Danisy dan Iqro

Sudah sebulan Danisy sekolah. Danisy sudah belajar baca iqro. Danisy sudah masuk pengenalan huruf Tsa hari ini. Sebelumnya mandeg di a dan ba karena dia ga mau pindah halaman. Agak lucu sih, orang lain mah seneng bisa “naik”, dia mah pas dibukain halaman lain malah bilang “ngga, ini aja” jd a-ba diulang sampe berapa kali ya?

Program baca iqro baru berjalan sekitar 2 minggu-an. Danisy sendiri sudah kenal huruf hijaiyah dari VCD yang sy berikan entah itu VCD Diva ataupun VCD Hijaiyah dan beberapa game di playstore. Sy juga memberikan iqro sebelum Danisy sekolah dan baru mengajarkan beberapa waktu saja. Huruf yang paling Danisy kenal itu “jim” krn itulah video tentang huruf hijaiyah yang ditonton Danisy, dapet abinya download di YouTube. VCD “sample” Diva dan Pupus.

Karena videonya oke, akhirnya cari-cari, alhamdulillaah ketemu penjualnya. Karena sa sekarang jualan, sekalian untuk stok jualan juga selain untuk digunakan sendiri. Alhamdulillaah, sekarang makin banyak media pembelajaran untuk anak-anak ya..

Oops, kembali ke Danisy dan Iqro di sekolah. Hari pertama diberlakukan program baca iqro, Danisy sudah baca iqro di rumah. Usai shalat shubuh, Danisy baca dl iqro baru umminya tilawah. Saat gurunya ngajak baca, “Danisy, baca iqro yuk” Danisy dengan polosnya melipir sambil bilang “ngga, aa mah udah baca di rumah” hoho. Akhirnya sy jelaskan pada gurunya kalau memang tadi selepas shalat shubuh, Danisy udah baca iqro. Meski demikian, agar pihak sekolah tau progress kemampuan iqro Danisy, sy membujuknya untuk mau membaca di depan gurunya. Hari pertama tetep ga mau, tapi besoknya alhamdulillaah Danisy mau baca depan gurunya. Masih malu-malu, masih terkesan “males-malesan” tapi Danisy sudah mulai berani dekat-dekat gurunya.

Selang beberapa hari, sy ga bisa anterin Danisy sekolah karena banyak barang dateng dan harus packing paket-paket customer dan reseller ditambah harus urusin finishing pesanan kartu undangan hard cover. Danisy diantar mamah (neneknya). Sepulang sekolah mamah laporan, Danisy ga mau baca. Gurunya ga maksa Danisy harus baca sih, tapi bagi mamah hal itu agak sedikit bikin ga nyaman. Sy coba ajak Danisy komunikasi, tapi Danisy ga mau jawab kenapa ga mau baca. Beberapa hari dianter neneknya, Danisy bilang “Aa ga mau sekolah sama ambu (panggilan untuk neneknya). Susah. Ga bener” walah.. Tahu darimana kata-kata itu. “Kenapa susah?” Danisy jawab “ya, susah” hahaha.. ternyata memang susah karena menurut laporan mamah, Danisy jadi manja banget kalo sama mamah. Apa-apa harus sama ambu, kadang dia pengen digendong-gendong. Danisy emang lebih manja sih kalo ke kakek neneknya. Hehe..

Akhirnya dianter ummi lagi sekolahnya. Sesampainya di sekolah, Danisy langsung lari ke perosotan. “Aa, ini nabung dulu, trus baca iqro dulu ya” Danisy jawab “iya mi, tapi main perosotan dulu ya” dan alhamdulillaah dia memenuhi janjinya meski harus saya ‘jemput’ 😀

Di depan gurunya ternyata masih malu-malu keluarin suara, “aa di rumah lancar kok” baru deh dari situ lancar baca iqro-nya, lantang banget.

Besoknya naik ke halaman berikutnya, ga mau. Pengen halaman a dan ba. terus bolak-balik sampe berapa kali ya. baru 2 hari lalu mau naik ke halaman ‘ta’. Dan hari ini naik ke halaman ‘tsa’.

Usianya belum genap 3 tahun, bicaranya sebagian masih ga jelas dan pengucapan huruf masih ada yang ‘salah’. Makanya pas masuk ke huruf ‘tsa’ selalu terucap ‘ca’. hoho.. tapi sejauh ini Danisy sudah cukup lancar dalam memahami huruf.

Untuk hafalan alquran ataupun doa sehari-hari, sy tetap memberikan pengucapan sesuai makhraj. Untuk iqro pun demikian. Biarlah dia ‘salah’ mengucap karena memang Danisy belum bisa mengucapkan dengan benar beberapa ‘huruf’ (misal bagus jadi adus, kakak jadi tata, esa jadi nta). Tetap ajarkan sesuai makhraj agar terekam di memorinya.

Semangat!!! ^_^

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s