Ditanya Aja Susah..Apalagi Dimintai Tolong..

“ditanya aja susah..apalagi dimintai tolong..” demikian status message seseorang di YM.

Sejujurnya sa ga sependapat dengan kata-kata itu..kedua keadaan [yakni ditanya dan dimintai tolong] bukan keadaan yang langsung berkaitan jika A maka B dan jika B maka A. Dalam matematika aja kan, ketika p dan q adalah sebuah pernyataan, kan ga selamanya hasilnya demikian p+q.

Begitu pula dengan pernyataan itu, ketika seseorang tidak bisa ditanya bukan berarti tidak bisa dimintai tolong, dan sebaliknya ketika seseorang tidak bisa dimintai tolong bukan berarti tidak bisa ditanya. Bingung? Ilustrasinya gini,

“Mbak, saya mau minta tolong boleh?”
“Boleh, dek. Apa?”
“Saya mau tanya, klo bla..bla..”[misal nanya jalan]
“Oh, maaf saya ga tau tuh”

Secara langsung Mbak itu mungkin tidak bisa membantu, tapi dia menjawab kan? Jadi tidak lantas berimplikasi bukan?

Atau begini,

“Mbak saya mau tanya tentang web” misalnya
“Oh, saya ga ngerti. Tapi saya punya temen bla..bla..”

Mbak itu menjawab tapi dia membantu dengan memberitahu mengenai temennya yang jago web..mbak itu membantu dong?

Jadi kadang ga selamanya jika A maka B atau sebaliknya. Bisa saja jika A maka tidak B atau jika A belum tentu B. Karena hukumnya bukan “Jika dan hanya Jika”.

Wallâhu a’lam.

6 thoughts on “Ditanya Aja Susah..Apalagi Dimintai Tolong..

  1. Eh.. baru nyadar.. kamu bener juga ya.. belom tentu orang yg susah jawab itu segan menolong. Kalo misalnya orang itu lagi sariawan, tapi dia kerjanya OB dikantor? berarti susah jawab tapi mau beli makan siang kan..? halah jadi ke mana2, hihihi.. 🙂

    =====
    Hehehe..

    Suka

  2. Kadang yg nulis Blog, suka susah jawab kalo ditanya di YM ya….

    =====
    Tergantung sih..biasanya klo saya, ngejawab klo bisa. Dg cuma dibales di komentarnya kayak gini. Hehe..iya mending via YM aja Japri.

    Suka

Berikan Komentar

