Emplu

Dah dua hari kena flu berat. Akhirnya nyari tips trik tentang flu. Disuruh ke dokter sama mamah, tapi ga mau ah. Ntar tiap sakit selalu ke dokter, dan akhirnya tergantung ke obat. Sa paling ngehindarin itu. Bukan sekadar karena sa ga mau minum obat. Dapet salah satunya dari situs ini bersumber dari hudzaifah.org. Berikut tips pas kena flu [nulis sambil idung meler. Heuheu]

LANGKAH PERTAMA SAAT TERKENA FLU
1. Istirahat di tempat tidur jika merasa demam.
2.Untuk mengurangi sekresi yang terkumpul dijalan pernapasan dan menjaga tenggorokan tidak terasa kering, sering-sering minum air putih.
3. Hindari minum susu ataupun produk olahannya karena susu bisa mempertebal sekresi mukus (dahak) sehingga akan sulit dikeluarkan.
4. Jika gejala flu tidak tertahankan, konsumsi obat flu yang dijual bebas. Telitilah membaca label, kandungan obat, efek samping, serta aturan pakai yang tertera pada kemasannya.
5. Jika gejala semakin memburuk dalam waktu 72 jam atau lebih, juga disertai batuk yang tidak mau reda, segera hubungi dokter.
PENANGKIS FLU

  • Vitamin C.
    Membantu penderita flu mengurangi rasa tidak enak badan karena bekerja sebagai antioksidan (mencegah radikal bebas dalam tubuh dan menghancurkannya).
  • Sup ayam.
    Berperan meningkatkan imunitas tubuh, juga membantu membersihkan mukus (dahak) dari saluran pernapasan dan menghilangkan bulion yang mengandung substansi pembawa virus pilek. Jika disajikan dalam keadaan hangat, uap yang dihasilkan dapat berfungsi megatasi sesak napas.
  • Daging rebus.
    Makanan ini kaya akan seng dan mineral lain yang dapat merangsang beroperasinya sistem kekebalan tubuh.
  • Buah sitrun dan jus buah-buahan.
    Memiliki efek antihistamin (antialergi).
  • Bawang putih.
    Dapat membantu melawan virus sehingga mengurangi gejala flu, mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peluang terjangkitnya virus lain untuk datang.Juga bersifat antivirus sehingga dapat berperan sebagai pencegah infeksi alami. Manfaat bawang putih tidak berkurang meskipun dimasak.
  • L a d a .
    Mengandung capsaicin (sejenis zat yang memberikan rasa hangat) yang dapat membantu melapangkan jalan napas atas (hidung, pangkal hidung, dan laring).
  • K e t u m b a r .
    Cara praktisnya ketumbar direbus, tambahkan jahe, daun bawang putih dan madu. Air rebusan disaring lalu diminum. Untuk menghilangkan batuk, air rebusan ketumbar dibubuhi kayu manis, kumis kucing dan gula aren.

Untunglah, flu bisa sembuh dengan sendirinya bila gejalanya tidak parah dan tidak menimbulkan komplikasi. Syarat utamanya adalah, istirahat dan memngkonsumsi berbagai bahan makanan dan obat yang sesuai.

Segituh dulu ya..

Iklan

3 thoughts on “Emplu

  1. alhamdulillâh…

    ga enak bgt kalo lg plu. kaga enak ngapa2in.

    v(^_^)

    oya, met hari ibu ya, calon ibu. hwehe…

    =====
    Iya ga enak. Keganggu karena flu nya itu.
    Makasih ucapan selamatnya. Udah berapa orang ya yang bilang gitu? Hehe. Semoga jadi doa
    :mrgreen:

    Suka

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s