Mainan Tradisional Merangsang Kecerdasan Anak

Pagi ini, saat membaca buku 105 Permainan untuk Meningkatkan Kecerdasan dan Kreativitas Buah Hati terbitan TransMedia dan ditulis oleh Christine Lerin, saya tiba di bagian permainan “Kitik-kitik”, permainan untuk anak usia 1-2 thn. Di poin ketiga tentang cara bermain, disebutkan “supaya lebih seru lakukan permainan ini dengan berpura-pura menjadi binatang yang merayap”. Nilai lebih yang dapat diperoleh dari permainan ini adalah merangsang kepekaan motorik halus anak dan mengetahui proses merayap.

Membaca poin ini saya kemudian teringat permainan tradisional yg sering saya dan anak-anak mainkan. Saya gatau nama permainannya apa tapi lagunya (yg saya hafal) begini: “rauk rauk si julang kamana lumpatna, ka dieu”. Cara bermainnya sendiri cm mengangkat tangan di atas badan anak (anaknya sendiri biasanya sambil rebahan) sambil menggerakkan jari jemari lalu ketika sampe di “si julang kamana lumpatna” biasanya diam sebentar untuk pura-pura mencari bagian tubuh anak mana yang akan dikitik-kitik sehingga jadi kejutan. Azam dan Danisy seneng banget sama permainan ini.

Rupanya permainan tradisional yang beredar selama ini memiliki manfaat yang di keilmuan modern itu oke untuk merangsang motorik anak ^_^

Aisha Azkiya
-Tulisan mencatatkan kenangan-

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s