Pengalaman Luar Biasa

Diberi kepercayaan untuk mengandung buah hati dari pernikahan kita adalah sebuah pengalaman yang luar biasa. Pengalaman yang didamba setiap wanita yang tengah mencoba menggenapkan diinnya dengan mengikat janji setia dalam ikatan pernikahan nan kuat.

Jika sebelum mengalami semua ini, sa secara pribadi hanya bisa meyakini dan mengiyakan mengenai berbagai hal terkait dengan kehamilan termasuk di dalamnya mengenai manusia yang bermula dari sesuatu yang tidak dapat disebut hingga menjadi manusia seperti yang kita lihat. Bukan meragukan. Berbagai fakta membuktikan dan membuat kita yakin akan hal itu. Akan tetapi, ada hal lain yang dapat menjadi pengalaman ruhiyah tersendiri.

Ketika pertama kali mengetahui klo sa hamil, ada berbagai rasa. Ya, antara bahagia, haru, dan lain-lain. Yang dirasa secara fisik saat itu jujur ga ada kecuali mual-muntah dan hal lain di awal trimester pertama dan sa termasuk yang agak parah di trimester pertama bahkan sampe trimester kedua. Di akhir trimester pertama sa sama suami sepakat untuk melakukan USG. Disana ada makhluk mungil bergerak-gerak. Saat trimester pertama memang janin sebenernya udah bisa gerak-gerak hanya saja belum bisa kita rasakan sebagai ibunya.

Beranjak ke trimester kedua mulai ada yang bisa dirasa. Gerakan janin. Meski ga sedemikian gerakannya cuma kedutan-kedutan di perut dan terus berkembang lebih aktif lagi seiring terus tumbuhnya janin itu dalam rahim kita. Perut juga mulai membesar meski belum terlalu terlihat. Klo menurut beberapa literatur saat-saat inilah saat yang paling nyaman memang benar. Perut belum terlalu membesar, gerakan bayi sudah dapat lebih dirasakan tapi mual muntah dan gangguan di trimester pertama mulai berkurang dan udah mulai enak makan dan beraktifitas juga.

Beralih ke perkembangan selanjutnya, trimester ketiga.. Perut sudah tambah bulet. Bayinya udah mulai bisa nendang-nendang. Gerakan bayi bisa kerasa banget. Apalagi klo dah deket-deket melahirkan, seneng banget pas liat perut kita gerak-gerak saat bayi/janinnya bergerak. Banyak yang nanya, gimana rasanya ada yang gerak-gerak di perut? Klo sa jawab, seneng. Tapi ga akan kerasa sampai ngalamin sendiri. [maklum, pertanyaan demikian sebagian besar datang dari temen-temen perempuan. Klo temen-temen laki-laki mungkin harus bertanya sama suami sa. Klo suami sendiri suka ikutan seneng pas megang perut, dede bayinya lagi gerak-gerak. Jadi ketika jadi suami pun, saat jadi calon ayah, kalian akan merasakan hal serupa.]

Luar biasa. Tidak ada campur tangan kita sama sekali dalam penciptaan janin ini dan dalam tumbuh kembangnya. Kita tidak tahu apa yang ia lakukan dan yang ia alami sesungguhnya di dalam rahim kita. Semua Allah yang mengurus dan mengatur. Kita hanya dapat berikhtiar untuk bisa mengandung, untuk menjaga janin yang Ia titipkan dan berikhtiar memberi janin kita dan diri kita asupan gizi yang baik. Sisanya, tetep Allah lagi yang memenuhi semua kebutuhan janin kita.

Begitupun dengan diri kita, sebenarnya. Kita tidak memiliki daya apapun kecuali berusaha. Semua sendi, urat, sel, semua Allah yang mengurus hingga terus tumbuh. Kita dan yang lain hanya mampu berusaha untuk memberikan hak atas tubuh kita.

Iklan

2 thoughts on “Pengalaman Luar Biasa

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s