Kangen Suasana Malam

Malam ini, entah mengapa tiba-tiba saja merindukan suasana malam. Rindu dengan bau udaranya, rindu dengan dinginnya.. Rindu dengan semua suasananya.

Bukan, bukan karena selama ini tidak melewati malam. Hanya saja, baru tersadar, sudah lama tidak melewati suasana malam seperti itu.

Saya seringkali pulang malam. Belakangan ini juga begitu. Hanya saja suasana keseluruhannya hampir berbeda. Maka rasanya tak heran jika kemudian saya merindukan masa-masa itu. Bukan ingin kembali ke masa itu. Hanya ingin sesekali merasakan kembali rasa seperti itu..

Semenjak pindah kerja dari Dompet Dhuafa ke PT. Terakorp, ada perubahan yang cukup jauh tapi alhamdulillaah dapat dilewati dengan baik. Allah kemudian menakdirkan saya berpindah kerja ke CV. Rakreasi (mm.. Awal gabung sih ga langsung ke rakreasi). Tak lama setelah di Rakreasi, saya pun kemudian mulai mengambil aktifitas kuliah, kelas karyawan.

Sedari bekerja di Tera, saya secara tidak sengaja belajar menikmati suasana malam hari. Ya, karena seringkali sy harus pulang larut malam guna menyelesaikan pekerjaan. Dan tanpa disadari dari sanalah sy menyukai suasana malam hari.

Perjalanan dari kantor ke rumah ditempuh dengan menggunakan angkot. Dari kantor ke tempat memperoleh angkot, saya harus berjalan beberapa meter saja, ga jauh kok. Tapi saat melangkahkan kaki sendirian di sepinya malam hari karena melewati taman (kadang ga sepi-sepi banget sih) saya justru menikmati saat menyendiri. Seperti terbang bebas karena tidak memikirkan pekerjaan atau apapun. Hanya tentang saya dengan diri saya. Seringkali saya melangkah dengan begitu santai seperti tak peduli malam telah larut.
Pun saat berada di dalam angkot, meski harus 2x naik angkot (dago-kalapa dan soreang-leuwipanjang) dengan lama perjalanan 30-45 menit (di luar lamanya berjalan kaki), saya begitu menikmati suasananya. Bandung di malam hari biasanya tak seramai siang hari apalagi jalur angkot yang saya tumpangi seringnya sepi.

Menghirup suasana malam di kota Bandung seperti menghirup segarnya udara pagi hari. Dingin tapi segar. Sunyi dan membahagiakan.

Saat berpindah ke Rakreasi, tak lama saya mendapat rejeki motor. Alhamdulillaah. Setelah sekian lama nge-bis plus ngangkot (rumah-kantor-rumah pake bis dan angkot yang sama dengan tujuan berbeda: bis Cicaheum-Leuwipanjang turun di Cicadas lalu dilanjut ngangkot Antapani-Ciroyom turun pas di depan kantor. Pulangnya tinggal nyebrang naek angkot yang sama lalu turun di jalan Jakarta lanjut nge-bis sampe pasar Leuwipanjang. Dari situ jalan kaki sampe rumah -pantesan dl langsing ya. Hihi)

Pulang pergi menggunakan motor, suasana malam di kota Bandung terasa berbeda. Saya acapkali mengendarai motor secara pelan-pelan. Terkadang berbalik mencari pemandangan atau tempat saya bisa menikmati udara malam hari sebelum pulang ke rumah. Rileks dan menyenangkan sekali rasanya. Menikmati setiap kali menghirup udara dinginnya seraya begitu terkesima dengan hembusan angin yang menerpa wajah. Ah, saya sudah mengenal “me time” bahkan sebelum punya anak ternyata ya 😀

Menginjak masa kuliah sebagai mahasiswi kelas karyawan membuat saya kemudian lebih sering lagi berjumpa dengan sang malam. Kali ini, saya acapkali naik ke dago atas untuk sekadar menikmati udara malam ditemani kerlap-kerlip lampu di tempat yang nun jauh disana. Menikmati sepinya jalanan dago atas, mengendarai motor secara pelan dan kadang berbicara sendiri tentang apapun. Tentang cita-cita saya, tentang yang hari ini dilalui dan masih banyak lagi. Tak memikirkan hal lain entah itu urusan keluarga, pekerjaan ataupun perkuliahan. Malam selalu hadir memberikan ketenangan dan kebahagiaan.

Menengadahkan wajah ke langit tanpa takut dicemooh. Menikmati terpaan angin di muka dan seluruh tubuh. Menikmati malam dingin namun terasa hangat di hati.

Ah, malam.. Begitu menyejukkan..

Tulisan ini dibuat menggunakan WordPress for BlackBerry.

Salam Hangat,
Esa

Berikan Komentar

