Pembuatan SIM

Sabtu kemarin sa ke Polsek Bandung karena mau bikin SIM. Ceritanya sa udah bikin estimasi waktu sampai zhuhuran lah.

Syarat yang harus disiapkan adalah:

  1. KTP/Passport + KIMS
  2. Surat keterangan sehat
  3. Ijazah atau sertifikat sekolah mengemudi [khusus mobil kayanya]
  4. Ijazah SMA/K untuk yang kelahirannya 1989 ke atas *untung sa kelahiran 1988, jadi ga usah balik lagi :mrgreen: *

Berikut adalah tahapan pendaftaran sampe tes pembuatan SIM.

  1. Ke ruang “dokter” [ruang kesehatan] untuk dapet surat keterangan sehat. Bayar 20.000. Disini diperiksa tekanan darah sama penglihatan.
  2. Ke Loket 8, 1 dan 2. Loket 8 adalah pengurusan asuransi, bayarnya seharusnya cuma 15.000 tapi ditambahin jadi 16.000. Siapin KTP asli sama fotokopi KTP. Siapin juga SIM asli bagi yang akan memperpanjang SIM. Loket 1 adalah loket pendaftaran dan pembayaran. Disini anda cuma akan disuruh masukin kertas yang anda dapet di loket 8. Nah, nanti bakal disuruh nunggu di sebelah kanan loket untuk dipanggil. Setelah dipanggil, Anda melakukan pembayaran di loket yang disediakan itu dan mendapat resi. Ingat, resi ga boleh ilang. Oya, bayarnya 75.000 untuk bikin baru dan 60.000 untuk perpanjangan.
  3. Usai dari loket 1, pindah ke loket 2 untuk tes teori. Ga usah khawatir dengan berkas-berkas yang Anda masukkan di loket satu karena di loket 2 inilah Anda akan mendapatkannya kembali. Masuklah ke ruang/loket 2 ini lalu carilah tempat duduk. Tunggu giliran Anda dipanggil untuk mendapat berkas-berkas Anda tadi dan soal untuk ujian tertulis. Jangan lupa copot tuh KTP asli dan simpan lagi baik-baik. Setelah selesai ujian tulis, Anda dipersilahkan keluar dan menunggu hasil diumumkan. Jika dalam tes tulis ini Anda lolos, maka Anda akan diminta masuk ke ruangan lagi untuk mendapat cap “Lulus Teori” dan bersiap untuk tes praktek. Jika tidak, maka bersiap mengulang tes tersebut alias her. *alhamdulillah untuk tes tertulis langsung lolos*
  4. Tes praktek. Registrasi di meja yang tersedia dengan memberikan resi yang sudah bercap “lulus teori” itu. Tes ini sebenernya ga lama, cuma klo di polsek sih karena cuma satu tempat tes untuk mobil dan motor alias SIM A dan SIM C, maka harus saling tunggu gitu deh.
    Dalam tes praktek ini ada 3 medan yang harus Anda lalui. Pertama, medan yang diberi nama “lorong” dan ini lurus.. Lalu medan “angka 8”, sesuai namanya Anda diarahkan membentuk angkat 8. Terakhir, zig-zag dimana Anda harus menggerakkan motor Anda zig-zag. Ada tips yang diberikan oleh penguji. Ketika medan angka 8, pastikan ban depan di luar lingkaran untuk memberi kesempatan kepada ban belakang. Pergunakan rem belakang untuk mengendalikan laju kendaraan dan gas usahakan stabil. Mengapa rem belakang? Karena penggunaan rem depan akan membuat keseimbangan kendaraan mudah goyah. Untuk zig-zag jangan melambung terlalu ke luar, hal ini akan berakibat tidak baik bagi laju berikutnya.
  5. Jika Anda lulus, maka Anda akan ditanyakan KTP lalu menuju tempat registrasi tes praktek untuk mendapat keterangan lulus praktek.
  6. Anda akan menuju ruang foto untuk difoto, tanda tangan dan cap jari *pada saat tulisan ini dibuat, sa belum sampe ke tahap itu, jadi cuma berdasarkan brosur aja :mrgreen: *
  7. SIM dibuat. Penyerahan SIM paling lambat 1 hari kerja setelah dinyatakan lulus.
NB: Pemohon harus datang sendiri ya, boleh ditemenin. Maksudnya, ga pake calo gituh.
Segitu dulu aja. Dan ga ada pungutan biaya lain selain yang tertera di atas. Jadi klo dijumlah-jumlah, habis sekitar 75.000 + 16.000 + 20.000 = 111.000,-

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s