Syariah

Mmm..baca tentang Islam di eramuslim, Allah mengarahkan ke sebuah halaman artikel berjudul Barat Akan Berpaling ke Islam. Sebuah judul yang membuat penasaran, bukan? Ditambah artikel di “menu” kanan dari IB menampilkan judul, India Kembangkan Perbankan Syariah. Ada apa dengan syariah? Apakah ini tonggak kebangkitan kembali Islam?

Sa jadi inget tugas presentasi agama, membahas tentang syariah.

Belum terlalu memperdalam, hanya saja..syariah selalu menarik untuk dipelajari? Kenapa? Karena kehebatannya dalam mengatur kehidupan. Dan karena ia satu-satunya yang sangat ditentang oleh banyak orang.

Nah, anehnya di negara kita yang konon mayoritas muslim terbesar di dunia, buat nerapin syariah justru yang paling susah? Tul ga? Coba aja liat. Di perbankan misalnya, orang menabung di Bank syariah masih enggan. Kalopun ada, tak jarang alasannya hanya karena potongannya murah. Well, ga salah sih..cuma kebijakan pemerintah kayaknya dibutuhkan juga. Tapi yang paling penting adalah kesadaran masing-masing personal.

Gimana ngga aneh coba. Negara-negara yang minoritas kaum muslimnya, justru seringkali yang -entah disadari atau tidak- menerapkan syariah di negaranya. Hal ini karena sebagian besar mereka menyadari keuntungan yang didapatnya dari menerapkan syariah dalam kehidupan mereka. Dengan menerapkan syariah, keuntungan yang didapat sangat besar dan berkesinambungan, berjangka panjang. Jadi mereka ga takut menerapkan syariah.

Beda sama negeri antah berantah, sebuah fatwa aja..baru jadi bahasan sudah diperdebatkan. Hanya -mungkin- karena mereka merasa “keamanan” mereka terancam. Masya Allah. Na’udzubillah mindzalik. Jadi inget sebuah ayat dalam al-Quran,

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. ” (An-Nisa [4]: 65)

Hmm..berat juga ya. Tapi memang Rasulullah lah yang diutus untuk menjelaskan dan memutuskan perkara-perkara yang kita perselisihkan. Rasulullah mendapat petunjuk dari Allah, sang Khaliq yang Maha Mengetahui apa yang diciptakanNya.

Wallahu a’lam bishshawwab.

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s