Makan Cukup

Entah saya bener atau nggak, tapi sedari anak pertama saya selalu bilang “makan yang cukup ya. Kalau dah cukup, bilang ke ummi”, biasanya sy dengar orang bilang “makan yang kenyang”.

Bagi saya anak cukup makan, ga harus kenyang. Lagipula sering saya dengar bahwa ada hadits yang bilang Rasulullah itu berhenti makan sebelum kenyang, maka saya mencoba menanamkan itu pada anak. Soalnya jujur ya, udah segede gini ngerem makan sebelum kenyang itu sulit apalagi untuk bumil or busui kayak saya (hyaaa alesan. Hihihi). Kalau ga kenyang tuh ya rasanya ada yang kurang 😀

Jadi saya kudu sabar nih kalo pas anak berhenti makan, makanannya belum habis. Sambil terus nasihatin “jangan sisakan makanan, mubadzir” (jyaa gayanya, padahal mah ngomel juga. Hehehe).

Saya kemudian belajar menakar kebutuhan makan anak jadi jarang banget makanan bersisa. Memastikan anak memang dalam keadaan lapar. Ga ada susu atau teh manis sebelum makan, ga ada jajan atau nyusu saat menjelang jam makan. Biar maksimal makannya 😀

2 anak pendekatannya berbeda. Si sulung Danisy cenderung jarang ngemil sementara Azam harus ngunyah hampir sepanjang hari. Azam ini meski udah makan kalau masuk waktu ngemil (alias di luar jam makan) mesti nyari cemilan. Kok tau? Tau karena dia bakal minta nyusu dan selesainya lama atau nyusu berulang kali kayak kelaparan, itu pertanda dia laper karena pengen ngemil.

Jadi makan cukup buat Danisy dan Azam itu beda 😀
Danisy mah cukup sesuai jam makan dan porsinya, kalau Azam cenderung ditambah ngemil.

Ya.. yang penting asupan makanan oke ya anak2. Semoga tumbuh menjadi muslim yang sehat dan kuat. Aamiin.

Berikan Komentar

