Bisnis dan Baca-Tulis

Adalah bukan sebuah kebetulan jika hari ini sa membaca sebuah ebook mengenai bisnis online. Ada pernyataan dalam ebook itu yang membuat sa cukup senang. Kenapa? Karena ia mengatakan seperti ini.

“Anda dapat menulis? Bisa Sukses, Anda dapat mengembangkan tulisan itu, semakin anda semakin terkenal. Sederhana menurut anda belum tentu untuk orang lain, maka tulislah yang anda tahu dan beri informasi yang benar. “

“Manfaatkan BACA-TULIS anda dan jadikan anda menjadi seorang yang sukses karena MEMBACA dan MENULIS.”

sejujurnya, ketika membaca tulisan di atas, yang sa ingat adalah Pak EWA dan tentu yang memberikan ebook tersebut pada sa, K’Haryo. Ya, bagi Anda yang suka menulis dan berbagi ilmu..selamat, Anda memiliki anugerah yang luar biasa dari ALLAH. Bagi Anda yang ga suka nulis juga gapapa, tenang aja. Tapi yakin da semua orang suka nulis, hanya saja nulis apanya itu yang membedakan. Apalagi buat seorang blogger. Seseorang punya blog berarti dia suka nulis, meski ada juga yang cuma copy-paste, tapi tak apa, itu mungkin salah satu upaya beliau menulis dan menyampaikan kembali informasi kepada khalayak ramai. Toh kita juga ga selalu bisa menulis orisinil. Pasti ada sadurannya. Seperti halnya dalam karya tulis ilmiah, ada referensi tulisan. Itu kan mengutip juga.

Coba perhatikan pula pernyataan beliau dalam ebooknya berikut ini:

“Jangan pernah meragukan kemampuan anda sendiri. Jika anda berpikir tidak bisa menulis, anda salah besar. Baca-tulis sebenarnya sudah melekat pada setiap orang. Kecuali jika anda memang buta aksara. Tapi kalau anda bisa baca tulisan ini, tidak mungkin anda buta aksara khan?? Anda bisa minta bantuan teman anda untuk menulis seuatu.”

“Ada beberapa cara menulis itu:

Pertama, lakukan MIRRORING atau mengulah tulisan orang dan mengemas dalam bentuk yang baru sesuai dengan pola pikir dan ide anda sendiri.

Kedua, lakukan KEYWORDING atau berangkat dari kata kunci yang berhubungan dengan ide yang akan anda tulis. Mudah sekali, lakukan mindmap atau petekan pikiran anda. Lalu lakukan penggabungan kata menjadi paragrap.

Anda tidak perlu JAGO MENULIS, tapi tau apa yang akan anda bicarakan.

Ide mudah dicari, jika anda kesulitan manfaatkan kepandaian orang. Misalnya dengan cara bagaimana anda bisa menggali tulisan orang dengan mencantumkan nara sumbernya atau berbagi pendapat, bertukar pikiran dengan orang-orang yang ahli. Orang ahli disini bukan orang terkenal, tapi mungkin kawan anda yang sudah menggeluti sebuah bidang dalam kurun waktu yang lama… 90% orang itu mau berbagi pengalaman dan anda mampu menuliskannya… Percaya dan COBA.. “

Keren deh. Ayo semakin sering menulis dan berbagi kepada semua orang ya. Melalui tulisanlah orang dapat berdakwah tanpa disadari. Melalui tulisan pula ALLAH mengajarkan syari’at melalui Al-Quran dan as-sunnah.Dan melalui tulisan pula negara Yahudi akhirnya berdiri tepat sesuai “ramalan” penulisnya -meski sa termasuk orang yang tidak mengakui-. Melalui tulisan, Anda dapat menyebarkan pemikiran dan ideologis Anda kepada masyarakat. Semua karena tulisan sangat berpengaruh luas terhadap manusia.

Iklan

One thought on “Bisnis dan Baca-Tulis

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s