Berkaca

Hidup terkadang nampak terlalu keras untuk dijalani. Tapi dari merekalah kita belajar bahwa berjuang keras untuk tetap bertahan hidup itu adalah sebuah perjalanan yang harus dilalui setiap orang dengan tetap berpegang bahwa hidup kita sudah Allah tentukan.

Makna tawakkal, syukur dan sabar begitu kuat terasa dari mereka yang sekilas nampak tak lebih baik kehidupannya di mata kita (terutama secara ekonomi). Bagaimana mereka belajar menyerahkan hidup hanya pada Allah. Bagaimana mereka tetap belajar sabar menjalani kehidupannya. Dan bagaimana mereka belajar tetap bersyukur seberapapun yang mereka dapat dan mereka miliki saat ini.

Melihat sekilas kehidupan mereka yang nampak begitu sulit meski hanya untuk mengumpulkan beberapa lembar uang ribuan. Sekadar bisa makan seadanya saja sudah cukup nampaknya.

Bagi kami, kehidupan memang terasa tak mudah. Tapi bagi kami sepertinya lebih mudah mengumpulkan lembaran uang itu meski tak langsung kami terima karena perputaran uang seringkali hanya terlihat dari mutasi rekening.

Hei. Bagaimanapun kehidupan kami masih jauh lebih baik dan lebih mudah. Keluhan yang keluar hanya sekadar keluhan seputar ga bisa makan enak, bukan ga bisa makan karena tak ada bahan makanan.

Kehidupan ini nampak lebih sulit bagi mereka. Tapi lihatlah betapa mudah mereka berbagi bahkan pada kita yang nampak lebih berada dari mereka. Lihatlah senyum dan keramahan mereka seperti tengah tetap berbahagia di sela kesulitan yang mendera.

Maka wajar jika kita merasa malu. Sudah berbuat apa kita terhadap orang-orang seperti mereka? Bahkan lihat saja keluarga besar kita, masih banyak diantara mereka yang kehidupannya pun tak mudah. Bahkan orang tua kita pun masih harus tetap berjuang memenuhi kehidupan mereka sendiri karena keterbatasan bantuan kita pada mereka. Maka lihatlah wajah-wajah itu. Tataolah lekat. Bersyukurlah kehidupan kita jauh lebih baik. Perkeraslah usahamu untuk memperbaiki kehidupanmu di dunia dan memperbanyak bekal untuk kehidupan kita kelak di akhirat.

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s