Masih Tentang Flu

Baru ketulis nih. Didapet dari artikel di situs ini. Dihubungkan dengan obat antibiotik. Menarik banget bahasannya. Kalo diperhatiin penyebab flu ternyata karena kondisi tubuh yang lagi ga fit ditambah kecapean dan sebagainya. Karena kondisi fisik yang lemah. Bahwa sebetulnya tubuh memiliki mekanisme pertahanan tubuh yang baik untuk melawan virus, jika kondisi fisiknya sehat. Oleh karena itu seringkali flu menyerang seseorang yang memang kondisi fisiknya sedang lemah, misalnya terlalu letih atau terlalu banyak beraktivitas sehingga energinya terforsir. Karena tubuh kita mampu melawan virus influenza biasa, maka langkah yang paling tepat mengobati flu adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh penderitanya. [flu ini mulai menyerang pas sa persiapan seminar kemaren plus sering pulang malem :mrgreen: ]

Dua hal yang paling penting dalam upaya sembuh dari flu adalah : istirahat dan banyak minum air putih. Istirahat yang cukup memberi waktu bagi tubuh untuk membangun kembali daya tahannya, serta untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat serangan virus flu. Sedangkan banyak minum air putih memang disarankan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan, karena dengan banyak minum air putih, tubuh tidak akan kekurangan cairan, dan dengan banyak berkemih akibat banyaknya air yang terbuang, zat-zat beracun dari dalam tubuh juga ikut terbuang. Untuk mempercepat proses penyembuhan, multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C juga baik dikonsumsi selama masa penyembuhan, karena vitamin-vitamin tersebut juga berfungsi sebagai katalis proses pembentukan sel-sel baru.

Influenza biasanya disertai juga dengan nyeri atau gatal di tenggorokan dan juga hidung berair dan bahkan berlendir. Nyeri dan gatal di tenggorokan bisa diatasi dengan makan permen antiseptik khusus tenggorokan yang banyak dijual secara umum di toko obat, apotek dan minimarket. Permen antiseptik, selain berfungsi menganestesi syaraf lokal tenggorokan agar tidak terasa gatal, antiseptiknya juga berfungsi mengobati luka pada tenggorokan yang menyebabkan rasa gatal dan nyeri tersebut. Sedangkan untuk mengatasi hidung tersumbat bisa menggunakan nasal spray, untuk anak-anak dan balita ada produk nasal drops yang bisa didapatkan di toko obat dan apotek, atau bisa juga dibantu dengan menghirup uap air panas yang telah diberi obat gosok yang mengandung menthol.

Influenza biasa yang disebabkan oleh virus sebetulnya akan sembuh setelah sekitar satu sampai dengan dua minggu, namun jika sakitnya berkepanjangan, atau flu disertai dengan demam tinggi, batuk-batuk, dan nyeri kepala, maka tidak boleh dianggap enteng, karena kemungkinan besar ini bukanlah penyakit flu biasa, dan penderitanya harus segera di bawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Ehm..sa udah masuk tahap..ga akan dikasih tau ah. Cuma emang seringan apapun sakit, tetep harus dapet perhatian. Karena kondisi tubuh yang ga fit mengganggu kegiatan kita, tul ga?

Wallahu a’lam.

3 thoughts on “Masih Tentang Flu

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s