Jadwal MPASI

17 November 2011. 1 tahun sudah Danisy menemani hari-hari pernikahan kami. Dengan segala yang dilakukan dan dimilikinya, bertambahlah kebahagiaan kami menjadi orang tuga.

Menjadi orang tua berarti menjadi seorang pelajar yang harus terus menerus belajar tanpa mengenal kata lelah. Bagaimana tidak. Semenjak ia hadir dalam rahim hingga ia lahir dan tumbuh besar, banyak ilmu yang harus dimiliki.

Setelah memperdalam mengenai kehamilan, begitu Danisy lahir ilmu tentang mengurus newborn baby sudah harus dikuasai, setidaknya beberapa pengetahuan dasar sehingga kita tidak mengurus anak hanya sekadar kata orang tua melainkan juga ada ilmu yang mendukungnya.

Selesai ASI Eksklusif, tantangan berikutnya adalah mengenai makan Danisy. Tak ada gula dan garam dalam makanan Danisy sebagaimana yang disarankan. Tapi kemudian sempat kecewa karena diruntuhkan oleh keluarga besar. Meskipun demikian, kami sebagai orang tuanya tak boleh lemah. Suami sempat memilih memberikan makanan instan pada Danisy mengingat Danisy yang hanya makan sedikit atau bahkan susah makan. Tapi sa bersikeras homemade dan diusahakan sesehat mungkin. Beberapa kali menemui kendala termasuk mengenai jadwal MPASI Danisy.

Ketika awal-awal memberikan MPASI pada Danisy, sy mencoba mencari info mengenai makanan apa yang sebaiknya diberikan di awal Danisy MPASI dan bagaimana jadwal pemberiannya. Sy mengikuti hampir semua saran terutama mengenai jadwal MPASI Danisy. Tapi kemudian sy harus benar-benar menyesuaikannya. Hingga berkenalan lebih jauh dengan metode BLW.

Penerapan metode BLW inipun tidak berlangsung lama karena ilmu yang saya miliki masih belum full mengenai BLW. Bukunya masih sy baca. Jadi Danisy menjalankan aktifitas MPASI dengan 2 cara, konvensional dengan cara disuapi dan BLW dengan makan sendiri. Sy dan suami sepakat untuk mengikuti keinginan Danisy dalam penerapan metode pemberian MPASI ini.

Alhamdulillah, 1 tahun dan Danisy masih ASI. Tapi di usianya yang sudah 1 tahun, nutrisi dari ASI hanyalah 30%. Jika saat lahir hingga menjelang 6 bulan nutrisi dari ASI 100% dan setelah 6 bulan [setelah MPASI] kebutuhannya akan ASI adalah 70% dan 30% lainnya didapat dari makanannya. Sementara dalam usia 1 tahun ke atas, nutrisi ASI 30% dan dari makanan lain 70%. Semoga tetep sehat ya, nak..

Jadi Danisy sendiri tidak memiliki jadwal MPASI yang baku. Sy hanya akan mengikuti beberapa saran dan anjuran tapi tidak kaku dalam penerapannya. Jika Danisy mendukung, sy lakukan. Jika Danisy menolak, sy hentikan dan sy gantikan dengan hal lain.

Alhamdulillah pertumbuhannya sejauh ini masih ada di posisi yang baik dan normal. sy menemukan beberapa situs yang bisa dijadikan referensi MPASI. Semoge bermanfaat. Berikut situs-situsnya [ tp tidak sy sebutkan semua ya..]

  1. WholeBabyFood => ini mpasi untuk bayi
  2. WholesomeToddlerFood => yg ini buat toddler alias batita-balita
  3. Resep Balita di Blogspot => yg ini bahasa indonesia. hehe..

Setidaknya 3 situs itu dulu aja ya. Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s