Apa Sih Arti Visitor dan View di WordPress?

Saya termasuk yang rada bingung bedain antara visitor sm view. Soalnya pas cek stats WP, dua item itu muncul kadang beda jauh angkanya. Akhirnya googling dan nemu deh tuh di forum WP. Tapi jawaban aslinya sih ada di Support WP.

View -berdasar artikel di support WP- adalah angka yang dihitung setiap kali seseorang membuka (load) blog WP kita maupun me-reload-nya. Sementara visitor dihitung dari pengunjung yang mampir di blog pertama kali dalam periode tertentu, sehingga angkanya unik.
image

Kebayang ga bedanya? Jadi gini, misal A berkunjung ke blog sy ini pertama kalinya, maka stats akan menunjukkan 1 visitor. Jika A mampir lagi ke blog sy saat masih dalam periode yang ditetapkan itu, maka tetap dihitung 1. Nah, jika kemudian A buka beberapa tulisan atau page, misal total 3 artikel dan 2 page, maka akan tercatat 5 views. Kunjungan berikutnya baca 3 tulisan lagi atau karena sinyal jelek jadi di-reload 2x, maka akan tercatat 5. Jadi total yang tercatat itu 10.

Kebayang ya? Saya juga mencoba memahami itu. Makanya jadi ga heran kalau jumlah visitor sama view biasanya gedean view 😀

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s