Uhibbukum Fillaah

Berbicara tentang persahabatan, kita akan membicarakan pula landasan persahabatan. Abstrak memang, tapi bukan tidak ada kan? Persahabatan biasanya terjalin karena adanya kesamaan. Tidak harus kesamaan sifat, apapun asalkan itu kesamaan dan mampu menyatukan keduanya, maka jadilah mereka sahabat.

Kata yang selama ini sa sering dapatkan dan sekarang sa sedang merindukannya..merindukan kata-kata itu disampaikan oleh orang-orang yang dulu sering mengatakannya dan saling merindukan, adalah “Uhibbuki fillah, ukhtiy”. Bukan tak beralasan, tapi karena aktifitas kami yang kini *mungkin* jauh berbeda, seolah persahabatan kami renggang. Hanya tersisa 3 orang jika boleh dihitung berdasar kedekatan. Lalu apakah hanya karena hal itu lantas persahabatan kami kandas? Tidak, tentu saja tidak. Dan mudah-mudahan bukan. Kami tetap sahabat yang akan tetap berjuang di jalan ini, mencoba menggapai syahid. Sa sudah tertinggal jauh dari mereka, tapi bukan mustahil mengejar mereka.

Dalam tulisannya, tim dakwatuna menjabarkan mengenai makna Mencintai Karena ALLAH atau tepatnya, pembahasan sebuah hadits mengenai cinta karena ALLAH. Dan dijabarkan dengan sangat baik. Dan dari sanalah landasan persahabatan seharusnya bermula. Pemahaman terhadap hadits tersebut.

Dari Anas bin Malik ra berkata: Nabi Muhammad saw bersabda: “Seseorang tidak akan pernah mendapatkan manisnya iman sehingga ia mencintai seseorang, tidak mencintainya kecuali karena Allah; sehingga ia dilemparkan ke dalam api lebih ia sukai daripada kembali kepada kekufuran setelah Allah selamatkan darinya; dan sehingga Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selainnya.” Imam Al Bukhari.

Wallaahu a’lam bish shawwab.

2 thoughts on “Uhibbukum Fillaah

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s