Tahajud Call, Gerakan Indonesia Bertahajud – Sebuah Kritisi

Gerakan Tahajud Call ini dipelopori Aa Gym sedari masa MQFM masih berupa radio AM. Gerakan ini sempat booming dan sudah tersebar luas di masyarakat hingga seluruh Indonesia. Sayangnya, meski sudah pernah berada dalam kepengurusan pusat selama beberapa periode, saya tidak melihat antusiasme yang sedemikian seperti pada gerakan ODOJ. Entah mungkin antusiasme ini didapat saat masih berupa pelopor atau hanya dirasakan kalangan tertentu.

Praktek Tahajud Call (TC) adalah melakukan misscall terhadap anggotanya dengan harapan ybs bangun untuk tahajud. Dilakukan setiao malam dengan tugas PJ menelepon anggotanya yang dibatasi 10 orang. TC ini semacam MLM ibadah, begitu.pp
Ada berbagai kendala dalam prakteknya namun tak menghentikan organisasi ini terus berkembang hingga anggotanya mencapai angka ribuan se-Indonesia.

Gerakan TC ini meluas di Bandung. Namun, dalam keorganisasiannya sedikit mendapat kendala. Ini hanyalah pengamatan orang luar. Dengan banyaknya kepala, TC sendiri gerakannya menjadi kian terbatas. Dan pada akhirnya TC tidak lagi berfokus pada tujuan awal membangunkan orang tahajud, tapi lebih sering berfokus pada aksi sosial seperti wakaf alquran, santunan yatim, dsb. Sebenarnya hal ini adalah kemajuan. Tapi tujuan awal TC sendiri harus diperkuat terutama dalam pencapaian misi Indonesia Bertahajud.
Salah saty hak yg juga penting diperhatikan adalah komunikasi intern para pengurusnya. Tidak saling melempar tanggung jawab. Bekerja sesuai dengan alur tanggung jawab yang semestinya. Ada keterbukaan informasi sehingga memudahkan dalam penyebaran informasi keluar. Dan tentu saja semakin mampu mengukur efektifitas gerakan ini.
Saran kritik ini berlaku utk semua jajaran kepengurusan baik pusat maupun wilayah. Jika bergerak sendiri sendiri, maka akan sulit untuk terus berinovasi dalam mencapai visi misi.

Ini juga adalah untuk kritik sy pribadi. Sangat tidak maksimal dalam menangani bidang elektronik dan IT dalam 2 periode kepengurusan sehingga tak lagi bersedia ikut dalam kepengurusan berikutnya. Semoga kepengurusan baru bisa lebih nemanfaatkan teknologi, bukan hanya bagian ITnya, tapi keseluruhan pengurusnya 🙂

Kontak kami:
Belanja Keluarga:
Twitter/LINE/Instagram @belanjakeluarga
SMS/WhatsApp: 0878-2192-495
Pin BB: 75B9C43A or 27FD6E4C

Aim Desain
SMS/WhatsApp: 0852-2079-5095

Dipostingkan melalui aplikasi WordPress untuk Android

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s