Yang Hilang dari Ramadhan

Kemarin ketika mengajak keluarga makan di luar, kami mampir dulu ke mesjid Junudurrahman yang ada di dekat kantor sa dulu. Mesjid yang dulu sering sa kunjungi untuk melaksanakan panggilan Allâh. Dari sana sa menyadari salah satu faktor yang penting yang hilang dari kehidupan sa, terutama Ramadhan ini.

Ketika memasuki mesjid itu, yang pertama kali sa lihat adalah perubahan dari tempat wudhu akhwat. Namun itu sudah bisa sa duga karena ketika terakhir kali ke sana bersama Iyam, mesjid itu tengah dibangun. Yang membuat sa hampir saja meneteskan air mata adalah suasana Ramadhan disana. Setiap hari setelah shalat zhuhr berjamaah, ada taushiyah singkat dari asatidz dengan bahasan berbeda-beda. Makanya, Ramadhan tahun lalu iman sa ter-charge dengan baik. Setiap hari bahkan bisa membuat air mata ini membasahi pipi. Renungan dan muhasabah, singkat namun bermakna. Allâh, yang hilang itu berbekas sangat dalam. Ramadhan tahun ini bisa dibilang sangat tak terduga, meski ternyata yang mengalami bukan hanya sa tapi sobat sa juga. Mâsyâ Allâh.. Betapa lalainya..ampuni kami Yâ Rabb.

Ketika mengingat Ramadhan tahun lalu, shalat zhuhr dan ashar [hari-hari biasa juga] selalu berjamaah. Target 1 juz per hari selalu terpenuhi dengan izin Allâh. Usai shalat zhuhr berjamaah disiramNya hati ini dengan taushiyah yang sangat menyejukkan di tengah kegersangan hati. Disambung tilawah dan mentadabburinya. Disana sa bisa bebas menangis dan memohon kepada Allâh. Disana selepas mengatakan dan mencurahkan segala isi hati bahkan keluhan sekalipun. Dan itu ternyata sangat nikmat. Dan Ramadhan baru kusadari sangat indah disana. Sayang tak semua orang memanfaatkan kesempatan dari Allâh itu..

Evaluasi besar-besaran harus dilakukan!

Allâh..biarkan tahun depan kami bertemu kembali dengan Ramadhan dalam keadaan yang lebih baik. Beri kami kekuatan untuk mempersiapkan, menyambut dan menjalaninya dengan baik. Lâ hawla wa lâ quwwata illâ billâh..

Iklan

One thought on “Yang Hilang dari Ramadhan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s