Yuk Manfaatkan Gadgetmu

Hari gini gadget dimiliki siapapun dari berbagai kalangan. Tak peduli tua muda, miskin kaya, laki perempuan. Gadget saat ini memang menjadi sebuah kebutuhan terutama untuk mobile. Para vendor dari berbagai merk pun berlomba memberikan produk terbaik mereka. Sayangnya Indonesia belum punya produk sendiri, masih jadi konsumen. Ya kalaupun ada, masyarakat kita cenderung ga pede dengan produk sendiri. Eits tapi bukan itu yang mau saya bahas. Hahaha..

Banyak orang punya gadget itu belum punya tujuan pasti. Jadi, gadget yang semestinya memiliki peranan penting kemajuan teknologi yang berimbas pada kemajuan diri kita pribadi baik sebagai individu ataupun bagian dari sosial masyarakat. Sudah selayaknya kita memanfaatkan fasilitas canggih yang kita miliki dengan sebaik-baiknya. Bukan sekadar gaya-gayaan atau ikut trwn. Sayang duit sayang gadget dan jatohnya jadi mubazir dalam pandangan sy pribadi ya.

Beberapa orang munkin menganggap “ah kamu sih bisa ngomong gitu karena kamu jualan kan?” Mm.. memang. Tapi bukan itu inti permasalahannya. Memanfaatkan gadget ga melulu tentang “berjualan” tapi lebih pada aktualusasi diri.

Maksudnya gimana sih? Kok belibet begini?

Hehe.. Sabar. Maksudnya begini. Gadget secanggih apapun, semisal ponsel canggih akan sangat disayangkan jika hanya digunakan untuk SMS dan telepon saja. Kalau hanya untuk dua fungsi itu, ga usah lah beli hape mahal ampe jutaan. Sayang duit. Duitnya bisa dipake amal.

Trus harus gimana dong?

Banyak cara memanfaatkan gadget dengan maksimal. Saya akan coba runut berdasarkan aplikasi ya..

1. Facebook
Ini familiar banget pastinya. Siapa sih jaman sekarang yang ga punya pesbuk. Hampir semua orang punya. Kalau jaman saya dl ada friendster, facebook mulanya untuk kalangan menengah ke atas dan rata-rata usia kakak kelas senior saya. Tapi sekarang facebook sudah lebih dikenal luas -apalagi semenjak friendster ga jelas bentuknya-.
Lalu bagaimana memanfaatkan fb sebaiknya? Fb bisa digunakan untuk bersosialisasi dan bahkan menjadi ajang kumpul dan dapet ilmu. Lho kok bisa? Ya bisa. Gabung di berbagai grup fb yang dirasa perlu untuk kehidupan anda. Bagi yang sudah menikah, tak ada salahnya gabung di grup sharing pernikahan, kehamilan, anak dan lain sebagainya. Tapi kita juga harus selektif gabung di sebuah grup supaya kita ga salah masuk dan ga salah masukin informasi.

2. Twitter
Menduduki peranan penting juga nih sekarang. Diri anda terlihat dari siapa yang anda follow dan tentu saja tweet apa yang anda post-kan. Sederhana kan? Manfaatkan twitter untuk mendapat asupan informasi yang baik dan menyebar informasi yang baik pula. Kebaikannya dobel: mencari ilmu dan menyebarkan ilmu.

3. Browser
Sepertinya yang satu ini sudah otomatis ada di setiap gadget. Jika nyaman dengan browser lain, install saja. Browser membantu anda memperoleh informasi sedemikian banyak. Rata-rata semua web sudah memiliku versi mobile sehingga nyaman dikunjungi. Kalaupun belum support mobile, tampilan biasanya dapat tetap kita nikmati dengan fitur zoom.

4. Blogging
Install lah aplikasi blogging yang support macam WordPress ini di gadget anda. Tulislah hal yang baik. Anda juga dapat memperoleh informasi beragam via blog yang ditulis orang lain.
Jika blog yang anda gunakan tidak memiliki aplikasi khusus, ya manfaatkanlah browser seperti tertulis di poin 3.

Aplikasi lainnya yang mungkin dapat anda pertimbangkan diantaranya: editor foto atay gambar, instagram untuk berbagi ilmu dan informasi via gambar, fanspage manager bagi yang mengelola sebuah halaman di fb, aplikasi messenger macam messenger fb, yahoo messenger, gtalk, skype dll jika dirasa perlu. WhatsApp juga termasuk aplikasi pentig untuk komunikasi penting saat ini. Aplikasi chat lain macam Line, Kakao talk, WeChat boleh lah diinstall jika dirasa perlu.

Ingat untuk menjaga gaget anda. Jangan terlalu membebaninya dengan aplikasi yang tak terlalu penting. Susun prioritas aplikasi yang akan diinstall sesuai kebutuhan. Hal ini akan semakin mudah jika kita sudah memiliki tujuan di awal membeli gadget. Misal jika tujuan awal untuk berbagai sarana informasi, banyak sekali aplikasi keilmuan macam BabyCentre, ayahbunda, menu, catatan tumbuh kembang anak dan lain sebagainya. Jika tujuan awal untuk niaga, install lah aplikasi pendukung macam tokobagus, berniaga dll. Jika tujuannya bisnia, install lah berbagai aplikasi pendukung macam push email, aplikasi komunikasi, aplikasi tools pendukung macam Office dan toola profesional lain yang sesuai dengan pekerjaan anda.

Menentukan fungsi gadget kita akan berbanding dengan tujuan awal kita. Dengan demikian, gadget pun dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam mencapai tujuannya.

Semoga bermanfaat 🙂

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s