Berani Bermimpi?

Mimpi. Itu yang sering dikatakan orang-orang agar bisa sukses. Berani bermimpi. Tapi selain berani bermimpi juga harus berani mewujudkan mimpi itu, jangan cuma mimpi di siang bolong alias mengkhayal.

Ada sebuah artikel bagus dari situsnya Pak Rudy Lim yang berjudul 8 Langkah Ajaib Mencapai Impian karyanya Victor Asih. Langkah-langkah yang memang ajaib dan akan sa coba terapkan di dalam kehidupan sa. Berikut adalah ringkasan kedelapan langkah tersebut, [copy paste dan beberapa dengan perubahan]

  1. Berani Bermimpi
    Napoleon Hill berkata bahwa “Apa yang anda pikirkan dan percaya, pasti akan anda dapatkan”. Buatlah impian anda semenarik mungkin sehingga anda tergerak untuk mewujudkannya. Dan yakinlah bahwa Tuhan mengasihi anda sebagai umatnya dan akan memerintahkan segenap alam semesta akan membantu anda mewujudkan impian anda.
  2. Tentukan Impian
    Tuliskan impian anda sejelas-jelasnya di kertas dan bayangkan hal itu terjadi pada diri anda.
  3. Uji Mimpi
    Tinjau mimpi apakah sudah sesuai kriteria SMART atau belum.
    Specific : dapat diuraikan secara terinci
    Measureable : bisa diukur dengan pasti, misalnya dengan waktu, uang, dll.
    Achievable : masih ada kemungkinan untuk dicapai
    Realistic : realistis
    Timeable : bisa ditentukan berapa lama waktu pencapaiannya
    Jika impian belum SMART, evaluasi lagi impian anda dan revisi dengan kembali kelangkah 2 (tentukan impian anda dengan jelas)
    Jika impian sudah SMART, yakinkan pada pikiran bawah sadar anda, aliran darah anda, seluruh sel-sel di tubuh anda, bahwa anda pasti akan mendapatkannya. Anda bisa melakukan affirmasi atau kekuatan law of attraction
  4. Buat Peta Perjalanan
    Susun langkah-langkah kecil yang  harus dilakukan dan target antara yang akan dicapai di tiap tahap yang dilalui. Jika semua langkah dan target antara itu disusun dengan jelas akan membentuk sebuah  “peta perjalanan” menuju impian anda. 
  5. Tentukan “kendaraan” untuk mencapai mimpi
    Pastikan bahwa dengan menggunakan alat/sistem/cara tersebut akan menjamin anda berhasil melangkah melalui setiap tahapan dalam “peta perjalanan” dan pada akhirnya menghantarkan anda mencapai impian. 
  6. Fokus dan tindakan nyata
    Ubah sikap diri anda ! Mulai sekarang, semua sikap, tindakan dan pikiran di fokuskan pada skenario “peta perjalanan” mencapai impian anda. Evaluasi setiap tindakan yang akan anda lakukan. Tidak ada kompromi penundaan waktu. 
  7. Selesaikan sesuai rencana
    Apapun yang terjadi, anda harus selesaikan semua sesuai dengan rencana. Ingat, tidak perduli di langit ke berapa anda menggantungkan impian, pasti anda bisa mencapainya. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak sekali orang sukses di dunia. Tinggal diperlukan 1 orang lagi membuktikannya, yaitu Anda! 
  8. Buat impian baru yang lebih besar {kembali ke langkah 1}.

Heuheu..artikel yang keren.

7 thoughts on “Berani Bermimpi?

  1. Maaf, saya hanya ingin memberi info bahwa artikel ini sudah dikembangkan ditulis dalam bentuk sebuah buku unik yg berjudul “8 Langkah Ajaib Menuju ke Langit” dengan penulis yang sama yg dilaunching pada 08-08-08 jam 08.08 malam di Gramedia Paris Van Java. Buku ini telah banyak dibedah dan diresensi di beberapa universitas, di surat kabar, majalah, radio-radio, dan berbagai komunitas. Buku ini dapat ditemukan di toko buku Gramedia dan Gunung Agung di seluruh Indonesia. Buku hanya dicetak limited edition 8.888 exemplar sebagai cetakan pertama.

    Suka

  2. setuju pak. kita perlu bermimpi. Good dream or bad dream ! tapi ada beberapa orang yang susah mendapatkan impiannya. Bagaimana dong ?

    =====
    Iya. Susah. Pertama seperti yang dikatakan pada artikel di atas, evaluasi. Kedua jangan lupa, evaluasi tidak sekadar langkah kita saja, tapi juga evaluasi dalam hal muhasabah diri. Jadi dunia-akhirat harus diperhatikan. Wallaahu a’lam

    Suka

  3. jah, ini mah sama kek hidup bervisi-misi. hwehe…

    (^_^)v

    kalo kubilang itu bukan mimpi, sa. mimpi itu tak terukur. kita bebas bermimpi kita jadi superman, kek. bisa nembus dinding, kek. itulah mimpi. yg terukur dan segala macamnya itu adalah visi. menurut pandanganku sih gitu. hoho.

    (^_^)v

    =====
    Hwehwe..iya juga sih. Tapi di tulisan ini bedain antara mimpi mimpi, mimpi visi dan mimpi ngayal. heuheu

    Suka

  4. sa tu sih seperti lagunya bondaprakoso hidup berawal dari mimp, hilangkan semua kisi2
    lakukanlah yang terbaik

    =====
    Mungkin. Ga pernah denger tuh lagunya :mrgreen: tapi semua memang berawal dari mimpi. Mimpi yang ditindaklanjuti. Baca ini deh.

    Suka

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s