Karena Semua Adalah Ibadah

Kemarin ketika chat, Allah tiba-tiba saja mengingatkan mengenai apa itu qadar.

Melalui chat dengan seorang kawan, Allah mengingatkan bahwa apa yang kita usahakan itu semata adalah ibadah. Menjadi renungan untuk diri sendiri dan juga disebarkan untuk bersama saling mengingatkan, sy mengirim sms seperti ini ke suami:

Niatkan semua sebagai ibadah pada Allah.

Mencari nafkah adalah ibadah, bahkan jihad di mata Allah.

Gaji, komisi, dan sebagainya itu hanya bonus dari Allah atas usaha yang kita lakukan. Usaha dalam menjemput rizki seperti yang Allah perintahkan.

Allah dalam al-Quran menyuruh kita bertebaran di muka bumi untuk mencari karunia Allah. Maka penuhilah perintah Allah itu dan harapkanlah karuniaNya itu.

Ketika kita mendapatkan gaji, komisi dan sebagainya, maka itu hanya bonus dari Allah.

Kita tidak pernah tau bentuk karunia Allah seperti apa. Karena gaji/komisi belum tentu karunia Allah

Sa ingin menambahkan. Karena balasan kita sesungguhnya adalah karunia Allah. Jika pada akhirnya kita tidak mendapat apa yang kita harapkan, maka Allah sudah menyiapkan ganti yang lebih baik.

Berikut adalah isi dari pembicaraan sa dengan Iyam.

sederhana bgt sih sebenerna mah, pagi2 pas sarapan, iyam minta ada yg nganter iyam ka ondangan. tp pada ga bisa, trus si kakang bilang bisa ceunah, asal kudu masuk jadi bisa ikut makan2 (Lazimna ka ondangan PASTI makan2 kan!!).

Trus bapa bilang “… nah ini yang harus diubah, cara pikir dan cara pandang terhadap sesuatu yang belum terjadi, sekalipun itu terbiasa terjadi… misalna gaji. kita sering merasa aman, ngeluarin uang banyak, belanja dll dgn perasaan bulan depan PASTI dpt gaji. Minjem uang sana-sini, dgn keyakinan bisa membayar karena (lagi-lagi) merasa bulan depan PASTI dpt gaji.klo masih gitu cara pandangna, berarti scara tdk langsung kita menjahului Allah.mengganggap yang kita anggap -Lazim terjadi- namun belum terjadi PASTI terjadi.”

Trus iyam tanya,trus cara bedaina kmh?

cara bedainnya tipis, tipis pisan.misalna gaji. kita ubah persepsi PASTI dpt itu dengan “mudah-mudahan… insya Allah, bulan depan Allah kasih rezeki yang lebih berkah dari yg uang yg kita pinjem skrng…

” Sok jadikan apa2 yg kita usahakan itu untuk ibadah ka Allah, skali pun ketika usaha itu tdk “berbuah” Allah ganti dengan buah berupa ketetapan lain yang jauh lebih baik.

hehehe … sederhana bgt sih, cuma RUAAAAAAAAAAAAR BIASA

Mudah-mudahan bermanfaat.

One thought on “Karena Semua Adalah Ibadah

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s