PR Template Selesai

Meski sederhana banget, tapi alhamdulillâh, PR untuk membuat template web selesai. Perjuangan karena sa belum terlalu pandai mempergunakan Adobe Photoshop CS2 ini [yang versi sebelumnya juga belum bisa :mrgreen: ].

Akhirnya, selama membuat template ini, sa mencari tutorial mengenai pembuatan template web yang akhirnya hanya dibaca sekilas sisanya, otak-atik sendiri [kebiasaan buruk kah itu?]. Setelah bingung gimana cara make ruler, akhirnya bisa juga, tinggal klik menu View, Ruler atau CTRL+R. Untuk membuat ruler agar membatasi sesuai template yang kita buat di atas kertas layout-nya, tinggal drag ruler di atas ke bawah, lalu drag ruler di kiri ke kanan dan terbatasilah layer kita dengan ruler. Untuk mempergunakan Slice Tool lebih mudah jika telah menambahkan ruler ini.

Terus setelah copy paste gambar yang ada di internet [heheh, belum bisa bikin gambar sendiri], otak-atik deh gambarnya. Dikecilin lah pake resize image dengan cara klik menu Image >> Image size atau tekan bersamaan Alt+Ctrl+I. Isikan deh ukuran yang diinginkan. Tapi untuk saat ini sa tahu nya si ukuran itu berubah ga semuanya, jadi kalo kita masukin satu perubahan semua berubah, jadi ga bisa sesuai keinginan banget. But sejauh ini sa puas :mrgreen:

Abis itu bikin logo dengan cara nambahin teks sederhana tanpa modifikasi apapun kecuali warna dan background. Untuk nambahin teks, klik aja Horizontal Type Tool dan drag sampai membentuk kotak lalu ketikkan tulisannya. Penambahan ruler dah ga perlu dibahas kan. Lalu potong deh pake Slice Tool. Soal logo ini unik juga. Padahal sederhana, tapi jika dilihat hasilnya, agak sedikit aneh. Warna putih dari Photoshop ga sama dengan warna putihnya browser, jadi kelihatan timpang gituh. Akhirnya diakalin dengan merubah background logo jadi transparent. Caranya? Di-hide aja background putihnya dengan mengklik gambar matanya sampai ga kelihatan deh tuh mata, baru save for web lagi. Ternyata masih aneh juga. Pasalnya, karena transparan itu akhirnya diisi sama background-nya si body dari template kita yang saat ini garis-garis. Wah, ga lucu banget deh. Akhirnya diakalin lagi deh, tambahin aja “bgcolor=”#FFFFFF”” di kolom yang kita pake buat nempatin logo itu. Mau liat hasil template-nya? Jangan ngetawain ya..namanya juga belajar.

Dengan nyontek layout template webnya Tera dan dari template web gratisan, akhirnya template pertama sa jadi juga. Heheh..

 

Templet pertama

Templet pertama

Ya, begitulah tampilannya. Dengan gambar-gambar hasil copy-paste dan dikerjakan dari bada zhuhr sampai 17:33 di jam komputer. Heheh..Ya ga jauh sebelum tulisan ini ditampilkan karena tulisan ini juga dibuat sambil menyelesaikan templet itu. Heuheu..

Oya, MediTech itu nama perusahaan yang ingin sa dirikan. Jadi jangan mikir itu contekan juga ya. 😳

Soal yang kosong di tengah, itu buat konten. Lupa pas gambar ini diambil sa belum ngasih konten, jadi blank gituh..

 

 

Iklan

3 thoughts on “PR Template Selesai

  1. Trus cara naruh / ganti/upload di blognya bgm kalau hasil bikinan dari ps ?

    =====
    Klo di blog WP ga bisa, klo di blogspot (tth mah pake blogspot kan?) yang saya tau itu tth tinggal masukin skripnya ke “css” blogger-nya. Gambar klo bisa diupload dulu, trs nanti masukin url/direktori gambarnya. Wallahu a’lam.

    Suka

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s