Khalid Ibn Walid

Hari ini, Allâh menggerakkan diri ini untuk membuka tiga buah situs, eramuslim, dakwatuna dan percikan iman. Entah mengapa semoga bukan karena bosan, sa membaca dakwatuna terlebih dahulu. Lalu tertarik kepada sebuah judul, “Jirri Tudur” Syuhada Bumi Yarmuk. Bercerita mengenai panglima tentara Romawi yang syahid di tangan bekas pasukannya sendiri karena ia telah masuk Islam karena telah sampai kepadanya hidayah di tengah peperangan ketika berdialog dalam keadaan berduel dengan Khalid ibn Walid. Sebuah contoh lagi mengenai betapa Islam ini adalah agama yang sangat indah.

Sosok Khalid ini menjadi sebuah kisah yang menarik ternyata. Menarik bukan karena ia kisah, melainkan karena ia sejarah yang indah. Pertama, karena julukan Syaifullâh (pedang Allâh)nya dan karena sebelumnya ia termasuk yang menentang bahkan memerangi Rasulullâh. Namun, Allâh memang Maha Berkehendak. Ia Yang Maha Membolak balik hati. Keduanya, baik panglima Gregorious maupun Khalid adalah orang yang mati-matian menentang Islam namun tunduk hatinya dengan hidayah malah berbalik membela Islam sampai mati.

Khalid sendiri adalah sosok yang bijak. Pedang yang benar-benar terasah, melumpuhkan musuh tidak dengan kekuatan tapi dengan izin Allâh melalui sikapnya. Bercemin dari Khalid ini ketika Perang Yarmuk tengah berkobar untuk menaklukkan Romawi, ketika tiba-tiba saja ia diberhentikan dari jabatannya sebagai panglima perang. Tapi lihat apa yang dilakukan Khalid, ia tetap berperang. Kenapa? Karena baginya menjadi panglima atau bukan bukanlah sebuah alasan turut berperang. Baginya, kejayaan Islam yang terpenting. Dan baginya hanya Allâh yang menjadi alasan dan tujuan, syahid untuk bertemu dengan Allâh. Dan akhirnya iapun syahid sebelum ‘Umar sang khalifah sempat mengembalikan Khalid menjadi panglima. Subhanallâh.

Iklan

One thought on “Khalid Ibn Walid

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s