Semua Ada Resikonya

Dalam hidup ini, semua ada resiko. Atau bahasa halusnya selalu ada sebab akibat. Ga akan ada api kalo ga ada sumber api (entah itu korek api, pemantik pada kompor gas, dan sebagainya).

Kalau ada yang bilang “ga perlu ambil resiko” rasanya kurang tepat ya. Diam saja ada resikonya. Diam saja bisa menjadi penyebab sesuatu yang positif ataupun negatif. Tidak ada yang tidak mengandung resiko. Kalau ada yang menawarkan “tanpa resiko” sudah pasti dia itu sedang berbohong. Maaf ya kalau saya terkesan kasar, tapi memang seperti itulah kenyataannya.

Ketika kita berniaga misalnya, semua jenis perniagaan ataupun bisnis dan usaha tentu mengandung resiko. Kalau ada bisnis tanpa resiko, sudah pasti itu penipuan => yang mana ini pun adalah resiko yang nantinya harus ditanggung yakni penipuan, ya kan?

Siapa bilang jadi dropshiper (DS-er) itu tanpa resiko? Memang terbebas dari resiko “barang ga laku” tapi sesungguhnya dia juga mengambil resiko yakni menjadi perantara => perantara berarti anda harus jadi penghubung antara konsumen dan supplier. Saat konsumen anda bertanya, anda harus menanyakan kepada supplier terlebih tentang stok dan mungkin detil barang juga bea ongkir dan ekspedisi yang digunakan supplier atau yang cocok dengan konsumen juga. Jadi DS-er cukup rumit bagi saya. Saya pernah jadi DS-er dulu saat saya memulai usaha di dunia online shop. Saat menerima pertanyaan ataupun pesanan dari pembeli maka jika saya belum paham barangnya, sy harus menanyakan kepada supplier atau mencek keterangan di web/fb supplier lalu memastikan ongkos kirim, memastikan ukuran, memastikan harga, memastikan kondisi, dan tentu saja menanyakan ketersediaan barang kepada supplier. DS-er harus memastikan customer puas dan supplier ga kesal. DS-er juga bukan tanpa modal. DS-er butuh modal juga kok: modal waktu, modal internet untuk cek katalog online, modal pulsa kalau sms-an dengan cust dan supplier atau BBM-an bahkan WAan. Tetap butuh modal kan?

Siapa bilang terjun di dunia MLM itu tanpa resiko? Terjun di dunia MLM tetap beresiko. Beresiko saat kita tidak bisa mencapai targetan dari perusahaan MLM tempat kita bergabung. Beresiko ditolak orang, dicibir orang dan lain sebagainya. Masih ada resiko kan?

Ketaatan dan kemaksiatan kita pun berpotensi mengundang resiko. Saat kita taat kita beresiko diuji dengan ujian yang membuat kita (sebenarnya) semakin kuat. Saat kita maksiat, kita beresiko merasakan ketidaknyamanan dalam hidup. Jadi tetap ada resiko kan?

Setiap pilihan dalam kehidupan kita mengandung resiko. Memilih bekerja atau tidak bekerja keduanya mengandung resiko. Memilih berkarir maupun menjadi ibu rumah tangga saja juga mengandung resiko. Mendidik anak juga mengandung resiko. Saat kita tidak memiliki anak pun ada resiko.

Setiap bagian kehidupan kita, ada resikonya. Tinggal bagaimana kita menyikapi pilihan kehidupan kita agar resiko negatifnya bisa minimal dan memaksimalkan resiko positif. Bagaimana dari perjalanan kehidupan yang telah kita lewati, kita belajar menimbang resiko atas keputusan kita.

Satu yang harus selalu kita ingat, SEMUA ADA RESIKONYA. Maka pilihlah resiko yang bermanfaat. Maka timbanglah setiap keputusan agar resiko negatif yang kita tanggung tidak lantas menjerumuskan kita pada kehancuran dan semaksimal mungkin tidak menimbulkan resiko negatif yang besar bagi orang di sekitar kita.

Belajarlah dewasa dalam menanggung resiko. Karena semua ada resikonya maka belajarlah menganalisa resiko keputusan kita. Bila perlu timbanglah berulang kali agar tidak menyesal di kemudian hari.

Doa, ikhtiar, tawakkal adalah 3 kunci penting dalam kehidupan. Ikhtiar kita menimbang resiko disertai dengan doa menjadi sempurna dengan pasrahnya kita akan ketentuan Allah. Mungkin secara nalar resiko yang kita ambil kecil tapi jika menurut Allah harus resiko besar yang kita tanggung, maka di situlah sempurnanya ikhtiar dan doa yakni dengan sikap tawakkal ‘alallah.

Wallahu a’lam

One thought on “Semua Ada Resikonya

  1. Good Artikel 🙂 … setuju… semuanya ada resikonya, baik besar maupun kecil, dari semua perbuatan atau tindakan yang kita perbuat… jadi pertimbangkan setiap langkah atau tindakan yang akan kita ambil atau kita pilih 🙂 …

    Suka

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s