Mulai Serius Ajari Shalat

Usia Danisy sekarang 3,5 tahun. Kosakatanya makin banyak dan makin jelas. Bagi saya ini babak baru. Ya, babak baru dimana sy mulai serius mengajarkan Danisy shalat.

Sedari kecil Danisy baru ada pada tahap meniru gerakan shalat sampai akhirnya gerakan shalatnya halus seperti halnya orang dewasa terutama di bagian ruku’ dan sujud. Sementara di bagian duduk antara dua sujud, tahiyat awal dan akhir, baru mulai diajarkan sekarang.

Belakangan Danisy agak sulit diajak shalat ataupun diajak belajar shalat. Disini memang ada saya dan lingkungan yang berperan. Macam-macam penyebabnya. Yang pasti disini kami lalai. Astaghfirullah. Mumpung belum keburu kebiasaan mending dialihkan ke kebiasaan shalat.

Awal mengajak Danisy kembali shalat jadi awal yang cukup berat. Tapi kemudian mulai mudah asal mood Danisy lagi oke. Baiklah. Ga selamanya harus nunggu mood deh kayaknya.

Ide muncul ketika sy packing barang dagangan, Danisy lihat VCD Dinosaurus. Dengan sigap dia mengeluarkan VCD itu dari dus kemudian memeluknya “Aa mau ini ya Mi”. Sy waktu itu ga ngizinin. “Itu barang dagangan ummi. Aa kan udah banyak VCDnya. Simpen lagi ya. Mau ummi beresin” dan VCD itupun diletakkannya kembali ke dalam dus.

Tiba saat shalat dia agak males-malesan nih. Mau selesaikan makan dulu, katanya waktu itu. Oke deh selesaikan dulu. Tapi agak lama. Matikan tivi (karena lagi di rumah mamah, ada tivi). Merengek dia. “Tadi ummi kan udah bilang, maghrib tivi mati kecuali aa shalat dl”. Masih merengek, Allah ingatkan sy sama VCD itu. Saya mengajaknya ke kamar.
“A, sini deh ummi mau kasih tau” dia ikut ke kamar karena penasaran.
“Nih ya, setiap kali Aa shalat nanti sama ummi kasih bintang. Kalau bintangnya udah sampe bawah, Aa dapet VCD Dino. Mau?” Wajahnya mulai sumringah.
“Aa mau mi”
“Ummi kasih tulisan nama Aa ya di atas sini. Ini bintang awal, ini bintang akhir. Nah setiap Aa shalat sama ummi dikasih bintang sebelah kanan. Gimana?”
“Iya Aa mau”
Akhirnya diapun beranjak ke air, wudhu. Kemudian shalat. Sempat protes sajadahnya kekecilan tapi berhasil dibujuk 😀

Alfatihah sudah hafal tinggal dibetulkan sedikit-sedikit. Surah pendek ada yang sudah hafal sekalian muraja’ah kali ya. Hehe. Nah bacaan shalat baru diseriusi karena kalau biasanya diajak shalat bareng, sekarang ngga. Alhamdulillaah dapet bantuan dari buku juga. Karena saya ini lagi belajar shalat juga. Memperbaiki bacaan apakah sudah sesuai tuntunan atau belum.

Pertama kali memutuskan beli buku ini sebenernya mikir ini buku cerita supaya anak mau shalat. Dan gambar yang tanpa muka itu membuat sy berpikir, kemungkinan dibuat oleh mereka yang paham lebih baik. Biasanya begitu. Nah, pas buku ini sampe, Danisy memang excited sm bukunya. Minta dibacakan isi buku. Pas dibuka, ternyata bukan buku cerita tapi buku panduan shalat untuk anak. Jadi sempet nganggur ini bukunya selama beberapa saat.
Tapi serunya, setiap bacaan dan isi yang terkait shalat selalu disertakan dalilnya. Alhamdulillaah jadi bisa ngajarin Danisy bacaan shalat yang jelas tuntunannya. Sekaligus untuk saya memperbaiki bacaan shalat. Alhamdulillaah.

Bagian isi ada gambar tata cara shalat juga jadi anak selain ikuti instruksi kita juga bisa lihat sendiri dari buku. Kita orang tuanya yang ragu juga bisa sekalian belajar bareng karena setiap gerakan shalat juga disertai dalil penguatnya. MaSyaAllah..

Alhamdulillaah sedikit demi sedikit Danisy mulai terbiasa dengan bacaan shalat. Jadi setiap shalat bintangnya ditambah. Kok ga konsisten? Sebenernya karena idenya mendadak jadi pake buku yang ada buat merealisasikannya. Kalau beneran kudu penuh bintangnya bakalan lama, nanti keburu bosen anaknya.
Kebayang kan? Sy manfaatkan pahala. Hehe. Jadi pas ngisi bintang kemarin sore, Danisy dapet lebih dari 1 bintang dan alasannya ditulis. Allah seneng sama orang yang shalat makanya dikasih pahala jd shalat ashar dapet 2 bintang. Nah, Allah juga seneng sm anak yang langsung shalat pas disuruh makanya Allah kasih pahala, ummi gambarkan sebagai 1 bintang, Allah juga seneng sm anak yang bacaan shalatnya benar, Aa kan udah mulai hafal bacaan shalat makanya Allah kasih pahala, ummi gambarkan 1 bintang dan karena dede ikut shalat niru aa, Aa jd dapet pahala menjadi teladan makanya dapet tambahan pahala dr Allah sehingga ummi tambahkan 1 bintang. Abis itu nanti dia hitung sendiri bintangnya “Aa dapet 5 bintang mi”
“Iya alhamdulillaah. Makin aa rajin shalat, makin bagus bacaannya dan makin aa jd teladan buat Dede, Aa akan dapet banyak pahala alias dapet banyak bintang. Bisa cepet-cepet dapet VCD Dino deh”. Danisy mengangguk dengan semangat. Semoga semangatnya selalu terjaga ya, nak. Dan kelak hanya berburu pahala dari Allah saja, yang dijanjikan keridhaan Allah. Aamiin

Rabbij’alnii muqimashshalaati wa min dzurriyyatii.. ya Allah jadikan aku dan keturunanku termasuk golongan yang mendirikan shalat. Aamiin.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s