Semua yang Terjadi Adalah Baik

Semua yang terjadi dalam kehidupan kita selalu sesuatu yang baik jika kita sikapi dengan baik. Apa pasal? Karena tiada Allah menimpakan sesuatu melainkan sesuai kemampuan hambaNya, karena Allah takkan pernah menzhalimi hambaNya dan karena selalu ada hikmah di balik setiap kejadian.

Semua semata untuk membuat kita semakin dewasa. Tidak ada penyesalan jika kita mampu mengambil hikmah dari kejadian buruk masa lalu. Tolong jangan salah artikan kata-kata sa itu. Yang sa maksud adalah tidak ada penyesalan jika diperbaiki. Percuma saja menyesal jika kita tak lebih baik dari sebelumnya.

Kesedihan, ketakutan, kemarahan, kebahagiaan, semua yang menimpa kita semata membuat kita lebih dewasa menghadapi kehidupan. Maka benar apa yang Rasulullah saw sabdakan bahwa beruntung orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Ia mampu mengambil hikmah kehidupannya dan senantiasa berusaha lebih baik lagi dari hari ke hari.

Semua yang terjadi adalah baik. Tak ada takdir Allah yang buruk, dan ingat sebelum takdir itu benar-benar menimpa kita diberi kesempatan dan kebebasan untuk memilih takdir kita sendiri. Mengambil jalan A kah atau jalan B atau yang lain. Jalan kemaksiatan kah yang kita pilih atau jalan kebaikan. Kita punya kebebasan penuh untuk menentukan meski sebenarnya Allah sudah tahu apa yang akan kita pilih.

Ya, semua yang terjadi adalah baik. Jangan meratapi nasib sedemikian membuat kita melupakan sabar dan syukur, membuat kita lupa akan nikmat-nikmat Allah yang lebih banyak daripada penderitaan.

Bismillah. Mari bersama belajar agar setiap saat kita senantiasa semakin yakin semua yang terjadi itu baik. Dan teruslah mendekat pada Yang Mahabaik agar senantiasa semakin kuat menjalani kehidupan. Amin.

Iklan

2 thoughts on “Semua yang Terjadi Adalah Baik

  1. Semua kenikmatan itu dari Allah. Jika ada suatu musibah maka kita perlu introspeksi diri, mungkin ada yang perlu diperbaiki dari kita. Apakah niat, ikhtiar atau pun cara pandang yg positif. (lihat Q.S. An Nisa: 78-79) Dan musibah itu juga bisa menjadi kebaikan, ada banyak pahala kebaikan di balik itu semua. Dan letak ridho Allah bukan pada ada atau tidaknya musibah, tapi ridho Allah ada jika kita tetap mensikapinya dg ketakwaan/ketaatan saat dalam keadaan mudah ataupun musibah.

    Suka

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s