Nama Adalah Doa

Seringkali kita membaca sebuah pernyataan: “apalah arti sebuah nama”. Sebuah pernyataan yang biasanya dilontarkan ketika ditanya nama ataupun arti nama. Tapi tidak dengan saya (dan tentunya orang tua lain yang sudah paham akan itu).

Nama adalah doa. Maka nama yang kami sematkan pada anak-anak kami adalah doa. Doa untuk mereka yang kami sengaja berikan dan akan selalu diucapkan setiap orang yang menyebutkan namanya.

Anak pertama kami diberi nama Muhammad Danisy Fadhlan Ismail. Harapan dan doa untuk dia. Semoga ia tumbuh menjadi seorang yang menuruni sifat jujur dan sabar sebagaimana Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, terpuji di langit dan di bumi.  Semoga Danisy cerdas dan mencerdaskan.  Semoga ia memiliki Fadhlan, banyak kelebihan dan keutamaan. Dan semoga ia mewarisi sifat teguh, halim dan sabar sebagaimana nabi Ismail ‘alaihissalam. Dan harapan tertinggi adalah semoga ia menjadi sosok yang teguh dan kuat dalam mengajak manusia pada Allah. Senantiasa membela agama Allah seperti kedua nabi yang tersemat dalam namanya.

Anak kedua kami diberi nama Azam Kamil Nashrullah. Ada sekelebat latar belakang nama itu, tapi disini tidak akan saya ceritakan. Azam bermakna kekuatan tekad. Mengambil cuilan ayat al-Quran. Semoga kelak ia tumbuh menjadi seorang yang senantiasa memiliki kekuatan tekad. Kamil adalah kesempurnaan. Kesempurnaan atas tekadnya yang senantiasa dibarengi dengan tawakkal ‘ alallah, berserah diri pada Allah. Ayat yang seringkali terngiang: fa idzaa ‘azamta fa tawakkal ‘ alallah, jika kamu bertekad, maka berserah diri lah kepada Allah. Nashrullah adalah pertolongan Allah. Semoga ia tumbuh sebagai penolong agama Allah dan senantiasa mendapatkan pertolongan Allah kapan pun dan dimana pun sebagaimana kelahirannya yang penuh dengan pertolongan Allah serta senantiasa yakin akan pertolongan Allah.

Semoga nama terbaik yang kita berikan kepada anak-anak kita. Semoga mereka menjadi sebaik-baik insan hamba Allah. Aamiin.

Bagaimana dengan arti nama buah hati anda?

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s