Tabakoni

Tabakoni sebenarnya sebutan Danisy untuk omelet makaroni. Pelafalan kalimat yang belum jelas menjadi nama tersendiri untuk makanan favorit Danisy. Kok jadi tabakoni? Iya, karena kami menyebutnya martabak telor. Berhubung martabak telornya ditambahi makaroni, keju dan sayuran jadilah saya memperkenalkannya sebagai martabak makaroni sehingga mudah bagi Danisy menyebutnya.

Tabakoni ini makanan yang oke buat anak-anak. Bisa untuk camilan atau lauk nasi juga. Dan tentunya karena waktu yang singkat dan cara memasak yang sederhana.

Hanya cukup telur, makaroni yang sudah direbus tapi ga terlalu lembek (lupa istilahnya apa), sayuran yang juga sudah dicuci, dicincang dan direbus (atau bisa juga dikukus), keju, gula garam secukupnya. Bisa juga ditambahnak bawang putih cincang atau bawang bombay cincang. Ada 2 cara memasak: digoreng atau dikukus. Tapi seringnya sy pake cara goreng.

  • Pertama-tama sayuran dan makaroni direbus. Tiriskan
  • Masukkan telur ke dalam mangkuk lalu kocok. Tambahkan gula, garam merica sesuai selera
  • Panaskan minyak pada teflon/wajan
  • Masukkan makaroni dan sayuran. Masukkan pula parutan keju. Aduk rata.
  • Masukkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Tutup wajan. Gunakan api kecil agar omelet matang merata.
  • Setelah sisi bawah dirasa cukup matang, balikkan omelet agar sisi satunya lagi matang merata. Tutup kembali wajan.
  • Setelah matang kedua sisi, angkat omelet dan dinginkan. Saya biasa memotong-motong omelet setelah dingin. Cenderung lebih rapi.
  • Sajikan di atas piring. Untuk mempercantik bisa ditambah taburan keju

Jika anda suka, anda dapat menambahkan bawang putih/bawang bombay yang dicincang agar wangi. Bisa dimasukkan pada minyak panas sebelum adonan omelet digoreng atau bisa juga dengan ditumis lalu dicampurkan ke dalam adonan omelet baru kemudian dimasak.

Jika anda ingin menggunakan sistem kukus, maka langkah di atas diubah dari memasukkan omelet ke wajan menjadi membiarkan omelet di mangkuk tahan panas lalu mengukusnya di atas dandang. Tetap dengan api kecil agar matang hingga ke dalam. Omelet yang dikukus dapat digoreng juga jika memang suka. Penambahan bawang harus ke dalam adonan omelet sebelum dikukus.

Demikian resep sederhana omelet alias martabak telor makaroni sayur keju. Anak-anak suka sekali dengan resep sederhana ini ^_^

Selamat mencoba

Tulisan ini dibuat menggunakan WordPress for BlackBerry.

Salam Hangat,
Esa

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s