Hidup Hanya Antara 0 dan 1

Maaf nih ya, bahasannya rada nyeleneh. Bukan mentang-mentang saya kentang, eh salah. Bukan mentang-mentang saya mahasiswi Teknik Informatika yang belajar digit biner, tapi karena setelah dilihat, dipikir dan ditimbang angka 0 dan 1 yang dimengerti computer tak ubahnya kehidupan kita. Mau tahu alasannya? Kita Tanya Galileo [hayyah, kayak acara di salah satu stasiun TV swasta aja. Tapi sekarang udah ga ada. Padahal bagus banget.]

Ok, back to topic. Kenapa sa bilang menarik karena 0 dan 1 adalah hubungan dengan kehidupan? Saya coba review sekilas tentang 2 angka unik ini yang ternyata ada di hampir semua alat elektronik untuk menandakan on-off. 1 dan 0 dalam dunia computer adalah 2 angka luar biasa yang menjadikan computer juga luar biasa. Dari 2 angka inilah kita dapat menikmati teknologi sekarang. Secanggih apapun, computer hanya mengerti 2 angka ini, 0 dan 1. Tak kurang dan tak lebih. Kedua angka ini hanyalah cara computer mengatur daya, 0 ketika tidak ada arus listrik dan 1 ketika ada arus. Dan demikianlah alat elektronik secanggih apapun bekerja, hanya pertaruhan ada tidaknya arus listrik yang masuk.

Maka, jika kita ambil hikmah dari digit biner ini, kehidupan kita tak ubahnya computer. Hanya ada 2 pilihan, 0 atau 1. Taat atau ingkar, syukur atau kufur, islam atau kafir, dan sebagainya. Hanya ada dua opsi saja yang dengan dua opsi itu kita melanjutkan hidup. Sedangkan untuk melanjutkan itu, kita hanya dapat memilih satu dari dua opsi, 0 atau 1. Tidak ada 0,5. Tidak ada.

Maka dalam menyikapi kehidupan itu sendiri kita selalu dihadapkan pada 2 opsi yang akan terus berkembang dengan pemangkatan 2. Kelipatan 2. Ketika pada pilihan pertama opsi jatuh pada angka 0, maka ia akan berkembang pada opsi berikutnya, tetap hanya 2 opsi, 0 atau 1 namun dalam konteks yang kadang sama atau serupa namun kadang juga beda.

Dalam perjalanannya, 0 dan 1 saling berkombinasi saling melengkapi membentuk sistem diri yang tangguh dan bahkan amat sangat canggih. Antara hidup dan mati. Antara satu aplikasi ke lain aplikasi. Semua hanya tergantung pada kombinasi cantik kedua angka ini.

Bilangan heksa, octal dan bilangan lain di computer apapun secanggih apapun secantik apapun tetaplah hanya hasil kombinasi kedua angka ini. Hanya hasil kombinasi dan manipulasi.

Dan seperti itulah kehidupan. Dipenuhi kombinasi pilihan. Membentuk pribadi yang semakin peka terhadap perubahan. Yang dengan 2 opsi itu ia melesat menuju ‘arsy. Menuju titik tertinggi cinta, Firdaus.. Karena hidup hanya antara 0 dan 1, tak ubahnya seperti komputer.. hanya ia lebih rumit dan kompleks yang dengannya Allah hendak menguji siapa yang taat dan siapa yang ingkar. Siapa yang pantas mendapat surga atau merasakan panasnya api neraka.

Maka Allah menyandingkan kesulitan dan kemudahan dalam satu kalimat. Ia menyandingkan pula syukur dan kufur. Menyandingkan Muslim dan kafir. Semata karena Ia ingin kita menemukan kombinasi unik kehidupan. Pandailah mengambil hikmah.

Di dunia ini banyak sekali hikmah, tinggal apakah kita mau mengambilnya atau tidak. Bukankah Rasulullah saw sendiri mengatakan bahwa hikmah adalah harta muslim yang hilang. Dimanapun ia temukan, maka ambillah.

Semoga bisa bersama menggali hikmah dalam kehidupan. Temukanlah kombinasi indah 0 dan 1..

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s