan Saori secukupnya (jangan terlalu banyak nanti keasinan), diamkan
-buat adonan tepung basah: tepung tambahkan garam merica sedikit lalu tambahkan air. Buat sedikit aja karena yang penting cukup untuk balutan pertama udang. Kalau mau lebih tebal lapisan kriuknya, boleh bikin agak banyak tepung basahnya.
Tepung basah ini sebenarnya ga pake bumbu (gula merica) juga gapapa krn biasanya nanti kebawa bumbu udangnya ke tepung jd ttp berasa.
-siapkan tepung kering di wadah yang berbeda, tambahkan garam merica sedikit. Sedikit-sedikit aja karena tepung basah dan ayam juga udah ada bumbunya kan.
-Panaskan minyak di wajan

Eksekusi:
-Masukkan udang ke tepung basah, balur merata
-Masukkan udang ke tepung kering, tekan-tekan hingga udang terbalut semua.
-Masukkan lagi udang ke tepung basah (atau bisa juga ke air biasa) pastikan adonan/air menutupi udang secara merata (sy kemarin dibantu sendok untuk balurinnya)
-Masukkan lagi ke tepung kering TANPA ditekan-tekan sampe merata dan kelihatan bergelambir.
-Tepuk-tepukkan udang ke pinggiran wadah dengan lembut supaya tepung yang kurang melekat bisa terlepas sehingga mengurangi endapan tepung di minyak saat menggoreng nanti
-Jika minyak sudah panas, kecilkan api
-Goreng udang dengan api sedang atau kecil
-Angkat udang jika sudah kecoklatan, tiriskan.

Untuk udang bisa dibolak-balik atau nggak krn terendam sempurna. Tp sy sih ttp bolak-balikin udangnya untuk memastikan udang matang di kedua sisi.
Memasukkan udang yang sudah dibalur tepung basah, lalu ke tepung kering TANPA ditekan-tekan juga bisa kok langsung digoreng dan hasilnya tetep cantik. Cuma kalo udah 2x tempel tepung seperti cara pertama, kriuknya lebih banyak 😀

Kenapa harus api sedang atau kecil? Biar matang merata sampe ke dalam, jd ga ada istilah tutung atahan alias di luar udah hampir gosong, eh dalemnya ada yang masih mentah. Kalau untuk goreng ayam musti api kecil biar dagingnya matang karena ayam kan lebih tebel dagingnya 😀

Sore saat eksekusi ayam krispi, sy coba pake saori saos teriyaki. Rupanya sy baru ngeh rasanya beda. Hehe. Teriyaki lebih manis. Alhasil anak-anak sampe nambah 3x karena mungkin rasanya ga biasa dibandingkan ayam krispi di luaran sana.

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-
via WordPress for Android

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s