Jadi Mentor Itu..

Berat. Meski sa tau semua amanah pertanggungjawabannya dunia akherat..tapi jadi mentor tuh langsung kerasa berat tanggung jawabnya.

Seperti halnya guru, [sa bener-bener ga mau seenaknya protes soal guru] yang pertanggungjawabannya juga berat.

Jadi mentor itu dituntut lebih baik dari adik mentornya, dituntut tau lebih banyak dan dituntut lebih deh pokoknya.

Klo ditanya fikih, harus bisa. Kalo ditanya shirah juga dituntut bisa. Lumayan berat. Tapi bukannya sebagai seorang muslim kita dituntut tau semua ilmu syari’ah terutama kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Seringkali kita melupakan semua itu. Pelajaran-pelajaran itu mungkin karena sudah tau ilmunya dan diamalkan, kita lupa dengan dalil sebenarnya. Lupa dengan hakikat sebenarnya atau malah lupa sama hukum-hukumnya.

Justru dengan menjadi mentor, kita diperingatkan akan semua alfa dan kekurangan serta khilaf kita. Melalui adik-adik mentor kita, Allah memperingatkan kita akan apa yang telah kita lalaikan selama ini.

Melalui kepolosan adik-adik mentor kita justru kita bisa belajar lebih banyak dari mereka. Dan namanya anak sekarang, info yang mereka dapet banyak banget dan otomatis bikin kita ga boleh ketinggalan.

Tapi tetep mentor juga manusia, ga bisa selamanya lebih baik dari adik mentornya. So, justru dengan mentoring ini kita saling berbagi. Kakak mentor jangan sombong ga mau nerima kritikan, adik mentor juga jangan sungkan buat berbagi dan mengkritik kakak mentornya. Mentoring itu bukan searah tapi dua arah. Jangan sampe ada batas seolah mentor harus selalu benar dan adik mentor selalu nerima 😉

Mentoring itu salah satu cara tarbiyah yang diusahakan mirip dengan cara tarbiyahnya Rasulullah saw dulu. Insya Allah 🙂

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s